Skip to main content
Ilustrasi Teras Rumah. Sumber: ruangarsitek.id

Teras Rumah: Kelebihan dan Kekurangan, Serta Pemeliharaanya

Teras rumah dapat menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati udara segar di luar rumah, atau bahkan dapat dijadikan sebagai area untuk menanam tanaman atau tempat untuk berolahraga.

Selain itu, teras rumah juga dapat menambah nilai estetika rumah dan meningkatkan nilai jual rumah di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan desain dan penggunaan teras rumah agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi penghuni rumah.

Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai kelebihan, kekurangan, dan berbagai hal lain yang perlu dipertimbangkan terkait dengan teras rumah.

DAFTAR ISI

Sejarah Teras Rumah

sejarah teras rumah

Di Indonesia, teras rumah sudah menjadi bagian dari arsitektur rumah tradisional sejak lama. Pada zaman kerajaan, teras rumah digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu, mengadakan pertemuan, atau bahkan sebagai tempat untuk mengadakan upacara keagamaan.

Terdapat berbagai jenis teras rumah di Indonesia, seperti teras joglo, teras limasan, dan teras bali.

Di luar Indonesia, teras rumah juga menjadi bagian dari arsitektur rumah tradisional di berbagai negara seperti Jepang, China, dan India. Di Jepang, teras rumah disebut engawa dan digunakan sebagai tempat bersantai dan menikmati pemandangan taman.

Sedangkan di China, teras rumah biasanya dibangun di bagian belakang rumah dan berfungsi sebagai tempat untuk mengeringkan baju dan sayuran.

Di India, teras rumah biasanya ditemukan di rumah-rumah tradisional dengan gaya arsitektur vernakular dan digunakan sebagai tempat untuk mengadakan pertemuan keluarga.

Dalam perkembangannya, teras rumah juga mengalami transformasi menjadi lebih modern dan memiliki berbagai fungsi, seperti teras yang digunakan sebagai tempat bersantai, teras yang difungsikan sebagai taman atap, hingga teras yang digunakan sebagai tempat untuk menaruh tanaman.

Cara Memilih Desain Untuk Teras Rumah

Memilih desain teras rumah adalah salah satu hal penting dalam membuat rumah yang nyaman dan indah. Berikut adalah beberapa cara memilih desain teras rumah yang tepat:

Sesuaikan dengan gaya arsitektur rumah Anda

1 sesuaikan dengan gaya arsitektur rumah anda

Pastikan desain teras rumah Anda sesuai dengan gaya arsitektur rumah, sehingga tercipta kesatuan dan harmoni antara bagian-bagian rumah.

Pertimbangkan fungsi teras rumah

2 pertimbangkan fungsi teras rumah

Pertimbangkan apa yang ingin Anda lakukan di teras rumah, apakah untuk tempat bersantai, menerima tamu, atau mengadakan pertemuan keluarga. Hal ini akan mempengaruhi desain teras yang Anda pilih.

Pilih bahan yang cocok

3 pilih bahan yang cocok

Pilih bahan yang cocok untuk teras rumah Anda, misalnya kayu, keramik, atau batu alam. Sesuaikan dengan kebutuhan dan gaya rumah Anda.

Perhatikan ukuran teras

4 perhatikan ukuran teras

Pastikan ukuran teras Anda cukup untuk keperluan Anda, tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Pastikan juga memiliki akses yang mudah dan cukup pencahayaan.

Gunakan warna yang sesuai

5 gunakan warna yang sesuai

Pilih warna yang sesuai dengan gaya dan selera Anda. Warna yang lembut dan natural biasanya cocok untuk teras rumah, namun Anda juga bisa mengkombinasikan dengan warna yang lebih cerah untuk memberikan kesan yang berbeda.

Tambahkan aksesoris yang sesuai

6 tambahkan aksesoris yang sesuai

Tambahkan aksesoris seperti kursi, meja, payung, atau tanaman yang sesuai dengan desain teras rumah Anda untuk memberikan kesan yang lebih menarik.

