Skip to main content
Ilustrasi Seismograf Yang Mencatat Aktivitas Kegempaan

Beberapa Tips Agar Kita Tetap Aman Ketika Dan Saat Gempa Bumi Terjadi

Ketahui cara menjaga diri Anda dan orang yang Anda cintai tetap aman saat terjadi gempa bumi. Anda dapat melindungi diri Anda sendiri dalam banyak situasi jika Anda segera JATUHKAN, TUTUP, dan TAHAN.

DAFTAR ISI

Menjatuhkan. Menutupi. Tunggu.

Dalam sebagian besar situasi, Anda dapat melindungi diri sendiri jika Anda segera:

  • TURUNlah dengan tangan dan lutut Anda sebelum gempa menjatuhkan Anda. Posisi ini melindungi Anda dari terjatuh namun memungkinkan Anda bergerak diam jika perlu.
  • TUTUP kepala dan leher Anda (dan seluruh tubuh Anda jika memungkinkan) di bawah meja atau meja yang kokoh. Jika tidak ada tempat berteduh, turunlah ke dekat dinding bagian dalam atau, setelahnya, di dekat perabotan yang letaknya rendah agar tidak menimpa Anda, dan lindungi kepala dan leher Anda dengan lengan dan tangan.
  • TAHAN pada tempat berlindung Anda (atau kepala dan leher Anda) sampai guncangan berhenti. Bersiaplah untuk bergerak dengan perlindungan Anda. Getarannya menggesernya.

Iklan Afiliasi

Jika Anda berada di dalam, tetaplah di dalam.

JANGAN lari ke luar atau ke ruangan lain saat terjadi gempa. Kecil kemungkinan Anda terluka jika Anda tetap berada di tempat Anda berada.

Untuk mengurangi kemungkinan Anda terluka, lakukan tindakan berikut:

  1. Jika memungkinkan, dalam beberapa detik sebelum guncangan semakin hebat, segera menjauhlah dari kaca, benda gantung, rak buku, lemari porselen, atau perabotan besar lainnya yang dapat terjatuh. Perhatikan benda-benda yang jatuh, seperti batu bata dari perapian dan cerobong asap, lampu, hiasan dinding, rak tinggi, dan lemari dengan pintu yang dapat dibuka.
  2. Ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari serpihan yang berjatuhan dan pecahan kaca jika tersedia di dekat Anda.
  3. Jika Anda berada di dapur, segera matikan kompor dan berlindung saat pertama kali ada tanda-tanda guncangan.
  4. Jika Anda berada di tempat tidur, berpeganglah dan diamlah di sana, lindungi kepala Anda dengan bantal. Kecil kemungkinan Anda terluka saat mengunjungi tempat Anda berada. Pecahan kaca di lantai dapat menyebabkan cedera jika Anda berjalan atau berguling ke lantai.

JANGAN berdiri di ambang pintu. Anda lebih aman di bawah meja.

Di rumah modern, pintu tidak lebih kuat dibandingkan bagian rumah lainnya. Stopkontak tidak melindungi Anda dari sumber cedera yang paling mungkin terjadi, yaitu benda jatuh atau beterbangan.

Sebagian besar cedera dan kematian akibat gempa bumi disebabkan oleh benda yang jatuh atau terbang (seperti TV, lampu, kaca, atau rak buku) atau terjatuh ke tanah.

Jatuhkan, tutupi, dan tahan jika Anda berada di gedung bertingkat tinggi.

infografik tips keselamatan gempa bumi

  1. Menjauhlah dari jendela dan dinding luar.
  2. Tetap di dalam gedung.
  3. JANGAN gunakan lift. Listrik mungkin padam, dan sistem sprinkler mungkin menyala.
  4. Jika Anda terjebak, tetap tenang. Cobalah untuk menarik perhatian seseorang dengan mengetuk bagian struktur yang keras atau logam. Melakukan hal ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk diselamatkan.

Jatuhkan, tutupi, dan tahan jika Anda berada di tempat ramai.

  1. Jangan terburu-buru menuju pintu. Orang lain akan memiliki gagasan yang sama.
  2. Menjauhlah dari rak pajangan yang berisi benda-benda yang mungkin jatuh.
  3. Jika bisa, berlindung dan ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari serpihan dan kaca yang berjatuhan.

