Skip to main content
Ilustrasi Orang Kaya

5 Kebiasaan Orang Kaya Yang Bisa Bantu Kamu Jadi Lebih Baik (II/II)

Seperti kebanyakan orang, Anda mungkin bermimpi menjadi seorang jutawan. Kabar baiknya adalah menjadi seorang jutawan tidak diperuntukkan bagi segelintir orang yang beruntung atau mereka yang terlahir dalam kekayaan. Faktanya, menurut statistik, hanya sekitar 12% jutawan yang mewarisi sebagian besar kekayaan mereka. Ini berarti membangun kekayaan adalah mungkin bagi siapa saja yang mau mengadopsi kebiasaan dan strategi tertentu. Dalam artikel ini, kami akan menguraikan beberapa kebiasaan dan teknik jutawan yang dapat Anda gunakan untuk membangun kekayaan dan mencapai kesuksesan finansial.

DAFTAR ISI (BAGIAN 2 DARI 2 TULISAN)

Iklan Afiliasi

Kebiasaan 3: Meluangkan Waktu Untuk Berpikir

Bill Gates, salah seorang terkaya dunia, biasanya meluangkan waktu seminggu, dua kali setahun, untuk pergi ke sebuah pondok, mengasingkan diri dari dunia, dan menghabiskan waktu itu untuk berpikir dan membaca tentang kehidupan dan gagasan.

Berhenti sejaka dari aktivitas harian dari waktu ke waktu dan berpikir sangat penting untuk memastikan Anda menuju ke arah yang benar.

Bermeditasi atau berjalan-jalan jauh dapat membantu Anda menjernihkan pikiran dan memasuki keadaan pikiran di mana Anda sangat jelas tentang apa yang Anda lakukan.

Berpikir keras setidaknya selama satu jam sehari, merenungkan kembali tujuan hidup Anda, jalur yang telah Anda jalani, dan bagaimana Anda dapat meningkatkan apa yang telah Anda lakukan dalam pekerjaan, bisnis, dan kehidupan pribadi Anda.

Kebanyakan orang lebih suka tindakan daripada pemikiran yang mendalam, tetapi pikiran adalah tempat kerja keras dan bermakna dilakukan.

Berpikir adalah pekerjaan yang paling sulit, yang mungkin menjadi alasan begitu sedikit yang terlibat di dalamnya.” – Henry Ford.

Cara Meluangkan Waktu Untuk Berpikir

Latih perhatian:

Perhatian hadir saat ini, tanpa penilaian. Dengan melatih mindfulness, Anda dapat menjadi lebih sadar akan pikiran dan emosi Anda serta mengelolanya dengan lebih baik. Ini dapat membantu Anda mendapatkan perspektif yang lebih jelas tentang hidup dan tindakan Anda.

Beristirahat Secara Rutin:

Terkadang, cara terbaik untuk mendapatkan perspektif adalah menjauh dari rutinitas harian Anda. Beristirahatlah dari pekerjaan atau aktivitas Anda yang biasa dan luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda rileks atau bahagia. Ini bisa apa saja mulai dari berjalan di alam hingga membaca buku yang bagus.

Renungkan nilai-nilai Anda:

Pertimbangkan nilai-nilai inti Anda dan bagaimana mereka selaras dengan tindakan Anda. Apakah Anda hidup dengan cara yang konsisten dengan nilai-nilai Anda? Jika tidak, perubahan apa yang dapat Anda lakukan untuk menyelaraskan aktivitas Anda dengan nilai-nilai Anda?

Mencari umpan balik:

Mintalah umpan balik dari teman, anggota keluarga, atau kolega tepercaya. Terkadang perspektif luar dapat membantu Anda melihat sesuatu dengan lebih jelas dan memberi Anda wawasan baru tentang kehidupan dan tindakan Anda.

Rencanakan waktu untuk berpikir:

Sisihkan waktu setiap hari untuk berpikir. Banyak kaya yang menemukan bahwa waktu terbaik untuk berpikir adalah di pagi hari sebelum hari dimulai dan di malam hari sebelum tidur.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk merencanakan apa yang ingin Anda lakukan, dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk merenungkan apa yang terjadi.

Iklan Afiliasi

Kebiasaan 4: Penjadwalan Blok

Penjadwalan blok adalah cara yang bagus untuk meningkatkan produktivitas Anda. Dengan mengisi kalender secara serius, Anda dapat menjadwalkan semua yang perlu Anda lakukan untuk hari itu.

Ini membantu Anda melacak tugas-tugas Anda dan tidak melupakan tenggat waktu penting. Dengan menciptakan rutinitas dalam hidup Anda, Anda akan lebih produktif dan fokus untuk mencapai tujuan Anda.

Sebagian orang kaya lebih suka jadwal dan sistem yang ditetapkan dengan hal-hal harian dan mingguan yang direncanakan untuk diselesaikan dalam urutan dan waktu yang tepat.

Ini akan menjadi otomatis dari waktu ke waktu, membutuhkan sedikit perencanaan saat rutinitas sistematis ditetapkan.

Bagaimana Anda Menerapkan Penjadwalan Blok?

Mulailah dengan rencana:

Buat daftar semua tugas dan aktivitas yang harus Anda selesaikan setiap hari sebelum penjadwalan blok. Kelompokkan tugas serupa dan tetapkan slot waktu untuk setiap blok tugas.

Prioritaskan tugas Anda:

Tentukan tugas mana yang paling penting dan jadwalkan tugas tersebut terlebih dahulu. Ini akan membantu memastikan Anda menggunakan waktu Anda secara efisien dan menyelesaikan hal-hal terpenting.

