Skip to main content
Ilustrasi Kunci Gembok Jendela

49 Tips Keselamatan Untuk Membantu Menghindari Situasi Berbahaya (1/7)

Kita tidak akan pernah bisa memprediksi masa depan atau apa yang akan terjadi besok. Kita hanya bisa menebak. Pepatah terkenal menyatakan, "Harapkan yang terbaik, tetapi bersiaplah untuk yang terburuk." Meskipun kita harus tetap berfikiran positif, namun bersiap untuk kemungkinan terburuk, bukan berarti kita bersikap pesimistis dalam hidup melainkan lebih berusaha menjadi realistis.

Orang yang terlalu mengkhawatirkan keselamatannya disebut sebagai paranoid. Namun, bukanlah sesuatu yang paranoid ketika kita mengikuti tips keselamatan untuk melindungi diri Anda sendiri. Berikut 49 tips keselamatan terbaik dan tips yang berpotensi menyelamatkan jiwa yang dirangkum dari berbagai sumber online untuk memberi Anda panduan komprehensif membantu melindungi diri, rumah, dan orang-orang yang Anda cintai: (Bagian 1 dari 7 tulisan)

DAFTAR ISI

Iklan Afiliasi

I. Jangan Melakukan Hal Bodoh Untuk Hasil Foto Yang Keren

01 jangan melakukan hal bodoh untuk foto

Nampaknya di era Instagram dan juga TikTok, banyak orang yang sering melakukan aktivitas berisiko hanya untuk mendapatkan like di media sosial atau menjadi viral. Mereka yang jatuh dari tebing hingga dilukai oleh binatang buas ketika mencoba mengambil foto yang "keren" semakin sering kita dengar.

Hindari melakukan aktivitas bodoh yang dapat membahayakan hidup Anda! Jangan berdiri di tepi tebing dalam keadaan berangin atau ketika tanahnya tidak stabil. Kemana pun Anda pergi, perhatikan tanda dan peringatan yang terpasang.

II. Angkat Benda Dengan Hati-hati

02 angkat benda dengan hati hati

Mungkin tidak dalam waktu beberapa tahun, tetapi suatu hari, punggung dan juga persendian Anda akan berterima kasih untuk itu. Alih-alih membungkuk di pinggang untuk mengambil benda, para ahli menyarankan untuk berjongkok dan menggunakan lutut Anda karena tidak melakukannya dapat membuat punggung Anda tegang dan meningkatkan risiko cedera.

Selain itu, selalu minta bantuan atau gunakan peralatan yang tersedia jika membutuhkan bantuan untuk membawa benda berat.

Iklan Afiliasi

III. Jangan Berlebihan Di Media Sosial

03 jangan berlebihan di media sosial

Orang sering berbagi foto liburan ketika berada jauh dari rumahnya. Bahaya yang mengintai, dalam hal ini, adalah pencuri bisa mengetahui Anda sedang tidak berada di rumah dan mungkin saja akan mencoba mencuri di rumah Anda.

Selain itu, hindari menanggapi undangan media sosial untuk pertemuan yang melibatkan semua orang yang tinggal di rumah Anda. Melakukan hal itu dapat memberi tahu orang jahat bahwa tidak ada orang yang akan berada di rumah Anda pada waktu tertentu.

IV. Protokol Orang Hilang

04 protokol orang hilang

Meskipun ini mungkin tampak masuk akal, Anda harus segera memberi tahu layanan darurat ketika seseorang dipastikan hilang. Seseorang tidak perlu pergi selama 24 jam bagi polisi untuk mulai mencari mereka. Masa tunggu adalah mitos.

Faktanya adalah, 24 jam pertama adalah waktu kritis untuk menemukan orang hilang. Oleh karena itu, semakin cepat polisi mendapat laporan, semakin cepat mereka dapat mulai bekerja untuk menemukan orang yang hilang tersebut.

V. Jangan Pernah Percaya Bahwa Panggilan Telepon Yang Dilakukan Ke Telepon Kamar Anda Di Sebuah Hotel Dilakukan Dari Dalam Hotel

05 ilustrasi telepon jadul

Misalnya, jika resepsionis menelepon telepon di kamar Anda untuk memberi tahu bahwa ada sesuatu yang harus diperbaiki di kamar Anda, ada sesuatu yang perlu dikirimkan kepada Anda, atau ada masalah dengan tagihan Anda, tutup telepon dan segera lakukan telepon balik ke resepsionis.

Panggilan yang "katanya" berasal dari dalam hotel mungkin saja tidak benar-benar dilakukan dari situ.

Iklan Afiliasi

VI. Matikan Fitur Lokasi Di Media Sosial

06 matikan geolokasi di media sosial

Penandaan lokasi aplikasi media sosial Anda harus dinonaktifkan. Sungguh, apakah Anda ingin semua orang mengetahui keberadaan Anda, di mana Anda pernah berada, dan lokasi persis pengambilan foto?

Gunakan keterangan untuk mendeskripsikan apa yang Anda lihat, tetapi cantumkan keterangan yang umum. Selain itu, hindari memberi tag lokasi rumah Anda atau di mana saja di sekitar dan jangan pernah menandai alamat rumah Anda.

VII. Kunci Jendela Di Lantai Dua Rumah Anda

07 kunci jendela lantai dua anda

Karena sebagian besar pemilik rumah cenderung tidak mengamankan jendela dan pintu di lantai atas mereka, perampok yang lebih suka memasuki properti melalui jendela lantai dua dikenal sebagai "pria lantai dua".

Jadi, sebelum meninggalkan rumah Anda, amankan dengan hati-hati titik masuk ke lantai dua. Anda mungkin ingin mengamankan tangga atau alat naik apa pun yang berada di luar rumah untuk mencegah perampok menggunakannya memasuki rumah Anda.

 

Dikutip dan diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "50 Safety Tips To Help Steer Clear Of Dangerous Situations" oleh Aivaras Kaziukonis dan Violeta Lyskoit.

 

Berlanjut ke bagian 2

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

 

Bored Panda, tips keselamatan, Violeta Lyskoit, Aivaras Kaziukonis

  • Hits: 261