Skip to main content
Ilustrasi Pemakaman Jenazah di Liang Kubur

Hakikatnya, Tidak Ada Dunia Yang Nantinya Kita Bawa Mati

Punya makanan enak berbagai macam, tetap saja yang dapat kita nikmati hanya sebatas isi perut.

Punya mobil banyak berjejer, tetap saja hanya satu mobil yang dapat kita pakai bepergian.

Punya rumah luas dan mewah, tetap saja hanya sepetidak kamar yang kita perlukan untuk istirahat.

Punya baju di lemari berbagai model, tetap saja hanya sepasang yang dapat kita pakai.

Iklan Afiliasi

Inilah kenikmatan dan kesenangan dunia, Semua tidak mungkin kita raih, Semua terbatas, Semua sementara, semua tidak ada yang abadi.

Harta, Pangkat, Jabatan, Popularitas, Gelar dan semua kemewahan yang melekat pada diri kita pada masanya pasti akan kita tinggalkan.

Dan pada akhirnya kita semua sama.

Saat usia 60 tahun, "CANTIK DAN JELEK, SAMA SAJA". Karena tidak peduli seberapa cantiknya anda, di usia itu kerutan, darkspot, kulit kendur, tidak bisa terus anda sembunyikan meski anda tutupi dengan Gincu dan Bedak.

Saat usia 70 tahun, "POSISI ATASAN DAN BAWAHAN" sama saja. Karena setelah semua Pensiun, tidak ada lagi Bos atau Bawahan.

Saat usia 80 tahun, "RUMAH BESAR DAN KECIL sama saja". Karena tulang sendi lutut dan kaki semakin renta, semakin sulit untuk bisa bergerak. Ketika itu, anda cuma butuh ruang kecil untuk bisa duduk.

Saat usia 90 tahun, itupun jika kita masih hidup, "PUNYA MAKAN ENAK DAN MAKANAN BIASA sama saja". Karena saat itu anda tidak lagi bisa menikmati Steak yang lezat, gulai, rendang, dll, karena gigi mulai copot, makan banyak pantangannya, perut tidak lagi bisa dimasuki banyak makanan, Lidah sudah tidak punya rasa, dan anda tidak bisa lagi ke tempat dimana Anda bisa menghabiskan uang anda selain lebih memilih duduk di rumah.

Dan saat ajal tiba, "KAYA DAN MISKIN sama saja". Karena tidak satupun dari harta benda yang kita miliki dapat kita bawa. Anda hanya akan memakai Kain Kafan dan tidur beralaskan tanah dengan ukurannya yang sempit dan seadanya.

Oleh karena itu semasa hidup jangan SOMBONG atas apa yang kita MILIKI, karena kita akan berakhir SAMA, dan jangan terlalu lalai mengejar DUNIA, karena PADA AKHIRNYA anda tidak akan membawa APA-APA.

Kecuali hanya amal shalih yang akan kita bawa sebagai bekal di akhirat nanti.

Semoga bermanfaat.

Dikutip dan sedikit diedit dari tulisan di akun instagram @habibiequotes_

Artikel Terkait

MOD_TAGS_SIMILAR_NO_MATCHING_TAGS

 

@habibiequotes

  • Hits: 427