Skip to main content
Ilustrasi Sayuran Di Kulkas

Beberapa Tips Menjaga Agar Kesegaran Sayuran Bertahan Lebih Lama

Masalah yang dihadapi oleh siapa pun yang suka dengan produk-produk segar adalah bagaimana menjaga kesegaran selada di dalam lemari es agar siap digunakan kapan pun Anda membutuhkannya. Cara menyimpan selada dapat menjadi masalah yang membingungkan bagi banyak orang karena tidak banyak yang mengetahui tentang hal ini.

Iklan Afiliasi

Tidak ada yang suka membayangkan menyantap salad untuk makan malam, hanya untuk membuka lemari es dan menemukan selada yang sudah layu dan berwarna coklat. Selada terlihat segar dan renyah pada hari pembelian, tetapi tidak lama setelah itu, ia terlihat cukup memprihatinkan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menentukan cara menjaga kesegaran selada di dalam lemari es lebih lama. Langkah pertama terjadi jauh sebelum Anda sampai di rumah. Sangat penting untuk memilih selada yang memiliki tanggal 'terbaik sebelum' terjauh dan yang terlihat segar dan baru ketika berada di bagian produk.

Dengan melakukan ini, Anda memastikan bahwa selada Anda akan bertahan selama mungkin. Jika sudah terlihat layu atau bercak di toko, tidak peduli bagaimana Anda menyimpannya, selada itu tidak akan bertahan lama di rumah.

Setelah membawa selada pulang, Anda akan ingin meletakkannya di bagian paling dingin dari lemari es, tetapi tidak terlalu dingin hingga membeku.

Jika Anda memiliki laci penyimpanan atau laci produk, pastikan pengaturan kelembapan diatur dengan benar sebelum digunakan. Anda ingin kelembapan minimal karena kelebihan kelembapan akan mempercepat oksidasi selada, yang mengakibatkan kerusakan.

Iklan Afiliasi

Hal terburuk yang bisa Anda lakukan adalah memiliki pengaturan kelembapan tinggi dan lemari es yang sangat dingin karena ini dapat menyebabkan pembekuan yang akan merusak selada dan menyebabkannya cepat rusak. Sebelum menyimpannya di lemari es, cuci dan keringkan daun selada dengan baik.

Setelah benar-benar kering, bungkus daun selada dalam beberapa lapisan handuk kertas, yang paling disarankan adalah yang ekstra serap. Kemudian, letakkan dalam kantong atau wadah penyimpanan selada. Ini akan membantu menyerap sebagian kelembapan yang dapat menyebabkan pembusukan cepat.

Mencucinya sebelum disimpan membantu menghilangkan partikel kotoran atau serangga kecil yang mungkin ikut pulang bersama Anda. Ini juga cara yang nyaman untuk membuat selada Anda cepat dan siap digunakan saat diinginkan, karena semua pekerjaan pra-penyimpanan sudah dilakukan.

Jika Anda melihat adanya kelembapan di dalam kantong atau wadah selada, seperti kotak penyimpanan selada, Anda akan ingin mengeluarkan daun selada, menepuknya kering dengan handuk kertas baru, dan kemudian membungkusnya kembali dengan handuk yang segar sebelum menyimpannya lagi.

Iklan Afiliasi

Jika ini terjadi secara teratur, mungkin Anda memiliki pengaturan kelembapan terlalu tinggi untuk pengaturan yang ideal.

Orang sering bertanya-tanya apakah selada dapat dibekukan untuk digunakan nanti, tetapi ini sebenarnya tidak dapat dilakukan secara efektif. Selada terutama terdiri dari air sehingga hampir tidak mungkin membekukannya. Setelah dicairkan, selada menjadi layu, tidak menarik, dan tidak enak.

Pastikan bahwa Anda memiliki cukup ruang untuk menyimpan selada Anda, karena mudah rusak jika dimasukkan bersama buah dan sayuran lainnya. Setiap lecet yang terjadi akan menyebabkan oksidasi, dan itu akan mengakibatkan pembusukan lebih cepat.

Anda juga akan ingin memastikan bahwa Anda menyimpannya di laci yang terpisah dari buah apa pun. Beberapa buah mengeluarkan gas etilen yang dapat menciptakan lingkungan untuk pembusukan lebih cepat juga.

 

Demikianlah Beberapa Tips Menjaga Agar Kesegaran Sayuran Bertahan Lebih Lama. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Selamat melanjutkan aktivitas Anda kembali.

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami mungkin memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami.

Ikuti juga kami di Google News untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Tips DIY Rumah, Kebersihan Lingkungan