Skip to main content
Ilustrasi Interior Rumah. Sumber: insider.com

12 Tips Membuat Rumah Tampak Lebih Baik Tanpa Mengeluarkan Banyak Uang

Terkadang kita ingin membuat rumah menjadi tampil beda. Namun, tertunda karena kendala biaya. Nah, berikut 12 tips melakukannya tanpa mengeluarkan banyak uang:

DAFTAR ISI

Pertama, merapikan ruang Anda dapat membuat perbedaan besar.

living room clutter shelves

Javier Fernandez, seorang desainer interior di Transitional Designs, mengatakan merapikan ruangan akan mengubah tampilan dan nuansa ruangan mana pun.

"Lihat ruang makanmu," katanya.

"Apakah meja makan penuh dengan surat dan proyek yang telah Anda rencanakan? Yah, tidak ada waktu seperti sekarang untuk merapikan dan mengaturnya."

Berikan karpet di rumah Anda pembersihan yang dalam dan menyeluruh.

bedroom sloped angled ceiling small rug

Mencuci karpet Anda adalah cara murah lain untuk merapikan ruangan Anda, kata Courtney Turk, pemilik dan desainer interior di Courtney Turk Interiors.

"Kotorkan tanganmu dan gosok permadanimu," kata Turk.

"Dengan membersihkan karpet Anda secara mendalam, akan menyegarkan rumah Anda dan juga membantu memperpanjang umur karpet Anda."

Atur ulang beberapa benda yang sudah Anda miliki dan ubah menjadi aksen dekoratif atau berguna.

bowl of lemons fruit kitchen decor plant

Setelah Anda mendeklarasikannya, pertimbangkan untuk menambahkan aksen yang disederhanakan. Jenis aksen yang dikuratori dengan hati-hati ini dapat menonjolkan ruangan sekaligus menjaga ruangan tetap bersih dan rapi, menurut Christina Nielsen, desainer interior di Christina Nielsen Design.

Nielsen menyarankan untuk meletakkan semangkuk buah atau setumpuk lemon di atas beberapa buku masak di dapur Anda atau menambahkan tanaman kecil atau rangkaian bunga di pintu masuk Anda.

Aksen ini juga bisa jadi praktis.

"Jika Anda memiliki meja konsol di serambi, pastikan semuanya mudah diakses," katanya.

"Buat tempat untuk kunci Anda - saya suka meninggalkan piring kecil untuk ini."

Atur rak buku Anda dan coba sortir berdasarkan warna atau pisahkan dengan pernak-pernik cantik.

blue living room round table blue couch fireplace bookshelves window rug

Jika Anda memiliki rak yang berisi buku, coba tampilkan dengan cara yang lebih tidak tradisional, saran Turk.

"Tumpuk di atas satu sama lain, dan tambahkan beberapa gambar atau vas favorit yang mungkin telah Anda simpan untuk menciptakan kedalaman dan karakter di rak," katanya.

Anda juga dapat menempatkan buku-buku dengan warna yang sama dan mencoba membuat variasi untuk menampilkannya, sarannya.

Pergi "berbelanja" di rumah Anda untuk menemukan barang yang mungkin tidak Anda gunakan atau mungkin berada di tempat lain.

blue room living room

Terkadang "belanja" terbaik secara harfiah dapat dilakukan di rumah Anda sendiri, kata Fernandez.

"Periksa loteng, ruang penyimpanan, dan lemari. Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang telah Anda simpan lama," katanya.

"Sekarang, dengan pandangan yang segar, Anda bisa membayangkan bagaimana benda itu mungkin terlihat cantik di salah satu ruangan Anda."

Misalnya, katanya, ruang kerja atau ruang tamu dapat dengan mudah diubah jika Anda menggantung tirai yang berbeda atau mengubah bola lampu Anda untuk menciptakan suasana pencahayaan lain.

Cobalah mengganti posisi furnitur Anda.

bed bedroom headboard white sheets pillows clock lamp

Menata ulang aksen dan furnitur Anda adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengubah tampilan ruangan, menurut Fernandez.

