Skip to main content
Ilustrasi Kegiatan Arung Jeram

Klasifikasi Jeram dalam Rafting

image klasifikasi arung jeram

Perkembangan kegiatan arung jeram atau rafting ini sebagai olahraga rekreasi telah menjadi populer sejak pertengahan 1970-an. Saat itu dianggap bahwa arung jeram atau rafting adalah sebagai olahraga ekstrim, karena bisa berbahaya. Berikut adalah enam kelas kesulitan dalam arung jeram atau rafting.

Memahami grade jeram sungai sangatlah penting dimana dengan pemahaman yang baik pengarung jeram tidak seperti masuk ke rimba tak bertuan.

Yang paling penting lainnya adalah prinsip kebersamaan dan saling tolong menolong, Perhatikan arahan/petunjuk dari kru/skipper Arung Jeram pada saat briefing, dan meski Standard keselamatan sudah bertaraf Internasional, maka pakailah Safety Equipment dengan pas dan tepat.

Harap diingat bahwa klasifikasi/grading di bawah ini sangat mudah berubah tergantung dari beberapa kondisi, terutama kedalaman sungai maupun kecepatan aliran/debit air dan kondisi terkini dari aliran sungai.

Klasifikasi Jeram Sungai adalah sebagai berikut:

Grade 1. Novice/Pemula

Aliran air yang lemah dengan laur yang jelas, dengan sedikit gundukan pasir dan riam yang tidak memerlukan atau sangat minim diperlukan manuver. Cocok untuk anak-anak untuk perkenalan olahraga arung jeram/rafting ini.

Grade 2. Intermediate

Kecepatan air medium dan beberapa gelombang reguler, lorong lebar dan lurus dengan bebatuan yang jelas dan mudah dipantau. Mungkin memerlukan beberapa manuver. Mudah dilalui oleh pendayung terlatih dan cocok untuk pemula.

Dibeberapa sungai tersedia jalur seperti ini untuk memperkenalkan Olahraga Arung Jeram kepada anak-anak atau lanjut usia di Sungai Cianten, Sungai Citarik hingga Sungai Ciberang.

Grade 3. Advance

Gelombang yang tidak beratuan dan tinggi. Dengan drop kecil, namun tidak ada bahaya yang cukup besar. Mungkin memerlukan manuver signifikan dan inspeksi visual mungkin diperlukan sebelum memulai.

image klasifikasi rafting

Grade 4. Expert

Gelombang yang panjang dan sulit. Penurunan yang cukup besar dan tajam, manuver yang teliti dan sulit mungkin diperlukan.

Flotation bags sangat disarankan dan diperlukan persiapan lanjutan dengan kemungkinan perlunya dilakukan rescue.

Grade 5. Extreme

Gelombang yang membahayakan/besar, volume besar, kemungkinan batu besar dan bahaya, kemungkinan drop besar. Kemungkinan rescue diwajibkan. Hanya dilakukan oleh pengarung jeram yang sangat ahli dengan peralatan pendukung yang memadai.

Grade 6. Extraordinary Difficult

Kelas ini dianggap sangat berbahaya. Pengarung hanya dapat berharap untuk menemukan arung substansial, gelombang besar, batu besar dan bahaya, dan / atau tetes substansial yang akan memberikan dampak berat di luar kapasitas struktural dan peringkat paling tinggi dengan kewajiban menggunakan semua peralatan arung jeram.

Rescue tidak mungkin dilakukan dan kemungkinan cedera serius atau kematian sangatlah tinggi.

Hal yang perlu diingat lainnya adalah Jeram dengan Grade 6, dapat berubah/turun kelas menjadi 5.x seiring dengan makin seringnya pengaruman di lokasi tersebut

 

Catatan

Penggunaan kacamata masih diperbolehkan dan disarankan agar dilengkapi dengan tali pengikat kacamata atau dengan karet. Meski sudah zaman YouTube, Facebook, Instagram atau Twitter maka JANGAN LUPA untuk TIDAK membawa barang-barang berharga atau gadget saat berarung jeram, dititip di loker yang disediakan dibase-camp akan lebih baik.

Happy Rafting and Please Be Safe..

cisadane, cianten, citarik, kalibaru, cicatih, ciwulan, citanduy

  • Hits: 1350