Skip to main content
Ilustrasi Orang Kaya

5 Kebiasaan Orang Kaya Yang Bisa Bantu Kamu Jadi Lebih Baik (I/II)

Seperti kebanyakan orang, Anda mungkin bermimpi menjadi seorang jutawan. Kabar baiknya adalah menjadi seorang jutawan tidak diperuntukkan bagi segelintir orang yang beruntung atau mereka yang terlahir dalam kekayaan. Faktanya, menurut statistik, hanya sekitar 12% jutawan yang mewarisi sebagian besar kekayaan mereka. Ini berarti membangun kekayaan adalah mungkin bagi siapa saja yang mau mengadopsi kebiasaan dan strategi tertentu. Dalam artikel ini, kami akan menguraikan beberapa kebiasaan dan teknik jutawan yang dapat Anda gunakan untuk membangun kekayaan dan mencapai kesuksesan finansial.

DAFTAR ISI (BAGIAN 1 DARI 2 TULISAN)

Kebiasaan 1: Tulis Tujuan Anda

Salah satu kebiasaan pertama yang harus Anda adopsi adalah membuat jurnal. Membuat jurnal adalah cara yang bagus untuk menuangkan pemikiran dan ide Anda ke atas kertas.

Hal terpenting yang perlu Anda tulis adalah tujuan Anda. Dengan menuliskan semuanya, Anda bisa mendapatkan kejelasan saat memikirkan tujuan jangka panjang, terutama saat membangun kekayaan.

Ini juga bisa menjadi terapi dan membantu Anda mengatasi pergumulan atau masalah yang mungkin Anda hadapi. Melihat kembali tulisan Anda, Anda dapat lebih memahami arah Anda dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk tujuan Anda.

Iklan Afiliasi

Saat Anda menuliskan ke mana Anda ingin pergi dalam hidup, Anda memprogram alam bawah sadar Anda dengan sebuah target. Meskipun menuliskan tujuan Anda tidak menjamin kesuksesan, tidak memiliki arah atau jalur hampir menjamin kegagalan.

Membuat jurnal tertulis tentang perjalanan Anda adalah alat yang ampuh yang membawa perhatian penuh pada pengejaran kesuksesan Anda.

Bagaimana Anda Membuat Jurnal?

Tetapkan waktu reguler untuk membuat jurnal:

Pilih waktu yang sesuai untuk Anda dan biasakan untuk membuat jurnal pada waktu yang sama setiap hari. Ini bisa dilakukan di pagi hari, sebelum tidur, atau saat istirahat makan siang. Konsistensi sangat penting untuk membentuk kebiasaan menulis jurnal yang sukses.

Banyak orang menggunakan media sosial, blog mereka, atau YouTube untuk melakukan ini di abad ke-21. Lainnya menggunakan spreadsheet pribadi, notepad, atau dokumen Word. Lakukan apa yang berhasil untuk Anda.

Menulis dengan bebas dan tanpa penilaian:

Saat Anda duduk di jurnal pribadi Anda, jangan khawatir tentang tata bahasa, ejaan, atau bunyi tulisan Anda. Membuat jurnal bertujuan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan Anda, jadi jangan menyensor diri sendiri.

Menulis tanpa penilaian dapat membantu Anda berhubungan dengan emosi Anda dan memprosesnya dengan lebih efektif.

Gunakan petunjuk atau pertanyaan:

Terkadang, mengetahui dari mana harus memulai saat menulis jurnal dapat menjadi tantangan. Menggunakan petunjuk atau pertanyaan dapat membantu Anda memfokuskan pikiran dan memulai.

Anda dapat menggunakan pertanyaan seperti "Apa yang saya syukuri hari ini?" atau "Apa tujuan saya untuk bulan depan?" untuk membuat tulisan Anda mengalir.