"Sesuaikan garis ruangan Anda dengan memiringkan sofa dan kursi Anda secara berbeda, pastikan cahaya alami menjadi sorotan di sini untuk meningkatkan spasial ruangan," tambah Nielsen.

Gunakan sisa cat untuk memberikan kehidupan baru ke dalam ruangan.

painting wall

"Hampir semua orang yang saya kenal memiliki cat sisa yang tersimpan di gudang," kata Fernandez.

"Menurutku, tidak ada yang (lebih menakjubkan) seperti (halnya) lapisan cat (yang) baru."

Jika Anda tidak memiliki cat yang cukup untuk menyegarkan seluruh ruangan, Anda bisa mengecat satu dinding saja sebagai aksen. Atau, tambahnya, Anda bisa menggunakan selotip pelukis dan sedikit presisi untuk membuat pola di langit-langit.

Gunakan cabang dan bunga liar dari luar untuk menambahkan dekorasi alami ke dalam rumah Anda.

branch flowers outdoors vase decor centerpiece

"Bunga dapat membantu mencerahkan ruangan dan menghadirkan suasana alam di dalam ruangan," kata Fernandez.

"Kumpulkan beberapa cabang dan bunga [dari] luar ruangan untuk cara yang mulus dan hemat biaya untuk memperbarui rumah Anda secara instan," kata Nielsen.

"Di musim semi, rangkaian besar bunga sakura adalah favoritku."

Coba tambahkan aksen dan sentuhan baru pada benda yang sudah Anda miliki.

painting mason jar craft crafting paintbrush art

Jika Anda ingin berkreasi, coba gunakan sisa kain, kancing, dan renda yang mungkin Anda temukan saat mendeklarasikan.

"Perhiasan ini dapat digunakan untuk mengubah gorden, melempar bantal, atau selimut," kata Fernandez.

"Mengambil pita sederhana dan menambahkannya sebagai hiasan pada gorden Anda yang ada akan segera mengubah tampilannya," kata Fernandez.

"Cari melalui tas kancing cadangan, keluarkan yang berwarna-warni, dan pergi ke kota untuk menempelkannya ke bantal tua itu."

Atur ulang bantal Anda atau pindahkan ke tempat lain.

throw pillows couch

"Memindahkan bantal Anda dari satu ruangan ke ruangan lain juga merupakan cara untuk memperbarui tampilan rumah Anda," kata Nielsen.

"Atur ulang di sofa Anda, tukar bantal dari ruangan lain, hilangkan beberapa bantal untuk menciptakan ruang yang lebih ramping, atau tumpuk bantal di atas tempat tidur Anda (sebaiknya yang berwarna putih) untuk efek yang segar," katanya.

Temukan cara baru untuk menyembunyikan kabel dan kabel Anda untuk menciptakan ruang yang lebih rapi.

living room tv couches red walls green couches

Cara hebat lainnya untuk merapikan ruang Anda adalah dengan menyembunyikan kabel dan kabel yang tidak sedap dipandang yang mungkin mencuat dari televisi atau router internet Anda.

"Dengan melakukan itu, itu segera meningkatkan ruang dari perasaan acak-acakan dan tidak lengkap menjadi utuh dan mewah," kata Turk.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya dari pandangan, seperti menyembunyikannya di belakang furnitur, memasukkannya ke dalam laci, atau menggunakan penutup kabel.

Tukar gambar di bingkai foto Anda.

photographs stack of photos pictures memories

Cara hebat lainnya untuk memperbarui ruang Anda adalah dengan menukar foto di bingkai foto Anda dengan yang baru dicetak atau yang lama yang telah Anda simpan.

Jika Anda memiliki ruang dinding ekstra, Anda juga dapat membuat galeri foto favorit Anda, tambah Fernandez.

 

Semoga bermanfaat.

 

Dikutip dan diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "Interior designers reveal 12 ways to make your home look better without buying anything", 27 Maret 2023, oleh Cheyenne Lentz.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

 

Tips DIY Rumah, Desain Ruangan, Renovasi Ruangan

  • Hits: 304