Skip to main content
Ilustrasi Keindahan Alam Indonesia Timur

4 Pulau Di Indonesia Timur Yang Layak Jadi Tujuan Wisata Unggulan

Kepulauan Indonesia sangatlah luas dan jumlahnya sangat banyak. Sayang saja selama ini tempat tujuan wisata masih terpusat di Indonesia bagian barat, khusus di pulau Jawa dan Bali.

Beberapa daerah di kawasan Indonesia Timur sudah mulai dilirik walaupun masih jarang. Bisa jadi karena transportasi ke sana cukup mahal dan infrastruktur membuat orang jadi malas. Padahal banyak sekali pulau di Indonesia Timur yang layak untuk didatangi.

DAFTAR ISI

4 Pulau/Kepulauan Indonesia Layak Tujuan Wisata

Iklan Afiliasi

Bila Anda sedang merencanakan liburan, cobalah tidak hanya berpusat di Jawa dan Bali saja. Di Indonesia Timur ada banyak pulau yang wajib dikunjungi. Jangan heran jika jatuh cinta pada pengalaman pertama.

Kepulauan Alor

Kepulauan Alor ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan merupakan bagian dari gugus bagian timur Flores. Tempat ini sering jadi incaran bagi mereka yang senang olahraga air dan menyelam karena memiliki pantai yang indah.

Untuk sampai ke sini kamu bisa menggunakan pesawat terbang dari Kupang ke Kalabahi, ibukota kabupaten, selama satu jam. Di kepulauan ini ada banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Salah satunya Teluk Kabola, tempat dugong jantan bernama Mawar yang sudah ada di tempat tersebut sejak 1999.

Sementara untuk snorkeling dan menyelam bisa datang ke Boluwai Loro, Pantai Watu Peti, Pantai Sebanjar dan Pantai Maimol.

Pulau Sumba

Pulau Sumba memiliki bentuk landscape yang berbeda dengan wilayah lain di Indonesia.
Daerah ini penuh dengan padang savana yang terhampar luas.

Iklan Afiliasi

Beberapa di antaranya; Watumbaka, Puru Kambera, Bukit Mauliru dan Bukit Wairinding. Selain itu, Anda juga bisa menikmati air terjun dan kampung adat.

Untuk mencapai pulau ini ada dua bandara yaitu bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya dan bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur. Selain dengan pesawat bisa juga dengan kapal laut.

Pulau Banda

Sejak zaman Hindia Belanda, pulau Banda sudah menjadi daya tarik orang asing untuk mencari rempah-rempah. Sayangnya setelah kemerdekaan, pulau ini seperti terlupakan. Padahal potensi alam dan wisatanya begitu besar.

Di sini ada pantai pasir putih, Benteng Belgica, Museum Bandaneira, Taman Nasional, dan Taman Laut yang menarik untuk dikunjungi.

Transportasi ke pulau Banda bisa menggunakan kapal feri dari Ambon ke Banda Neira dengan perjalanan selama 10 jam. Bisa juga dengan penerbangan perintis dari Ambon ke Banda Neira selama 45 menit.

Kepulauan Wakatobi

Iklan Afiliasi

Tidak perlu jauh-jauh ke Maldives kalau ingin melihat pemandangan eksotik, langit biru dan pantai yang jernih. Datang saja ke Wakatobi. Banyak orang yang sudah datang ke sini mengatakan keindahannya tidak kalah dengan Maldives.

Wakatobi adalah sebuah pulau kecil di provinsi Sulawesi Tenggara. Tempat ini dinobatkan sebagai perairan Taman Nasional dan menjadi cagar biosfer dunia UNESCO.

Ada banyak aktivitas laut yang bisa dinikmati di Wakatobi mulai dari diving, snorkeling, menonton lumba-lumba dan ke kampung suku Bajo.

Untuk mencapai pulau ini harus menggunakan kapal feri dari Kendari atau Makassar sampai ke Wangi-wangi, ibukota kabupaten. Bisa juga dengan pesawat dari Jakarta atau Kendari ke bandara Matahora.

 

Demikianlah 4 pulau/kepulauan di Indonesia Timur yang layak jadi tujuan wisata unggulanmu berikutnya. Terima kasih telah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat.

Dikutip dari, “4 Pulau di Indonesia Timur yang Wajib Dikunjungi", oleh Lucy SL.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

Indonesia Timur