Jaga kerahasiaan kehidupan pribadi Anda:

Iklan Afiliasi

Membuat jurnal bersifat pribadi, jadi menjaga kerahasiaan jurnal pribadi Anda sangatlah penting. Ini akan memungkinkan Anda untuk menulis dengan bebas tanpa khawatir tentang siapa yang mungkin membaca tulisan Anda.

Anda dapat menyimpan jurnal Anda di laci yang terkunci atau menggunakan aplikasi jurnal digital yang dilindungi kata sandi untuk menjaga keamanan tulisan Anda. Berbagi online publik Anda harus tetap terbatas pada karier dan kehidupan bisnis Anda.

Tinjau dan renungkan:

Sisihkan waktu setiap minggu atau bulan untuk meninjau apa yang telah Anda tulis di jurnal Anda. Renungkan pikiran dan perasaan Anda dan cari pola atau wawasan yang muncul.

Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area kehidupan Anda yang mungkin memerlukan perhatian atau merayakan kesuksesan dan pencapaian Anda.

Kebiasaan 2: Berfokus Pada Memproduksi Daripada Mengkonsumsi

Saat Anda menemukan waktu luang, fokuslah untuk membangun keterampilan alih-alih mengonsumsi konten seperti kebanyakan orang. Ini bisa apa saja mulai dari mempelajari perangkat lunak baru hingga membaca buku satu jam sebelum tidur untuk meningkatkan nilai dan keterampilan Anda.

Dengan berfokus pada keterampilan membangun, Anda akan menjadikan diri Anda lebih berharga di mata dunia. Anda akan menjadi lebih produktif, mempelajari hal-hal baru, dan menjadi lebih efisien dalam mencapai tujuan Anda.

Tips Untuk Fokus Memproduksi

Tetapkan tujuan spesifik:

Identifikasi apa yang ingin Anda hasilkan dan tetapkan tujuan spesifik yang dapat dicapai untuk diri Anda sendiri. Baik mempelajari keterampilan baru, menulis buku, atau membangun bisnis, memiliki rencana yang jelas akan membantu Anda tetap fokus pada proses produksi.

Iklan Afiliasi

Kembangkan rutinitas:

Tetapkan praktik harian untuk memprioritaskan waktu untuk memproduksi konsumsi berlebihan. Ini bisa berarti mendedikasikan jumlah waktu tertentu setiap hari untuk mengerjakan proyek Anda atau menjadwalkan hari-hari tertentu dalam seminggu untuk pekerjaan produksi.

Minimalkan gangguan:

Identifikasi apa yang mengalihkan perhatian Anda dari produksi dan temukan cara untuk meminimalkannya. Ini bisa berarti mematikan telepon Anda, bekerja diam-diam, atau fokus pada tugas yang ada.

Merangkul kegagalan:

Jangan takut gagal. Memproduksi sesuatu yang baru membutuhkan eksperimen, coba-coba, dan kemauan untuk membuat kesalahan. Merangkul kegagalan sebagai bagian dari proses kreatif akan membantu Anda fokus pada produksi alih-alih terjebak oleh perfeksionisme atau ketakutan akan kegagalan.

Berkolaborasi dengan orang lain:

Bekerja dengan orang lain bisa menjadi cara yang bagus untuk tetap fokus pada produksi. Berkolaborasi dengan individu yang berpikiran sama dapat memberikan motivasi, akuntabilitas, dan perspektif segar untuk membantu Anda tetap terlibat dan fokus pada proyek Anda.

Apakah bergabung dengan kelompok investor atau pengusaha atau bermitra dengan kolega atau teman, kolaborasi bisa menjadi alat yang ampuh untuk tetap fokus pada produksi. Kebanyakan orang membutuhkan mitra akuntabilitas untuk membantu mendorong mereka melalui kerja keras.

Kekayaan bersih Anda adalah perbedaan antara konsumsi versus produksi Anda.

 

Dikutip dari artikel berjudul, "5 Millionaire Habits That Changed My Life" oleh Steve Burns.

 

Bersambung ke bagian 2

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >