Skip to main content
Ilustrasi Rumah Mungil

13 Ide dan Inspirasi Desain Bergaya untuk Rumah Mungil Berkelanjutan

Apakah Anda sedang mencari inspirasi tentang bagaimana sudut kecil Anda dapat terlihat? Tidak perlu mencari lagi, karena kami telah mengkurasi pilihan rumah mungil terbaik. Pilihlah berbagai denah persegi, bentuk, bahan, desain, detail eksterior dan interior, dan dekorasi. Kami sangat berharap salah satu dari desain rumah mungil ini akan menginspirasi dan memicu kreativitas Anda!

Iklan Afiliasi

DAFTAR ISI

Iklan Afiliasi

Yurt Zen

tiny house 01

Yurt yang nyaman ini memiliki desain yang sederhana dan menenangkan dengan tata letak melingkar. Karena yurt memiliki dinding dan atap, mereka cocok untuk iklim dingin. Yurt ini juga dilengkapi dengan insulasi yang tebal dan penutup yang dapat disesuaikan di bagian tengah yang dapat dibuka. Sempurna untuk bersantai, bermeditasi, dan menikmati liburan atau liburan singkat di luar ruangan. Suasana yurt sangat ideal untuk pecinta alam, hippies, dan penggemar aktivitas luar ruangan.

Kemah Indian (Tipis) YangMenawan

tiny house 02

Struktur tipis didasarkan pada bentuk kerucut yang dibentuk oleh tiang-tiang kayu yang dilapisi dengan kulit binatang atau kanvas. Sebuah lubang api dapat ditempatkan di dalamnya, karena tipis memiliki dua penutup di bagian atas yang dapat disesuaikan untuk mengontrol aliran udara dan arah asap.

Sudut kecil yang indah ini cocok untuk iklim hangat. Tipis tidak membutuhkan banyak tempat dan lebih mudah untuk diangkut dan dipasang daripada yurt. Sangat cocok untuk para penjelajah yang hanya membutuhkan sedikit kenyamanan.

Rumah Trailer Yang Ringkas

tiny house 03

Apakah Anda pernah bermimpi tentang kebebasan total? Rumah mungil di atas roda akan memungkinkan Anda untuk bepergian sendiri. Di suatu pagi, Anda bisa bangun di hutan, dan di penghujung hari, Anda bisa mencapai laut dan menyaksikan matahari terbenam.

Rumah mobil mungil sangat nyaman, dengan ruang tamu mini, tempat tidur yang nyaman, dapur, dan kamar mandi. Pilihan sempurna bagi mereka yang lebih suka bepergian dengan sangat nyaman.

Eco-Pod

tiny house 04

Eco-pod adalah jenis akomodasi glamping yang dirancang agar ramah lingkungan dan nyaman. Biasanya terbuat dari bahan alami dan memiliki bentuk melingkar atau kerangka A, hanya satu lantai, dinding jendela, dan dek. Bahkan bisa juga dilengkapi dengan tempat memanggang atau bak mandi air panas!

Pod menawarkan cara unik untuk menikmati alam sambil memiliki fasilitas seperti tempat tidur ganda, kamar mandi, dapur, dan perapian. Jadi, ini sangat ideal bagi mereka yang menginginkan pengalaman menginap di luar ruangan yang nyaman dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.

Kabin di dalam Hutan

tiny house 05

Kabin kayu bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk rumah mungil, menyediakan ruang hidup yang nyaman dan pedesaan dalam suasana alami. Ini adalah rumah permanen, rumah kayu bakar dengan perapian, gaya kabin kayu, kamar tidur loteng, beranda, penyimpanan dengan semua yang diperlukan, dan fasilitas lainnya.

Anda bisa mendesain dan mengecat kabin kayu khusus Anda dengan warna favorit Anda. Namun, hal ini juga membutuhkan perencanaan, persiapan, dan eksekusi yang matang.

Rumah Kubah

tiny house 06

Rumah Kubah adalah istilah yang dapat merujuk pada berbagai jenis struktur berbentuk kubah yang digunakan sebagai tempat tinggal. Rumah kubah dapat dirancang agar hemat energi dan tahan lama, dengan menggunakan berbagai bahan, seperti kayu, logam, beton, busa, atau beton udara. Jika Anda memimpikan ruang yang kecil, Anda bisa membangun kubah kecil, dan sebaliknya. Rumah yang berbentuk indah ini terlihat berharga di alam.

