Skip to main content
Ilustrasi Penipuan Dalam Perjalanan (2/6). Sumber: protectedtrustservices.com

42 Penipuan Yang Umum Menyasar Wisatawan Dan Cara Menghindarinya (2/6)

Globalisasi telah membuka keran perjalanan internasional secara menakjubkan. Dengan meredanya pandemi COVID-19 di seluruh dunia dan kembali dibukanya perbatasan, semakin banyak negara berinvestasi di sektor pariwisata mereka. Dengan maraknya pariwisata mirisnya juga terjadi peningkatan tindak pidana penipuan perjalanan, yang menyasar para wisatawan internasional.

Bagi kebanyakan orang, penipuan perjalanan dapat merusak seluruh rencana liburan mereka dan menimbulkan kesan negatif pada citra negara tujuan wisata mereka. Hal ini dapat dilihat mengejutkan ketika satu atau beberapa penipuan ada di negara ini, tetapi sebenarnya cukup umum.

Tetapi dengan begitu banyaknya modus penipuan, tentu menarik untuk melihat jenis penipuan saja yang umum menyasar para wisatawan internasional dan bagaimana tips-tips untuk menghindarinya.

Iklan Afiliasi

DAFTAR ISI (BAGIAN 2 DARI 6 ARTIKEL)

VIII Meteran Taksi Yang Rusak

8 meter taksi yang rusak

Penipuan ini sering digunakan oleh supir taksi di dekat bandara dan stasiun kereta, tetapi bisa terjadi di mana saja. Setelah taksi mulai berjalan, pengemudi akan mengatakan bahwa meteran rusak dan membebankan biaya yang tidak masuk akal.

Cara menghindarinya:

Setujui tarif terlebih dahulu atau periksa apakah meteran berfungsi sebelum Anda masuk ke dalam mobil. Keluar dari taksi dan pilih pengemudi yang berbeda jika pengemudi tidak mau menyalakan meteran atau mengklaim akan lebih murah tanpa itu.

Tidak semua pengemudi taksi bekerja secara tidak jujur.

IX "Penolong Yang Ramah" Ketika Anda Menggunakan ATM

9 penolong yang ramah ketika anda menggunakan atm

Untuk membantu Anda menghemat biaya bank lokal, seseorang mendekati Anda di ATM. Untuk mencuri uang dari akun Anda nanti, yang sebenarnya ingin mereka lakukan adalah melihat Anda memasukkan nomor pin saat memindai kartu ATM Anda dengan pembaca kartu yang mereka bawa di saku.

Cara menghindarinya:

Menjauhlah dari orang lain ketika Anda akan menggunakan ATM, dan selalu gunakan tangan Anda yang lain untuk menutupi papan nomor saat Anda memasukkan kode pin. Segera keluarkan kartu Anda jika Anda mencurigai sesuatu, lalu cari ATM lain.

Iklan Afiliasi

X Penawaran Batu Permata, Karpet, Atau Barang Mahal Lainnya

10 penawaran batu permata karpet atau barang mahal lainnya

Seorang pria lokal menyebutkan bisnis sampingannya yang sukses dengan membeli jam tangan, perhiasan, berlian, karpet, atau barang-barang mahal dan berharga lainnya, lalu menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan besar di negara lain.

Dia menawarkan untuk menjelaskan bagaimana dia melakukannya dan mencoba menunjukkan Anda darimana dia mendapatkan barang tersebut. Fakta bahwa barang-barang ini palsu adalah masalah sebenarnya.

Cara menghindarinya:

Tidak peduli seberapa bagus penawarannya, hindari membeli barang mewah yang mahal saat bepergian ke luar negeri. Ingatlah selalu bahwa jika suatu tawaran tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang demikian.

XI Perempuan Lokal yang Genit

11 perempuan lokal yang genit

Ketika Anda pertama kali pergi ke negara baru, Anda menemukan bahwa wanita menarik di sana tampak tertarik kepada Anda. Salah satunya mengajak Anda keluar ke tempat hiburan. Namun, setelah kencan buta yang liar, wanita itu pergi dan Anda ditinggal dengan tagihan menggunung. Atau lebih buruk lagi, Anda dirampok hingga diculik.

