Skip to main content
Ilustrasi Peta Negara Brazil

8 Tujuan Wisata Terbaik untuk Dikunjungi di Brasil, Amerika Selatan

Terkenal sebagai rumah bagi salah satu tim sepak bola top dunia, Karnaval Rio de Janeiro dan Air Terjun Iguazu yang luar biasa, Brasil adalah tujuan wisata dunia yang menarik. Sebagai negara terbesar di Amerika Selatan, Brasil mencakup sebagian besar wilayah timur laut benua itu dan berbatasan dengan seluruh negaranya kecuali Chili dan Ekuador.

DAFTAR ISI

Iklan Afiliasi

8 Tujuan Wisata Terbaik Di Brasil

Dari hutan hujan Amazon di Utara hingga pantai tropis di sepanjang Atlantik hingga lahan basah Pantanal dan kota-kota metropolitan yang ramai di Tenggara, ada banyak tempat menarik untuk dikunjungi di Brasil.

Rio de Janeiro

Aerial View of Rio De Janeiro and Christ the Redeemer

Tidak ada destinasi di dunia yang lebih bersemangat dan menarik selain Rio de Janeiro. Di tenggara Brasil, Rio de Janeiro adalah kota yang paling banyak dikunjungi di Amerika Selatan karena pegunungan, pantai, dan festival Karnavalnya yang terkenal.

Rio de Janeiro terletak di salah satu pelabuhan terbesar di dunia, dikelilingi oleh atraksi alam, termasuk pegunungan Sugarloaf dan Corcovado serta pantai terkenal seperti Copacabana dan Ipanema.

Di dalam kota metropolitan yang luas ini terdapat Taman Nasional Tijuca, salah satu hutan kota terluas di dunia, yang penuh dengan flora dan fauna asli.

RIO DE JANEIRO - FEBRUARY 28, 2016: Active residents cycle on the bike lane next to the beachfront road Avenida Vieira Souto in Ipanema Beach, which is closed to vehicles on Sundays.

Landmark ikonik kota ini adalah patung raksasa Kristus Penebus di puncak gunung Corcovado. Bangunan penting lainnya termasuk benteng kolonial, bekas istana kepresidenan, dan Stadion Maracana, salah satu stadion sepak bola terbesar di dunia.

Sayangnya, kebanyakan orang juga mengenal Rio karena kejahatan dan favelanya. Favela adalah kawasan perumahan berkualitas rendah, permukiman kumuh yang biasanya terletak di banyak lereng pegunungan kota, dan berdampingan dengan lingkungan kelas menengah.

Janeiro adalah rumah bagi salah satu perayaan Karnaval terbesar di dunia, yang terkenal dengan parade, kostum, tarian, musik, kembang api, dan pesta jalanannya yang semarak. Di luar festival, kota ini ramai setiap malam dengan banyak bar dan klub dansa.

Foz do Iguacu

Foz do Iguacu

Salah satu keajaiban alam paling menakjubkan di dunia, Air Terjun Iguazu terletak di perbatasan Argentina-Brasil. Air terjun ini sering dibandingkan dengan Air Terjun Niagara dan Air Terjun Victoria, karena ukuran dan skalanya yang menakjubkan.

Dikelilingi oleh hutan hujan lebat, air terjunnya yang tak berujung membentang hampir tiga kilometer, menjadikannya sistem air terjun terluas di dunia.

Setiap detik, galon air yang tak terhitung banyaknya dari Sungai Iguazu mengalir melintasi Dataran Tinggi Parana, mengalir ke bebatuan dan kolam di bawahnya.

Meskipun 80 persen air terjun berada di Argentina, sisi Brasil menawarkan pemandangan paling spektakuler, dengan Devil’s Throat Canyon menjadi sorotan utama.

iguazu falls

Selain memandangi Air Terjun Iguazu dengan takjub dan gemuruhnya yang memekakkan telinga, pengunjung dapat naik perahu di bawah air terjun atau mendaki di hutan hujan beruap yang mengelilinginya.

Pintu gerbang menuju air terjun di sisi Brasil adalah Foz do Iguaçu, sebuah kota yang menonjol dan cukup aman menurut standar Brasil.

Salvador

salvador city

Kota Tua yang bersejarah, pantai yang indah, budaya yang semarak, dan salah satu perayaan Karnaval terbesar di dunia menjadikan Salvador salah satu tujuan wisata utama Brasil. Salah satu kota tertua di Amerika, Salvador adalah kota terbesar ketiga di Brasil dan ibu kota negara bagian Bahia.

