Skip to main content

Menantang Adrenalin Dengan Rafting Di Sungai Ciberang, Banten

 

Paket Rafting Ciberang mengandalkan sungai yang terletak di Lebak Banten, yaitu di Kampung Muhara, Cipanas, Lebak Banten dengan jalur pengarungan untuk golongan umum yang sebenarnya masih bisa lebih panjang dari 14 - 15 KM dan setelah melewati 10 KM sejak start pengarungan maka medannya kurang menantang dan kurang menarik. Sebenarnya ada jalur / area yang jeramnya lebih dahsyat lagi tapi area itu hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah punya jam terbang tinggi.

image klasifikasi arung jeram

Dengan klasifikasi jeram kelas 2-3, menurut standard Federasi Arum Jeram (FAJI) kegiatan rafting di Ciberang sangat cocok untuk liburan keluarga maupun adventure.

Iklan Afiliasi

Untuk kondisi debit air sungai Ciberang tidak terlepas dari kondisi hutan alam dan hulunya, yaitu kawasan Taman Nasional Gunung Halimun yang saat ini masih cukup terjaga, sehingga sungai Ciberang ini dapat dimanfaatkan untuk wisata arung jeram sepanjang tahun baik kemarau maupun dimusim hujan.

image klasifikasi rafting

Sedangkan kawasan yang dimanfaatkan untuk wisata arung jeram sebagai besar masih alami namun bentangan tepian sungai semakin lama banyak yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi dan pembangunan seperti pertanian, perumahan, pendidikan dan perladangan liar.

Pemandangan alami di rute sepanjang 10 kilometer itu menjadi daya tarik arung jeram di Sungai Ciberang, sehingga kita dapat memiliki kesempatan menyaksikan beragam aktivitas warga yang terlihat saat melintasi kampung demi kampung.

Di sekitar kampung Muhara terlihat warga yang menyeberangi sungai sambil memanggul sekarung gabah hasil panen dan senyum yang serta merta keluar dari warga di sekita bantaran sungai menunjukan keramahan khas di pedesaan.

 

ciberang, rafting anyer, rafting serang, rafting merak, outbound anyer, anyer outdoor

  • Hits: 1129