Demikianlah beberapa cara memilih desain teras rumah yang tepat. Ingatlah untuk mempertimbangkan fungsi, bahan, ukuran, warna, dan aksesoris untuk menciptakan teras rumah yang indah dan nyaman.

Cara Membersihkan Teras Rumah

cara membersihkan teras rumah

Membersihkan teras rumah adalah hal yang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah. Berikut adalah cara-cara membersihkan teras rumah:

Bersihkan debu dan kotoran dengan sapu atau penyedot debu. Usahakan untuk membersihkan debu dan kotoran setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu agar tidak menumpuk.

  1. Basahi teras dengan air. Gunakan air bersih dan usahakan untuk menyiram seluruh bagian teras hingga basah semua.
  2. Gunakan sabun pembersih untuk membersihkan noda membandel dan kotoran yang menempel di teras. Larutkan sabun atau deterjen dengan air dalam ember atau wadah lainnya, kemudian aplikasikan ke permukaan teras dan gosok dengan kuas atau kain lap.
  3. Keringkan teras dengan kain lap atau biarkan kering secara alami. Pastikan tidak ada genangan air di teras karena dapat menjadi sarang nyamuk dan serangga lainnya.
  4. Jaga kebersihan teras dengan menjaga agar tidak ada barang-barang yang berserakan di atasnya, dan membersihkan noda atau kotoran segera setelah terjadi.

Demikianlah beberapa cara membersihkan teras rumah. Jangan lupa untuk menggunakan alat dan bahan pembersih yang aman dan sesuai dengan jenis bahan teras rumah Anda.

Kekurangan dan Kelebihan Teras Rumah

Kekurangan

Rentan terhadap cuaca:

Teras rumah tidak selalu terlindungi dari cuaca seperti hujan, panas, dan angin. Jika tidak dirancang dengan baik, teras rumah dapat menjadi tempat yang tidak nyaman untuk ditinggali saat cuaca buruk.

Keamanan:

Teras rumah dapat menjadi masuknya pencuri ke dalam rumah, terutama jika tidak memiliki pagar atau dinding yang memadai.

Privasi:

Terkadang teras rumah dapat membuat penghuni merasa tidak nyaman karena kurangnya privasi. Hal ini terutama terjadi jika teras berada di depan jalan atau dekat dengan tetangga.

Kelebihan

Menambah nilai estetika:

Teras rumah yang dirancang dengan baik dapat menambah nilai estetika rumah. Hal ini dapat meningkatkan nilai jual rumah jika ingin dijual di masa depan.

Tempat bersantai:

Teras rumah dapat menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati udara segar di luar rumah.

Ruang tambahan:

Teras rumah dapat menjadi ruang tambahan untuk memenuhi kebutuhan penghuni rumah. Hal ini dapat berupa tempat untuk menaruh tanaman, alat olahraga, atau alat musik.

Penutup

Secara keseluruhan, teras rumah memainkan peran yang sangat penting dalam sebuah rumah. Dari fungsi estetika hingga kenyamanan dan fungsionalitasnya, teras rumah dapat memberikan manfaat yang besar bagi penghuni rumah.

Namun, seperti halnya bagian lain dari rumah, teras rumah juga memiliki kekurangan dan kelemahan yang perlu diperhatikan dalam perencanaannya.

Oleh karena itu, sebelum membangun atau merenovasi teras rumah, penting untuk mempertimbangkan segala hal yang relevan agar teras rumah dapat memberikan manfaat yang optimal bagi penghuninya.

Apakah itu menambah nilai estetika, memenuhi kebutuhan fungsional, atau menciptakan ruang yang nyaman untuk bersantai, teras rumah dapat menjadi salah satu bagian penting dari sebuah rumah yang lengkap dan menyenangkan untuk ditinggali.

 

Dikutip dari artikel berjudul, "Teras Rumah: Kelebihan dan Kekurangan, Serta Pemeliharaanya", 14 Maret 2023, oleh Fadhil Rahman.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

 

Desain Teras

  • Hits: 392