Skip to main content
Ilustrasi Raised Bed Gardening. Sumber: fineveto.com

12 Buah dan Sayur Mudah Tumbuh Dan Dirawat Bagi Pekebun Pemula (1/2)

Daya tarik sayuran rumahan melampaui rasanya yang lezat, karena tidak mengandung bahan kimia sintetik berbahaya dan menawarkan nilai gizi yang unggul dibandingkan alternatif yang dibeli di toko. Jika Anda ingin memulai perjalanan menanam sayuran Anda sendiri, disarankan untuk memulai dengan tanaman yang paling mudah. Hal ini memastikan keberhasilan yang lebih tinggi dan panen hasil bumi yang lezat.

Pengaturan waktu sangat penting dalam mencapai hasil yang menguntungkan, karena tanaman yang berbeda tumbuh subur di bawah kondisi iklim dan suhu tertentu. Menguasai pengetahuan ini sangat penting untuk menghindari kesalahan umum pemula.

Untuk membantu Anda dalam usaha ini, berikut adalah 12 sayuran termudah yang dapat Anda tanam dengan mudah di rumah.

DAFTAR ISI (Bagian 1 dari 2 Tulisan)

Salad Hijau

salad greens compressed

Menumbuhkan sayuran salad menawarkan keuntungan luar biasa karena tidak memerlukan ruang taman tradisional. Hanya dengan nampan tanah dan ambang jendela yang cerah, Anda dapat dengan mudah menanam daun selada segar yang melimpah.

Iklan Afiliasi

Taburkan benih ke dalam kompos, pastikan perawatan yang tepat, dan dalam rentang waktu tiga hingga empat minggu, Anda akan menikmati tanaman rumahan Anda sendiri.

Untuk daun salad di luar ruangan, Anda memiliki beberapa pilihan: kotak jendela, tempat tidur yang ditinggikan, wadah teras, atau langsung di tanah.

Dengan menabur benih lain secara berkala setiap dua hingga tiga minggu dan memanen daun individu secara selektif, Anda dapat memperpanjang musim tanam dan terus menikmati pasokan sayuran segar yang berlimpah.

Lobak

radishes compressed

Jika Anda seorang pekebun pemula yang mencari awal yang mudah, mempelajari cara menanam lobak adalah pilihan yang tepat. Tanaman ini tumbuh sangat cepat, dan rasa pedasnya menambah keunikan yang menyenangkan pada banyak hidangan.

Lobak menunjukkan perkecambahan yang baik saat langsung disemai ke tanah, dan dalam waktu sebulan atau bahkan kurang, lobak siap dipanen.

Meskipun lobak tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, akar kecil yang kuat ini juga dapat mentolerir area teduh, menunjukkan kemampuan beradaptasi mereka.

Lobak juga merupakan pilihan ideal bagi tukang kebun pemula karena ketahanannya terhadap hama dan kemampuannya terhadap kondisi dingin.

Zukini

zuccini homegrown compressed

Terkenal sebagai salah satu sayuran termudah untuk ditanam di rumah, zucchini menghadirkan pengalaman berkebun tanpa repot.

Mereka membanggakan ketahanan yang luar biasa terhadap hama alami dan menawarkan hasil berlimpah yang seringkali melebihi harapan sebagian besar tukang kebun.

Sayuran serbaguna ini tumbuh dengan mudah dari biji, yang lebih besar dari biji sayuran lainnya, membuatnya lebih mudah ditangani dan ditanam.

Iklan Afiliasi

Ketika menanam zucchini, Anda bisa mulai dengan bibit pot atau langsung menabur ke tanah. Apakah Anda memilih wadah besar, tanah kebun di dalam tanah, atau kotak raised bed, pastikan lokasi yang dipilih menyediakan ruang yang cukup untuk tanaman zucchini tumbuh subur.

Zucchini tumbuh subur di tanah kompos yang baik, jadi pastikan untuk memberi mereka tanah yang kaya nutrisi. Dianjurkan untuk menanam zucchini dengan jarak 1 - 2 meter, membiarkan setiap tanaman berjemur di tanah yang hangat dan menerima banyak sinar matahari.

Bit

fresh beet compressed

Bit, juga dikenal sebagai akar bit, merupakan tambahan yang menyenangkan untuk kebun sayur mana pun. Sayuran yang padat dan bersemangat ini menawarkan daya tarik visual dan pertumbuhan bebas masalah, menjadikannya harus dimiliki di kebun Anda.

Untuk menanam sayuran berwarna ini, sebaiknya menanam benih di lokasi yang cerah. Tanam benih pada kedalaman 1.5 cm, beri jarak kira-kira 3 - 6 cm dalam barisan yang jaraknya sekitar 30 cm.

Saat bit tumbuh, tipiskan bibit, sisakan jarak tiga hingga empat inci di antara setiap tanaman untuk memastikan perkembangan yang sehat.

Kesabaran adalah kunci saat menanam bit, karena membutuhkan sekitar dua bulan untuk mencapai kematangan.

Anda akan tahu bahwa mereka siap untuk dipanen ketika akarnya menonjol di atas permukaan tanah, dengan penuh semangat menunggu untuk dimasukkan ke dalam resep masa depan Anda.

Jangan abaikan daun bit juga, karena mereka menawarkan tambahan rasa yang enak dan bergizi untuk aneka sajian tumis dan kreasi kuliner lainnya.

Kacang polong

harvesting peas kacang polong compressed

Kacang polong adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang tinggal di daerah dingin atau lembab. Kacang polong menawarkan berbagai pilihan, termasuk kacang polong kupas, kacang polong jepret gula, dan mangetout renyah.

Iklan Afiliasi

Menanam kacang polong adalah proses yang mudah – tabur benih kacang Anda langsung ke tanah kapan saja antara bulan Maret dan Juni.

Sangat penting untuk mendukung tanaman panjat ini menggunakan kawat ayam dan tongkat.

Kacang polong Anda akan siap untuk dipetik dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan, biasanya dari bulan Juni hingga Agustus.

Aspek yang menarik dari menanam kacang polong adalah semakin banyak Anda memanen, semakin banyak mereka akan terus berproduksi!

Kacang polong dikenal karena pertumbuhannya yang cepat dan perkecambahannya yang mudah, memastikan panen yang melimpah sebelum Anda menyadarinya.

Nikmati kepuasan menyaksikan tanaman kacang Anda tumbuh subur dan nikmati hadiah dari polongnya yang lembut dan beraroma.

Kentang

harvesting potatoes kentang compressed

Menanam kentang sangat mudah ketika Anda memilih metode yang nyaman untuk menanamnya di tas atau bak besar di teras Anda.

Untuk memastikan pertumbuhan yang sukses, lindungi tanaman Anda dari embun beku dan tanam mulai bulan Maret.

Kentang dapat bertunas dan bahkan mulai tumbuh secara mandiri seolah-olah ingin bergabung dengan petualangan berkebun Anda.

Saat menanam kentang, biasanya menggunakan kentang benih — kentang biasa dipilih secara eksplisit karena sifatnya yang bebas penyakit dan cocok untuk menanam tanaman baru.

Namun, kentang yang dibeli di toko juga bisa ditanam jika Anda ingin bereksperimen.

 

Bersambung ke bagian dua...

 

Diterjemahbebaskan dari artikel berjudul, "12 Easy Vegetables to Grow at Home Even if You Have No Idea What You’re Doing", 12 Mei 2023, oleh Melissa Pino.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

 

Tips DIY Rumah, Tips Berkebun