Bersikaplah realistis:

Jangan menjadwalkan lebih dari yang dapat Anda capai secara realistis dalam periode tertentu. Jujurlah tentang berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk setiap tugas, dan pastikan Anda menyisakan cukup waktu untuk istirahat dan aktivitas lainnya.

Gunakan perencana atau kalender:

Gunakan perencana atau kalender untuk melacak jadwal Anda dan memastikan Anda tidak melupakan tugas atau janji penting apa pun. Anda dapat menggunakan perencana fisik atau kalender digital, mana saja yang paling cocok untuk Anda.

Patuhi jadwal:

Patuhi jadwal itu sedekat mungkin setelah Anda membuat jadwal blok Anda. Hindari gangguan dan cobalah untuk tetap fokus pada tugas yang ada.

Jika Anda menemukan bahwa jadwal tertentu tidak sesuai untuk Anda, lakukan penyesuaian seperlunya hingga Anda menemukan sistem yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalkan Anda ingin mencapai tingkat produktivitas untuk menjadi seorang jutawan.

Dalam hal ini, Anda harus tahu apa yang perlu dilakukan setiap hari untuk menggerakkan Anda menuju tujuan Anda dan juga efisien dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembangunan kekayaan Anda secara sistematis.

Ini tentunya akan berbeda untuk setiap orang berdasarkan tujuan mereka sendiri.

Iklan Afiliasi

Kebiasaan 5: Membangun Jaringan Pertemanan Yang Berkualitas

Orang-orang yang berhubungan dekat dengan Anda akan menjadi orang seperti Anda. Dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang kaya yang sukses atau setidaknya mempelajari mereka, kemungkinan besar Anda akan menjadi sukses.

Bergaul dengan orang-orang yang terdorong ke arah tujuan mereka dan telah menghasilkan uang atau menemukan kesuksesan sendiri bisa sangat berharga.

Anda dapat menemukan orang-orang ini dengan berjejaring dengan investor sukses, anggota keluarga yang sukses, atau bahkan mengirim pesan kepada orang-orang sukses di media sosial. Teman dan kenalan Anda memiliki banyak pengaruh terhadap cara Anda berpikir dan bertindak.

Temukan orang yang tepat untuk bergaul baik di dunia maya ataupun dalam kehidupan nyata. Jutawan, ahli pasar, dan pengusaha adalah orang-orang yang dapat menginspirasi ketika Anda masih muda dan menunjukkan kepada Anda jalan apa yang mungkin.

Cara Membangun Jaringan Lebih Banyak

Menghadiri Beragam Acara/Event:

Hadiri acara jejaring dan konferensi industri untuk bertemu orang baru dan membuat koneksi yang berharga. Acara ini memberikan kesempatan untuk bertemu orang lain yang tertarik pada industri atau bidang yang sama dengan Anda dan dapat memberikan banyak informasi dan peluang baru.

Orang-orang ekstrovert menyukai keseluruhan proses ini, sedangkan introvert mungkin lebih memilih jalan yang berbeda.

Bergabung dengan organisasi profesional:

Bergabung dengan organisasi atau asosiasi profesional di bidang Anda dapat memberikan peluang jaringan dan akses ke sumber daya pendidikan dan berita industri. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu orang lain di bidang Anda dan belajar dari mereka yang lebih berpengalaman.

Memanfaatkan media sosial:

Platform media sosial seperti LinkedIn dan Twitter dapat menjadi alat jaringan yang kuat. Pastikan profil Anda mutakhir dan profesional, dan gunakan platform ini untuk terhubung dengan orang lain di bidang Anda, berbagi informasi, dan berpartisipasi dalam diskusi industri.

Menjadi Sukarelawan:

Menjadi sukarelawan untuk tujuan atau organisasi yang sejalan dengan minat dan nilai Anda dapat memberikan kesempatan untuk bertemu orang baru dan menjalin hubungan yang berharga.

Anda tidak hanya dapat membuat perbedaan di komunitas Anda, tetapi Anda juga dapat membangun jaringan dan mendapatkan pengalaman yang berharga.

Bersikaplah tulus:

Saat berjejaring, bersikap tulus dan autentik dalam interaksi Anda dengan orang lain sangatlah penting. Orang bisa merasakan ketika seseorang hanya tertarik pada mereka untuk keuntungan pribadi, yang bisa mematikan.

Alih-alih, fokuslah untuk membangun koneksi autentik dengan orang lain dan menawarkan nilai kepada orang yang Anda temui.

Kesimpulan

Menjadi jutawan bukanlah mimpi yang mustahil; jika orang-orang kaya itu bisa melakukannya, itu mungkin bagi kebanyakan orang setelah mereka menemukan jalan yang tepat untuk kekuatan mereka sendiri.

Dengan mengadopsi kebiasaan dan strategi jutawan ini, Anda dapat mencapai kesuksesan finansial dan mencapai tujuan Anda.

Pelacakan tujuan tertulis, berfokus pada produksi alih-alih mengonsumsi, mundur selangkah dan memikirkan langkah Anda selanjutnya, memblokir penjadwalan untuk tetap berada pada sistem untuk sukses, dan jaringan hanyalah beberapa kebiasaan yang dapat Anda adopsi untuk membangun kekayaan.

Membangun kekayaan membutuhkan waktu dan usaha, tetapi pada akhirnya itu sepadan. Mulai dari yang kecil, tetap fokus, dan terus bekerja menuju tujuan Anda. Begitulah cara orang-orang kaya itu melakukannya.

 

Dikutip dari artikel berjudul, "5 Millionaire Habits That Changed My Life" oleh Steve Burns.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >