Skip to main content
Ilustrasi Orang Menabung Uang

14 Tips Menabung Cerdas yang Bisa Anda Mulai Hari Ini (Bagian 1/2)

Tidak pernah terlalu dini untuk memulai melakukan perubahan. Dan dalam hal keuangan, sekarang adalah hari terbaik untuk memulai. Berikut 14 tips yang dapat Anda mulai sekarang untuk menghemat lebih banyak uang dan mengembangkan kebiasaan finansial yang lebih baik hari ini.

DAFTAR ISI (BAGIAN 1 DARI 2 TULISAN)

Iklan Afiliasi

I. Tetapkan Satu Target Penghematan Utama

Lebih mudah untuk menyimpan ketika Anda memiliki target dalam pikiran. Apakah Anda ingin menabung untuk membeli sebuah mobil, jalan-jalan dengan keluarga, hingga menyicil untuk uang muka rumah.

Cari tahu apa prioritas Anda dan berapa banyak yang perlu Anda hemat. Untuk mencapai tujuan ini, mulailah dari yang kecil. Misalnya, jika Anda ingin menghemat 10 juta untuk uang muka rumah, Anda bisa mulai dengan menyisihkan katakanlah 500 ribu per bulan.

Ini tidak hanya akan membuat Anda bertanggung jawab, tetapi juga akan membantu Anda mencapai tujuan yang lebih besar dari waktu ke waktu yang mungkin enggan Anda tangani.

"Pecahkan target tersebut menjadi poin-poin lebih kecil dan lebih mudah dikelola, dan benar-benar masukkan ke dalam kalender untuk menetapkan tenggat waktu," kata Ryan Inman, seorang perencana keuangan berbayar untuk dokter di Physician Wealth Services.

II. Buat Anggaran di Awal Setiap Bulan

Membuat anggaran untuk menjaga keuangan Anda dapat menjadi kunci untuk mengembangkan kebiasaan uang yang lebih baik. Salah satu pendiri Club Thrifty, Holly Johnson, mengatakan dia dan suaminya membuat anggaran bertotal nol pada awal setiap bulan untuk merencanakan ke mana setiap uang yang masuk akan digunakan.

"Kami membicarakan pengeluaran yang direncanakan, tagihan kami, dan 'tambahan' apa pun yang perlu kami perhitungkan selama bulan mendatang," kata Johnson.

"Kami telah melakukan ini setiap bulan selama bertahun-tahun sekarang, dan saya menghargai banyak keberhasilan untuk pertemuan bulanan ini dan pertanggungjawaban yang mereka bawa ke dalam hidup kami."

Pastikan untuk menganggarkan tabungan setiap bulan, bukan hanya pengeluaran.

III. Gunakan Program Cash-Back atau Bonus

Apa pun yang Anda beli, Anda bisa mendapatkan kembali sebagian dari uang itu jika Anda melakukan pembelian yang menawarkan cash-back. Beberapa pennjualan menawarkan hadiah yang lebih berharga dalam kategori tertentu seperti makanan hingga bahan bakar.

Jadi, temukan penawaran yang memberi Anda hadiah untuk hal-hal yang ingin Anda belanjakan.

Iklan Afiliasi

IV. Buat Jurnal Pengeluaran Harian Selama Sebulan

Mengubah kebiasaan membutuhkan peningkatan kesadaran Anda tentang kebiasaan uang buruk yang perlu Anda hentikan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat jurnal harian dari semua pengeluaran Anda—transaksi tunai, debit, dan kredit—untuk melihat ke mana uang Anda pergi, kata Belinda Rosenblum, presiden perusahaan pelatihan keuangan Own Your Money.

"Bagi kebanyakan orang, saya mendorong mereka melakukan ini selama sebulan untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap," katanya.

Setidaknya, coba lacak pengeluaran Anda selama seminggu. Anda mungkin akan menyadari betapa informatifnya hal itu dan terus berlanjut hingga akhir bulan, katanya. Kemudian Anda dapat menentukan di mana uang Anda mengalir - area di mana Anda menghabiskan terlalu banyak - dan membuat rencana untuk menutup kebocoran tersebut.

Setelah Anda menentukan berapa banyak pengeluaran yang dapat Anda hilangkan, pertimbangkan untuk mengalihkan dana tersebut ke tabungan.

V. Manfaatkan Kupon Online dan Kode Promo

Jika Anda suka belanja online, pastikan untuk memeriksa kupon dan kode diskon sebelum membayar harga penuh untuk setiap pembelian Anda.

Kemungkinan Anda dapat menemukan cara untuk membayar kurang dari harga stiker untuk banyak barang di daftar belanja Anda, dan Anda dapat menyimpan uang itu untuk tujuan lain.

Iklan Afiliasi

VI. Luangkan Waktu Setiap Hari untuk Menjadi Terorganisir

Sulit untuk tetap di atas keuangan Anda jika Anda tidak terorganisir. Rosenblum merekomendasikan untuk membiasakan menghabiskan 15 hingga 30 menit setiap hari untuk menyortir tumpukan surat yang ditujukan kepada Anda misalnya, merapikan laci dapur yang berantakan, atau tempat penyimpanan barang lainnya.

Sortir tagihan yang perlu dibayar, cek saldo rekening secara online dan laporkan kuitansi atau dokumen penting lainnya.

"Ini adalah kunci untuk ketenangan pikiran dan fokus," katanya.

Plus, jika Anda tidak secara teratur memeriksa saldo rekening Anda, Anda bisa mengembangkan mentalitas "tidak terlihat, tidak terpikirkan", yang dapat merugikan dalam mencapai tujuan menabung.

VII. Simpan Bonus Anda dan Pendapatan Tak Terduga Lainnya

"Sangat menggoda untuk memperlakukan bonus akhir tahun Anda atau pendapatan tidak biasa lainnya sebagai uang hangus," kata Carla Dearing, seorang investor di Portfolia.

"Jangan lakukan itu. Alih-alih, lakukan kebiasaan baru: segera singkirkan jumlah sekaligus ini, lalu tinggalkan."

Anda harus melakukan hal yang sama dengan keuntungan finansial lainnya seperti pengembalian pajak hingga hadiah dari kantor. Jika Anda menambahkan uang ini ke rekening tabungan pensiun Anda, Anda dapat mencapai target Anda menabung dengan lebih cepat.

 

Bersambung ke bagian 2

Dikutip dan diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "15 Smart Savings Tips You Can Start Today" oleh Cameron Huddleston

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

frugal living

  • Hits: 288