Dulunya merupakan pusat utama perdagangan gula dan budak, Salvador saat ini masih menyimpan jejak sejarahnya di Pelourinho atau Kota Tua, yang menampilkan arsitektur kolonial, gereja-gereja menakjubkan, dan alun-alun tempat peristiwa-peristiwa penting pernah terjadi.

Di Old Quarter juga terdapat banyak restoran, bar, galeri seni, dan toko kerajinan tangan. Sebaliknya, distrik Kota Baru di Salvador adalah tempat semua perkembangan modern megaplex perbelanjaan, tempat hiburan, lapangan golf, dan lingkungan pemukiman berada.

salvador beach

Terletak di pantai Teluk All Saints, Salvador menawarkan pantai fantastis yang ideal untuk berjemur, berenang, dan berselancar. Beberapa yang paling populer termasuk Porto de Barra, Flamengo dan Stella Maris.

Salah satu daya tarik utama Salvador adalah perayaan Karnaval tahunannya. Diakui sebagai salah satu yang terbesar di dunia, acara mewah ini melibatkan musik, tarian, parade, kostum, dan pesta jalanan.

Iklan Afiliasi

Manaus

 manaus 1

Ibu kota negara bagian Amazonas di barat laut Brasil, Manaus merupakan tujuan wisata penting karena berfungsi sebagai pintu gerbang menuju hutan hujan Amazon.

Sebagai hasil dari berkembangnya industri karet di kawasan ini pada awal abad ke-20, Manaus saat ini menjadi wilayah metropolitan terbesar di Brasil Utara, yang memiliki landmark terkenal seperti Gedung Opera Amazonas, Pasar Adolpho Lisboa, dan Istana Rio Negro.

Brazil Manaus Amazonas boat sunset

Pelabuhan Manaus tidak hanya merupakan pusat komersial penting bagi beberapa industri manufaktur, namun juga berfungsi sebagai titik awal paling populer untuk wisata sungai menuju hutan hujan Amazon.

Hal yang paling mencolok dalam tur ini termasuk Air Terjun Paricatuba, Love Cascade dan sekilas Pied tamarin, monyet paling terancam punah di Brasil.

Pemandangan penting lainnya adalah Pertemuan Perairan, sebuah fenomena alam di mana dua sungai Negro dan Solimões mengalir berdampingan selama lebih dari tiga mil tanpa bercampur.

Selain hutan hujan dan sungai, Manus juga menawarkan taman umum, kebun raya, dan kebun binatang. Beberapa pantai juga ada di sini, seperti Ponta Negra, dengan beberapa restoran, bar, dan hotel.

Florianopolis

florianopolis

Ibu kota negara bagian Santa Catarina, Florianopolis, terletak di selatan Brasil, dengan separuh kotanya terletak di daratan dan yang lainnya di pulau yang indah.

Karena pemandangannya yang indah, tempat ini menjadi tujuan wisata yang trendi dan secara luas dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk tinggal di negara ini.

Sebagai pusat ekonomi, budaya, dan politik yang penting, Florianopolis adalah kota modern dengan banyak pusat perbelanjaan besar, restoran mewah, bar yang ramai, dan klub malam.

Meskipun demikian, ini adalah tempat yang indah dan santai, dan setiap lingkungan memiliki identitas yang berbeda.

Namun daya tarik utamanya adalah kekayaan pantainya yang menakjubkan.

Sambil bersantai sambil menikmati pemandangan indah yang menakjubkan, Florianopolis juga memiliki bukit pasir yang menakjubkan, air terjun yang berkilauan, dan pegunungan berhutan – serta laguna besar untuk dijelajahi pengunjung.

Mendaki dan bersepeda di sekitar 'Pulau Ajaib' (juga dikenal sebagai) adalah kegiatan yang populer, begitu pula paralayang dan olahraga air.

Pantanal

pantanal 1

Meliputi sebagian besar Brasil bagian barat dan sebagian Paraguay dan Bolivia, Pantanal adalah kawasan lahan basah tropis terbesar dan paling beragam di dunia.

Karena pemandangannya yang menakjubkan dan satwa liar yang luar biasa, kawasan ini semakin populer untuk dikunjungi, meskipun alamnya yang terpencil dan berair menimbulkan beberapa tantangan.

Sekitar 80 persen dataran banjir terendam selama musim hujan, sehingga satu-satunya cara untuk mencapainya adalah dengan pesawat atau perahu.

