Skip to main content
Ilustrasi Taman Kering. Sumber: pashouse.id

13 Inspirasi Desain Taman Kering Dan Tips Membuatnya Di Rumah (2/2)

Memiliki taman, baik di dalam rumah atau di area outdoor membutuhkan waktu dan tenaga untuk perawatan agar tetap cantik, bersih, dan tidak berantakan. Namun, tak sedikit yang akhirnya merasa kesulitan untuk merawat taman karena tidak memiliki banyak waktu. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat desain taman kering atau dry garden.

Taman kering identik dengan pasir, kerikil, atau batu sebagai ground cover sehingga material ini akan membuat taman terlihat bersih dan tak menimbulkan cipratan jika terkena air. Tak hanya menambah nilai seni di dalam rumah, taman kering memiliki kelebihan perawatan yang mudah.

DAFTAR ISI

Tips Membuat Taman Kering di Rumah

Sudah menentukan desain taman kering yang akan dibuat di rumah? Layaknya membuat jenis taman lain di rumah, membuat taman kering juga membutuhkan perhatian khusus agar bisa bertahan lama. Berikut ini tips membuat taman kering di rumah.

Memperhatikan sistem pencahayaan dan sirkulasi udara

Salah satu syarat membuat taman kering di rumah adalah dengan memiliki sistem pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan jenis tanaman yang umum digunakan untuk taman kering adalah yang membutuhkan sinar matahari, juga tidak boleh berada di tempat yang lembab dan gelap.

Tanaman yang berada di area yang lembab akan cepat membusuk, sedangkan batu yang digunakan sebagai ground cover akan berlumut.

Memilih jenis tanaman yang sesuai

Ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda pilih. Namun, pemilihan tanaman disesuaikan dengan tempat pembuatan taman kering. Jika Anda membuat taman kering di dalam ruangan, pilih jenis tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari, seperti lili paris, aneka jenis sansevieria, dan lainnya.

Sementara jika taman kering dibuat di outdoor atau semi-outdoor maka pilih jenis tanaman yang tahan akan sinar matahari, seperti kaktus, palem sikas, dan lidah mertua, dan lainnya.

Menyiapkan area terbatas

Area taman kering perlu memiliki sekat pembatas agar terpisah dengan bagian rumah lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan ketinggian dan material yang digunakan.

Beberapa material yang digunakan untuk pembatas adalah batu-batuan dan kayu yang tahan air agar tampilan taman kering Anda lebih menarik.

Gunakan ijuk sebagai alas taman kering

Sebagai pengganti tanah, Anda bisa menggunakan ijuk atau media pasir sebagai alas taman kering dengan kedalaman kurang lebih 5 cm. Ijuk dan pasir akan menyerap air hujan atau saat menyiram tanaman, sekaligus untuk memperlancar drainase.

Menggunakan ornamen dekorasi untuk mempercantik taman

Ada beberapa ornamen dekorasi yang bisa digunakan untuk mempercantik taman kering Anda. Salah satunya adalah batu kerikil yang bisa meminimalisasi cipratan tanah saat hujan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan dinding taman kering yang terbuat dari batu alam, mengganti lantai dengan parket, hingga penggunaan lampu untuk memberikan kesan hangat.

 

Demikian informasi seputar tips dan inspirasi desain taman kering untuk hunian Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Dikutip dan diedit dari artikel berjudul, "13 Desain Taman Kering, Intip Juga Tips Membuatnya di Rumah", 27 Maret 2023, oleh Pashouse.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

 

Tips DIY Rumah, Desain Taman, Taman Kering

  • Hits: 285