Iklan Afiliasi

Jika Anda berada di luar, tetaplah di luar.

  1. Menjauhlah dari gedung, kabel listrik, lubang runtuhan, serta saluran bahan bakar dan gas. Bahaya terbesar dari jatuhnya puing-puing berada di luar pintu dan di dekat dinding luar bangunan.
  2. Pergilah ke tempat terbuka yang jauh dari pepohonan, tiang telepon, dan bangunan. Setelah berada di tempat terbuka, turunlah hingga guncangan berhenti.
  3. Area di dekat dinding luar sebuah bangunan adalah tempat yang paling berbahaya. Jendela, fasad, dan detail arsitektur sering kali menjadi bagian pertama bangunan yang runtuh. Jauhi zona bahaya ini.

Berhentilah secepat dan seaman mungkin jika Anda berada di dalam kendaraan yang bergerak.

  1. Pindahkan mobil Anda ke bahu jalan atau tepi jalan, jauh dari tiang listrik, kabel di atas kepala, dan jalan bawah tanah atau jalan layang.
  2. Tetap di dalam mobil dan setel rem parkir. Sebuah mobil mungkin akan bergoyang keras pada pegasnya, namun ini adalah tempat yang sangat baik untuk diam sampai guncangannya berhenti.
  3. Nyalakan radio untuk informasi siaran darurat.
  4. Jika kabel listrik menimpa mobil, tetaplah berada di dalam sampai orang yang terlatih melepaskan kabel tersebut.
  5. Jika sudah aman untuk mulai mengemudi lagi, waspadai bahaya yang ditimbulkan oleh gempa bumi, seperti trotoar rusak, tiang listrik dan kabel roboh, permukaan air naik, jembatan layang roboh, atau jembatan roboh.

Jika Anda berada di stadion atau teater, tetaplah di tempat duduk Anda. Lindungi kepala dan leher Anda dengan tangan Anda sebisa mungkin.

  1. Jangan biarkan sampai guncangan selesai.
  2. Berjalanlah keluar dengan hati-hati, perhatikan apa saja yang bisa jatuh saat terjadi gempa susulan.

Iklan Afiliasi

Jatuhkan, tutupi, dan tahan hingga guncangan berhenti jika Anda berada di dekat pantai.

  1. Jika guncangan hebat berlangsung selama 20 detik atau lebih, segera evakuasi ke tempat tinggi karena gempa tersebut dapat menimbulkan tsunami.
  2. Bergerak ke daratan sejauh 2 mil (3 kilometer) atau segera mendarat setidaknya 100 kaki (30 meter) di atas permukaan laut. Jangan menunggu pejabat mengeluarkan peringatan.
  3. Untuk menghindari kemacetan, puing-puing, dan bahaya lainnya, berjalanlah dengan cepat daripada mengemudi.

Jika Anda tidak dapat menjatuhkan diri ke tanah, usahakan untuk duduk atau tetap duduk agar tidak terjatuh.

  1. Jika Anda menggunakan kursi roda, kuncilah roda Anda. Singkirkan semua benda yang tidak terpasang erat pada kursi roda.
  2. Lindungi kepala dan leher Anda dengan buku besar, bantal, atau lengan. Tujuannya untuk mencegah cedera akibat terjatuh atau benda yang mungkin terjatuh atau terlempar ke arah Anda.
  3. Jika memungkinkan, carilah perlindungan di bawah meja atau meja yang kokoh. Jauhi dinding luar, jendela, perapian, dan benda gantung.
  4. Jika Anda tidak bisa beranjak dari tempat tidur atau kursi, lindungi diri Anda dari benda jatuh dengan menutupi diri Anda dengan selimut dan bantal.
  5. Jika Anda berada di luar, pergilah ke tempat terbuka yang jauh dari pepohonan, tiang telepon, dan bangunan, lalu diamlah di sana.

Sumber Daya Tambahan

 

Demikianlah Beberapa Tips Agar Kita Tetap Aman Ketika Dan Saat Gempa Bumi Terjadi. Terima kasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat. Selamat beraktivitas kembali.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

tips keselamatan, tips keamanan, Gempa Bumi