Skip to main content
Ilustrasi Rumah Mungil

Rumah Mungil: Ide Desain untuk Menciptakan Ruang Ideal Berkelanjutan

Beberapa desain rumah mungil pertama dalam sejarah adalah yurt Mongolia dan rumah tipis Amerika, gerakan rumah mungil modern dimulai pada tahun 1970-an. Gerakan ini dimulai oleh para seniman dan penulis seperti Allan Wexler, Lloyd Kahn, dan Lester Walker, yang mempromosikan hidup di ruang yang ringkas dan sederhana. Pada tahun 2000-an, gerakan rumah mungil semakin populer. Gerakan ini diorganisir dengan dibentuknya Small House Society oleh Jay Shafer, Nigel Valdez, Gregory Paul Johnson, dan Shay Salomon.

Iklan Afiliasi

Mereka bertujuan untuk membawa gerakan akar rumput ke dalam arus utama. Berhasil, dalam beberapa dekade terakhir, rumah mungil menjadi semakin populer di kalangan pembeli dan pembangun rumah karena meningkatnya kebutuhan akan keberlanjutan. Ada banyak ruang untuk diskusi tentang bagaimana bangunan besar masuk ke dalam kategori rumah mungil. Namun, kisaran standarnya adalah antara 100 dan 500 kaki persegi (9,2 dan 46,4 meter persegi).

Ada berbagai struktur dengan ukuran ini, seperti yurt, tipis, kabin, kontainer, rumah pohon, dan rumah beroda, yang memberi kita kemewahan dan kebebasan untuk bepergian. Apakah Anda memimpikan rumah yang lengkap dan nyaman dengan harga murah? Jika Anda membutuhkan pro dan kontra serta ide desain rumah mungil untuk membantu Anda memutuskan tinggal di rumah mungil, Anda berada di tempat yang tepat. Mari jelajahi semua itu dan banyak lagi!

DAFTAR ISI

Apa itu Filosofi Rumah Mungil? Rumah Mungil yang Luar Biasa

Dalam beberapa tahun terakhir, ketika konsumsi telah meningkat, banyak orang mulai merasa perlu untuk merangkul pendekatan "lebih sedikit lebih banyak", yang membantu mengurangi jejak manusia di bumi. Terkait hal itu, filosofi rumah mungil yang luar biasa menggambarkan gaya hidup hijau yang merangkul kesederhanaan, kebebasan, dan keselarasan dengan alam. Hal ini didasarkan pada gagasan bahwa Anda dapat merampingkan ruang hidup dan memaksimalkan kenyamanan dengan membangun rumah mungil yang modern, efisien, dan berkelanjutan.

Jadi, apa saja keuntungan membangun rumah mungil?

Mobilitas.

Rumah mungil tanpa pondasi bisa diangkut dengan truk dan dipindahkan ke lokasi baru. Selain itu, rumah mungil beroda dapat dibawa ke mana pun Anda ingin menghabiskan liburan atau jika Anda ingin pindah tempat tinggal.

Biaya.

Tinggal di rumah mungil dapat menghemat biaya konstruksi, hipotek, tagihan, dan pemeliharaan. Hal ini dikarenakan rumah mungil lebih kecil dan sederhana dibandingkan rumah konvensional, sehingga membutuhkan lebih sedikit bahan, tenaga kerja, dan waktu untuk membangunnya.

Keberlanjutan.

Rumah mungil lebih ramah lingkungan. Tinggal di rumah seperti ini dapat mengurangi jejak karbon, konsumsi energi, penggunaan air, dan produksi limbah, sekaligus menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan. Rumah mungil juga dapat dibangun dari bahan yang ramah lingkungan dan memiliki panel surya terintegrasi dan fitur rumah pintar lainnya.

Iklan Afiliasi

Perawatan.

Rumah mungil membutuhkan lebih sedikit perawatan, sehingga mendorong gaya hidup yang lebih sederhana dan terencana. Hal ini memberi Anda lebih banyak waktu luang untuk fokus pada hal-hal yang paling penting bagi Anda, seperti hubungan, pengalaman, dan pertumbuhan pribadi.

Orang-orang yang mengikuti filosofi rumah mungil sering tinggal di rumah kecil, ramah lingkungan, rumah mobil yang dirancang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Mereka tidak hanya mengurangi konsumsi mereka tetapi juga berusaha untuk hidup lebih otentik. Namun, meskipun rumah mungil menawarkan banyak keuntungan, seperti halnya di bidang lain, kerugian juga ada.

Apa Saja Masalah Terbesar dengan Rumah Mungil?

Rumah mungil telah menjadi tren yang populer karena harganya yang terjangkau, mobilitas, dan manfaat keberlanjutannya. Namun, sebelum memutuskan untuk tinggal di salah satu rumah ini, penting untuk mengetahui tantangan yang menyertainya.