Cara menghindarinya:

Bersikaplah skeptis terhadap wanita menarik yang mendekati Anda secara tidak biasa secara terbuka atau yang menunjukkan sikap tegas. Walaupun alamiah bagi setiap pria untuk senang didekati wanita cantik, jika ini jarang terjadi pada Anda, hampir pasti itu adalah penipuan.

XII Tindak Pencopetan Cepat Di Kerumunan Transportasi Massal

12 aksi pencopetan cepat di kerumunan transportasi massal

Saat Anda berada di kereta bawah tanah, pencuri berkerumun di sekitar Anda untuk naik atau keluar dari kendaraan dan mencopet dompet Anda. Modus lainnya adalah melompat dari bus saat pintu akan tertutup sambil mengambil dompet penumpang yang berdiri di dekat pintu.

Cara menghindarinya:

Cari tempat duduk yang jauh dari pintu keluar dan minimalkan akses ke saku dan dompet Anda.

Iklan Afiliasi

XIII Penipuan Akomodasi Liburan

13 penipuan rumah liburan

Saat ini, menghubungi pemilik akomodasi yang mengiklankan properti liburan mereka secara online sangatlah mudah. Tapi penipu juga mencoba untuk mendapatkan uang sewa Anda.

Ketika Anda tiba di rumah liburan yang telah Anda pesan, Anda mendapati bahwa orang lain telah memesan properti yang sama karena, "pemilik" menyalin iklan persewaan yang sebenarnya dan menganggapnya sebagai milik mereka.

Uang Anda hilang, dan Anda tidak punya tempat untuk bermalah. Modus lainnya adalah membuat daftar palsu untuk properti yang sebenarnya tidak ada atau sebenarnya tidak tersedia untuk disewa.

Cara menghindarinya:

Selalu hubungi pemilik properti secara langsung, dan pesan penginapan Anda hanya melalui situs web tepercaya.

XIV Salah Tempat Duduk Di Angkutan Umum

14 salah tempat duduk di angkutan umum

Pria berseragam datang dan meminta identitas Anda. Mereka memiliki buku catatan dan lencana resmi, sehingga tampak meyakinkan.

Mereka memberi tahu Anda bahwa Anda berada di kelas dan tempat duduk yang salah dan mereka meminta untuk melihat tiket Anda, tetapi mereka juga mengatakan Anda dapat tetap duduk disitu jika Anda membayar selisih biaya tiketnya.

Cara menghindarinya:

Lakukan penelitian kecil-kecilan sebelum bepergian. Tanyakan kepada loket tiket berapa biaya untuk berpindah kelas dan tempat duduk di kereta serta ketahui berapa biaya penuh tiket kelas termahal sebelum naik.

 

Penting untuk memperhatikan detail kecil sebelum melakukan aktivitas selama liburan. Penipuan kecil untuk bepergian bisa sangat sulit untuk diperhatikan. Terkadang, sesuatu yang murah dan diiklankan sebagai yang paling cantik hanyalah cara mencuri uang dari Anda.

Trik murahan hanya berhasil jika kita tertipu. Apakah orang asing ingin membantu Anda? Meskipun mereka mungkin melakukannya, jangan langsung menganggapnya sebagai sikap ramah. Sebaliknya, lihat dengan hati-hati dan pertimbangkan bagaimana itu bisa berubah menjadi sebuah tindak kejahatan.

Anda harus bersiap atas hal terburuk yang mungkin terjadi di perjalanan. Penting untuk mengetahui kemungkinan hasil yang menanti Anda ketika bertransaksi dengan penduduk lokal yang ramah. Sementara beberapa penipuan mungkin terlihat lebih jelas, yang lainnya tersamar di balik kata dan rayuan manis.

Punya pengalaman serupa? Atau ingin menambahkan modus lainnya? Yuk beri komentar di bawah ini.

 

Dikutip dan diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "42 Travel Scams To Watch Out For While Vacationing", oleh Viltė Domkutė dan Džiugas Ožekauskas.

 

Bersambung ke bagian ke-3

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

 

Bored Panda, Viltė Domkutė, Džiugas Ožekauskas, tips keamanan