Dan kondisi itu sangatlah berharga; rawa-rawa dan padang rumput yang tak berujung adalah rumah bagi beragam fauna dan flora yang menakjubkan.

Capybara and heron  Wetland, MT, Brazil

Selain menjelajahi pemandangan indah mulai dari rawa dan sabana hingga danau, hutan, dan lahan basah, pengunjung juga akan melihat banyak caiman dan kapibara.

Puncak dari setiap perjalanan adalah melihat jaguar Amerika Selatan; Pantanal adalah tempat terbaik di benua ini untuk melihat sekilas makhluk yang sulit ditangkap tersebut.

Iklan Afiliasi

Olinda

Brazil. Recife. Olinda.

Salah satu kota kolonial yang paling terpelihara di Brasil, Olinda terletak di Pesisir Atlantik di negara bagian Pernambuco di timur laut. Didirikan oleh Portugis pada awal abad ke-16, kota ini merupakan ibu kota negara hingga Belanda membakarnya.

Negara ini kemudian kehilangan kedaulatannya kepada tetangga terdekatnya, Recife.

Terletak di puncak bukit indah yang dikelilingi pepohonan, pusat kota bersejarah Olinda adalah harta karun berupa gereja-gereja kolonial, rumah-rumah tua berwarna-warni, dan sejumlah studio pengrajin.

Karena kecintaannya pada seni, Olinda banyak mengemas toko dan pasar yang menjual lukisan, keramik, patung, dan kerajinan tangan.

OLINDA, BRAZIL - MAY 1: Aerial view of Olinda in PE, Brazil showcasing its historic architecture with the Baroque Se Church after a service with priests and locals passing by on May 1, 2015 in Olinda.

Setiap tahun, Olinda menyelenggarakan perayaan Karnaval meriah yang agak berbeda dari Rio de Janeiro dan Salvador karena festival Olinda paling baik dilakukan pada siang hari dan menampilkan musik, tarian, dan tradisi budaya Afrika.

Karnaval Olinda melibatkan parade, kostum mewah, boneka boneka raksasa, pesta jalanan, dan maracatu, serta ritme frevo.

Namun, bahkan di luar musim Karnaval, Olinda menawarkan budaya animasi di mana setiap akhir pekan ramai dengan pesta, bar, klub malam, dan grup penyanyi yang membawakan lagu-lagu tradisional di jalanan.

Taman Nasional Chapada Diamantina

Woman at the edge of a cliff in Vale do Pati (Paty Valley), Chapada Diamantina National Park, Bahia, Brazil

Dibuat pada tahun 1985 untuk melindungi, melestarikan, dan mempromosikan pemandangan spektakuler dan ekosistem yang kaya, Taman Nasional Chapada Diamantina terletak di timur laut Brasil di pusat Bahia.

Populer di kalangan pecinta alam dan penggemar aktivitas luar ruangan, taman ini mencakup segalanya mulai dari pegunungan yang dramatis dan lembah yang luas hingga sungai yang deras dan air terjun yang menjulang tinggi.

Karena terletak di atas dataran tinggi, taman ini sangat bergunung-gunung, dengan puncak tertingginya mencapai lebih dari 2.000 meter.

Tebing-tebing yang runtuh dan terjal melapisi dataran tinggi, begitu pula banyak air terjun epik; Cachoeira da Fumaca setinggi 380 meter yang menakjubkan adalah yang tertinggi di Brasil.

Gua-gua besar juga menonjolkan medannya yang kasar, dengan Lapa Doce dan Pratinha dua di antaranya yang terbesar.

buracao waterfall

Bentang alamnya yang beragam dan pemandangannya yang indah menjadikan Taman Nasional Chapada Diamantina menjadi tujuan wisata yang semakin populer.

Pengunjung dapat berkemah atau tinggal di salah satu kota kecil, seperti Lencois dan Vale de Capao. Menunggang kuda dan hiking adalah hiburan yang populer, begitu pula berenang di sungai dan kolam di area tersebut.

 

Demikianlah 8 Tujuan Wisata Terbaik untuk Dikunjungi di Brasil, Amerika Selatan. Terima kasih telah berkunjung dan semoga informasi ini bermanfaat. Selamat beraktivitas kembali.

 

Sumber: Kay Pierce.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

Wisata Dunia, Wisata Brazil, Wisata Amerika, Wisata Amerika Selatan