Pembatasan zonasi.

Banyak kota memiliki peraturan zonasi yang mengatur ukuran, lokasi, dan tampilan rumah. Rumah mungil mungkin harus memenuhi persyaratan minimum untuk ruang hidup, utilitas, atau keamanan. Anda mungkin harus berurusan dengan izin, inspeksi, biaya, atau denda untuk membangun atau memarkir rumah mungil Anda secara legal.

Kurangnya privasi.

Tinggal di rumah mungil bisa menjadi tantangan jika memiliki ruang terbatas dan tidak memiliki kamar terpisah. Hal ini bisa menyulitkan untuk menjaga privasi, terutama saat berbagi ruang dengan orang lain. Akibatnya, Anda mungkin harus berkompromi dengan ruang pribadi dan kenyamanan Anda.

Kontrol suhu.

Rumah mungil membutuhkan insulasi dan ventilasi yang tepat agar tetap nyaman dalam berbagai kondisi cuaca. Sumber energi alternatif seperti panel surya atau tangki propana dapat menyalakan sistem pemanas atau pendingin. Menyesuaikan gaya hidup Anda mungkin juga diperlukan untuk beradaptasi dengan perubahan suhu.

Ruang yang sempit

Banyak denah rumah mungil biasanya dirancang sempit, sehingga Anda hanya memiliki sedikit ruang untuk penyimpanan. Ada banyak kemungkinan desain untuk menciptakan ilusi ruang. Namun, tetap saja, Anda membutuhkan lebih banyak ruang untuk menyimpan barang-barang penting. Pertimbangkan untuk menggunakan furnitur multifungsi, ruang vertikal, atau unit penyimpanan eksternal.

Iklan Afiliasi

Berapa Harga Rumah Mungil?

Jika Anda sedang mempertimbangkan ide untuk membangun rumah mungil, Anda mungkin ingin tahu berapa biaya pembangunan rumah mungil. Biaya pembangunan rumah mungil tergantung pada banyak faktor, seperti luas, jenis, desain, bahan, tenaga kerja, dan perizinan.

Menurut Home Guide, biaya pembangunan rumah mungil berkisar antara $30.000 hingga $60.000, namun bisa sangat bervariasi tergantung pilihan Anda. Beberapa rumah mungil dapat berharga hingga $150.000 dan sesedikit $8.000. Bahan-bahan organik dan bersumber secara lokal serta tenaga surya dapat mengurangi biaya konstruksi dan pemeliharaan.

Ingin Tahu Tentang Kehidupan Mungil? Dapatkan Jawaban untuk Pertanyaan Umum!

Jika Anda penasaran dengan tiny living dan ingin belajar lebih banyak tentangnya, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Kami telah menyusun daftar pertanyaan yang sering diajukan mengenai hunian mungil dan menyertakan beberapa sumber daya dan tips yang dapat Anda manfaatkan.

Mengapa Orang Memilih Rumah Mungil?

Rumah mungil adalah pilihan gaya hidup yang memiliki banyak manfaat dan tantangan. Orang-orang memilih rumah mungil untuk menghemat uang, menggunakan ruang dan sumber daya secara efisien, ramah lingkungan, dan hidup minimalis. Hidup dengan rumah mungil dapat membantu orang untuk merapikan dan menambah kebahagiaan dan kesederhanaan dalam hidup mereka.

Bisakah Anda Benar-Benar Tinggal di Rumah Mungil?

Saat membangun, Anda bisa memanfaatkan rumah mungil secara maksimal. Hidup penuh waktu bisa cocok jika Anda mendesainnya seperti itu. Tentu saja, itu hanya cocok untuk beberapa orang, karena Anda harus mengatasi beberapa tantangan. Anda harus menemukan tempat untuk menempatkan rumah mungil Anda secara legal. Anda juga akan dipaksa untuk merampingkan barang-barang Anda.

Berapa Lama Kebanyakan Orang Tinggal di Rumah Mungil?

Gerakan rumah mungil sudah ada sejak lama, sehingga banyak orang yang telah membuktikan kemungkinan tinggal dengan nyaman di tempat yang kecil untuk waktu yang lama. Umur rata-rata rumah mungil adalah antara 10 hingga 30 tahun, dan lebih dari 50% pemilik rumah mungil telah tinggal di rumah mereka selama 1-4 tahun, sementara sekitar 27% telah tinggal lebih dari 4 tahun.

 

Demikianlah Sekilas Informasi Tentang Rumah Mungil. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat. Selamat melanjutkan aktivitas Anda kembali.

Sumber: Bored Panda (28 September 2023)

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

Tips DIY Rumah, Rumah Mungil