Skip to main content
Ilustrasi Uang Rupiah Di Dompet

14 Tips Menabung Cerdas yang Bisa Anda Mulai Hari Ini (Bagian 2/2)

Tidak pernah terlalu dini untuk memulai melakukan perubahan. Dan dalam hal keuangan, sekarang adalah hari terbaik untuk memulai. Berikut 14 tips yang dapat Anda mulai sekarang untuk menghemat lebih banyak uang dan mengembangkan kebiasaan finansial yang lebih baik hari ini.

DAFTAR ISI (BAGIAN 2 DARI 2 TULISAN)

VIII. Beri Julukan Bagi Akun-akun Rekening Bank Anda

Cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri untuk menabung adalah dengan menamai rekening tabungan Anda berdasarkan bagaimana uang itu akan digunakan—seperti dana darurat, dana liburan, atau uang muka rumah—dan menyiapkan transfer otomatis dari setiap gaji.

"Dengan menamai rekening tabungan kami dan mendanainya secara otomatis setiap gaji, kami tidak hanya menetapkan 'pekerjaan' uang kami, tetapi juga mengasosiasikan emosi di sekitar setiap rekening," kata Inman.

"Semakin pribadi Anda membuatnya, semakin kecil kemungkinan Anda mengeluarkan uang terlalu banyak dalam jangka pendek."

IX. Tabung 10 % Dari Gaji Bulanan Anda Untuk Rencana Pensiun

Salah satu kebiasaan finansial baik yang bisa Anda terapkan adalah menabung untuk masa pensiun, kata Dearing. Ia merekomendasikan menabung 10% dari penghasilan Anda untuk masa pensiun.

Atur persentase tersebut secara otomatis agar dipotong dari gaji dan disetorkan ke rekening pensiun Anda. Dengan begitu uang keluar dari gaji Anda sebelum Anda dapat membelanjakannya untuk hal lain.

X. Pesan Paket Perjalanan Yang Menawarkan Bonus/Hadiah Tambahan

Tiket pesawat dan hotel bisa jadi pengeluaran besar, apalagi saat liburan. Hemat perjalanan Anda berikutnya dengan menggunakan bonus/hadiah yang telah Anda kumpulkan untuk mengurangi biaya ini.

Jika Anda menyimpan semua hadiah perjalanan Anda sepanjang tahun, kemungkinan besar Anda akan mengurangi biaya perjalanan liburan Anda, yang akan membuka ruang dalam anggaran Anda untuk membeli hadiah untuk orang yang Anda cintai.

XI. Kurangi Biaya Tetap Bulanan Anda Jika Memungkinkan

Selain biaya berlangganan internet hingga TV kabel, ada banyak biaya tetap lain yang dapat Anda hemat jika Anda mendedikasikan waktu untuk melakukan perbandingan.

Pertimbangkan untuk beralih ke penyedia kabel atau provider data lain atau menurunkan versi paket Anda untuk menghemat tagihan bulanan Anda. Kemudian, terapkan selisihnya pada tujuan tabungan Anda atau untuk membayar utang.

XII. Rencanakan Kegiatan Rutin Bersama Yang Membahas Rencana Keuangan Bersama Pasangan

Untuk mencapai target finansial yang seiring, suami istri harus berbicara tentang uang secara teratur. Dearing merekomendasikan untuk menjadwalkan kencan keuangan bulanan dengan orang terkasih untuk saling berbagi harapan keuangan dan tujuan Anda menabung.

"Gunakan waktu kencan tersebut untuk menetapkan hal-hal yang berhubungan dengan uang, bicarakan tentang keputusan keuangan di masa depan, dan tinjau kemajuan menuju tujuan jangka panjang Anda berdua," ujar Dearing.

"Investasi reguler dalam menjaga ketertiban rumah keuangan bersama Anda ini akan memberikan keuntungan besar bagi hubungan Anda."

XIII. Tambah Penghasilan Anda Dengan Side Hustle

Jika Anda benar-benar ingin menabung lebih banyak, cara termudah untuk melakukannya adalah menghasilkan lebih banyak uang. Pertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan musiman jika Anda punya waktu luang untuk sejumlah uang tambahan di dompet Anda.

Tersedia berbagai ide side hustle termasuk seperti bekerja sebagai rekanan penjualan ritel hingga dekorator liburan. Semua posisi ini mengalami peningkatan permintaan selama musim belanja liburan.

XIV. Luangkan Waktu 15 Menit Setiap Harinya Untuk Meningkatkan Pola Pikir Finansial Anda

Anda dapat mengembangkan kebiasaan finansial yang lebih baik dengan mencurahkan 15 hingga 30 menit setiap hari untuk meningkatkan pola pikir dan keterampilan manajemen Anda, kata Rosenblum.

Anda dapat melakukannya dengan membaca satu atau dua artikel dari situs web keuangan. Anda juga dapat menonton berita keuangan di TV atau video YouTube terkait uang.

Atau Anda dapat membaca buku keuangan pribadi seperti "Self-Worth to Net Worth: 12 Keys to Creating Wealth Inside and Out," yang ditulis bersama oleh Rosenblum dan Cia Ricco. Anda bahkan dapat mengambil tips penghematan yang lebih berharga dalam buku tersebut.

Dikutip dan diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "15 Smart Savings Tips You Can Start Today" oleh Cameron Huddleston.

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

frugal living

  • Hits: 545