Rumah Pohon

tiny house 07

Pernahkah Anda memiliki rumah pohon di halaman belakang saat kecil? Tidak? Anda bisa mengisi kekosongan itu dengan membangunnya sendiri. Strukturnya yang menyelimuti pohon dan menjulang tinggi dari tanah memberikan perasaan seperti burung terbang. Ada banyak jenis rumah pohon, mulai dari platform sederhana hingga kabin mewah, tergantung pada desain, bahan, dan fasilitasnya. Ini adalah pilihan yang indah untuk rumah atau liburan jangka panjang!

Truk yang Digunakan Kembali

tiny house 08

Rumah mobil mungil menawarkan solusi unik bagi mereka yang mencari gaya hidup yang lebih minimalis. Tidak seperti rumah tradisional, rumah-rumah kecil ini tidak memerlukan pondasi - namun tetap menyediakan semua fasilitas. Truk yang digunakan kembali adalah konsep rumah yang mengubah truk tua atau tidak terpakai menjadi ruang hidup yang fungsional dan nyaman. Rumah mungil beroda ini memungkinkan Anda untuk bepergian dan berpindah tempat.

Rumah Kaca

tiny house 09

Rumah kaca ini berbentuk persegi panjang dan memiliki jendela besar di semua sisinya, bahkan di langit-langitnya. Jendela ini memungkinkan cahaya alami masuk, sempurna untuk menanam tanaman di dalamnya. Tirai berinsulasi akan ideal untuk mengatur suhu dan memberikan privasi.

Interior rumah kaca dilengkapi dengan tempat tidur loteng, dapur kecil, kamar mandi, dan ruang tamu yang lapang dengan desain minimalis. Pertimbangkan untuk membuat Taman Inggris di halaman belakang rumah Anda untuk mengaburkan batas-batas dalam dan luar ruangan.

Pondok Bawah Tanah

tiny house 10

Ini adalah konsep rumah kecil yang sebagian terkubur di bawah tanah dengan fasad kayu dan atap runcing. Rumah ini memiliki atap skylight yang memberikan cahaya alami dan udara segar. Rumah ini dapat dibangun dengan bahan ramah lingkungan dan beton yang dilapisi dengan membran tahan air. Rumah bawah tanah membutuhkan sistem pemanas dan ventilasi udara. Tata letaknya ringkas dan fungsional dengan kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan semua fasilitasnya.

Rangka-A

tiny house 11

Rumah mungil A-frame memiliki bentuk segitiga dan atap besar yang menutupi dinding dan lantai. Rumah A-frame biasanya memiliki jendela besar di bagian depan dan belakang. Rumah ini dapat dibangun dari berbagai bahan; namun, sering kali dirancang dengan kesederhanaan dan keberlanjutan. Rumah ini memiliki tata letak yang ringkas dan fungsional dengan ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan fasilitas lainnya.

Studio Kontainer

tiny house 12

Rumah kecil ini adalah sebuah kontainer yang disulap menjadi ruang studio yang nyaman dan fungsional. Studio kontainer dapat memiliki jendela besar atau pintu kaca yang memungkinkan cahaya alami dan udara segar masuk.

Kemudian digunakan dengan bijak, tata letak yang ringkas dan fungsional dapat mengakomodasi ruang tamu yang lucu, loteng tidur, dapur, dan sudut dengan meja kerja dan kursi. Studio kontainer kuno ini sangat ideal bagi mereka yang menginginkan tempat kerja yang portabel, ramah lingkungan, dan terjangkau, serta menikmati kesendirian di alam.

Rumah Tongkol yang Berkelanjutan

tiny house 13

Rumah tongkol adalah tempat tinggal unik yang terbuat dari tongkol, campuran tanah liat, pasir, dan jerami yang dibentuk dengan tangan ke dalam berbagai bentuk dan desain, termasuk lekukan, lengkungan, dan bentuk-bentuk organik, menjadikannya bahan bangunan yang ramah lingkungan dan alami.

Jika Anda membangun atap yang baik, rumah tongkol akan tahan lama dan bertahan hingga ratusan tahun. Terisolasi dan tahan api, rumah tongkol mudah dibuat dengan biaya rendah. Ini adalah contoh sempurna bagaimana bumi dapat digunakan untuk mendukung kehidupan yang berkelanjutan.

Iklan Afiliasi

Demikianlah 13 Ide dan Inspirasi Desain Bergaya untuk Rumah Mungil Berkelanjutan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Selamat melanjutkan aktivitas Anda kembali.

Sumber: Bored Panda (28 September 2023)

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami mungkin memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami.

Ikuti juga kami di Google News untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

Tips DIY Rumah, Rumah Mungil