Skip to main content
Ilustrasi Halaman Depan. Kredit: Ann Wallace

50 Inspirasi Halaman Depan untuk Mempercantik Ruang Luar Rumah (2/2)

Dalam dunia desain eksterior rumah, lanskap halaman depan adalah karpet merah. Anda dapat menciptakan kesan pertama yang kuat dan menggelarnya dengan penuh gaya melalui tanaman yang dipilih dengan cermat seperti semak-semak berbentuk lucu, semak belukar yang ditumbuhi, pepohonan, tanaman sukulen, dan bunga-bunga berwarna-warni.

Dengan ide lansekap halaman depan yang akan bertahan seumur hidup, kami akan menunjukkan cara membuka daya tarik jalan masuk Anda. Tanpa basa-basi lagi, mari kita jelajahi halaman depan yang indah yang berteriak: "Tempat ini luar biasa! Ayo masuk!"

Iklan Afiliasi

DAFTAR ISI

Ide Lansekap Halaman Depan

Sekarang, mari kita lihat 50 ide lansekap halaman depan yang memanfaatkan bahan-bahan ini menjadi fasad yang indah. Pastikan untuk memberikan upvote pada ide lansekap halaman depan yang paling Anda sukai.

Ide Tempat Duduk Dekoratif Halaman Depan

Bangku yang nyaman, ayunan yang dikelilingi tanaman hijau subur, atau perangkat makan di bawah pohon adalah bagian dekorasi fungsional yang kita inginkan di halaman depan rumah. Mari lanjutkan dengan lima ide lansekap yang mencakup tempat duduk yang menawan untuk bersantai dan menikmati keindahan di sekitar Anda.

#1 Bangku Batu

 

Ketika para bangsawan keluar untuk berjalan-jalan, mereka biasanya duduk di bangku batu putih seperti yang ada di gambar. Anda bisa merasa seperti bangsawan di halaman depan rumah Anda dengan bangku batu putih yang bergaya dan ukiran artistiknya. Hiasi dengan bunga-bunga berwarna-warni dan pagar tanaman yang tinggi, ciptakan tempat yang indah dan privat untuk menenangkan pikiran dan menginspirasi jiwa Anda.

#2 Ayunan yang Nyaman

2 Cozy Swing

Berayun di bawah langit terbuka, dikelilingi oleh bunga-bunga yang bermekaran dan tanaman hijau yang rimbun, adalah pemandangan indah yang sering kita lihat di film-film. Dapatkan ayunan yang nyaman dan wujudkan mimpi itu di halaman depan rumah Anda.

#3 Kursi Taman Unik

3 Unique Garden Chairs

Ide lanskap lain yang murah dan fungsional adalah menambahkan kursi taman yang unik dengan bentuk bulat atau funky. Pertimbangkan untuk mengecat kursi-kursi ini dengan warna yang sama dengan pagar, gerbang, atau bahkan rumah Anda.

#4 Kursi dan Bangku yang Serasi

4 Chair And Bench That Match

Kursi dan bangku yang serasi di bawah pohon rindang adalah pilihan yang bergaya dan fungsional untuk anggota keluarga dari berbagai kelompok usia. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, menyesap minuman favorit Anda, membaca buku, atau menikmati pertemuan dengan teman.

#5 Kursi Lounge Luar Ruangan Bergaris

5 Striped Outdoor Lounge Chairs

Kursi santai luar ruangan bergaris yang apik sangat populer di halaman depan rumah pantai. Kursi ini menjadi tempat yang sempurna untuk minum kopi di pagi hari atau menikmati matahari terbenam. Kursi-kursi ini menghadirkan kenyamanan dan warna-warna cerah di tengah-tengah pengaturan tanaman pot hijau dan sukulen.

Ide Lansekap Halaman Depan yang Kreatif

Lima ide lansekap selanjutnya dalam daftar ini melibatkan desain halaman depan yang berani dan menantang. Mari kita lihat apakah Anda memiliki kesabaran untuk mewujudkan salah satu dari saran-saran ini di ruang terbuka Anda!

#1 Segala Sesuatu Dalam Satu Baris

1 Everything In A Row

Dekorasi simetris adalah yang paling menantang karena anda harus membayangkannya terlebih dahulu. Perbatasan warna-warni yang anda lihat dalam gambar adalah hasil dari rencana halaman depan yang indah dan dipikirkan dengan matang, yang dimaksudkan untuk dicerminkan di sisi lain jalan setapak.

#2 Halaman Depan Monokromatik

2 Monochromatic Front Yard

Jika Anda memilih desain halaman depan monokromatik, hanya ada satu pilihan warna, yaitu hijau. Tanaman sukulen, rumput hias, dan semak-semak yang mudah dirawat sangat ideal untuk memperkenalkan tekstur dan bentuk daun yang beragam, menambahkan dimensi dan kontras dalam spektrum hijau.

#3 Beberapa Tanaman Berlapis

3 Several Layered Plants

Layering bukan untuk semua orang, tapi setidaknya Anda bisa mencobanya. Tanamlah tanaman yang lebih tinggi terlebih dahulu (di bagian belakang), tambahkan tanaman yang berukuran sedang di baris kedua, dan tanamlah semak yang rendah di bagian depan. Pengaturan berlapis-lapis ini menciptakan transisi menurun dan menambah kedalaman dan ketertarikan pada ruang.

#4 Beberapa Lengkungan Bunga

4 Multiple Floral Arches

Melapisi jalan setapak dengan beberapa lengkungan bunga adalah ide yang sangat mudah diatur dan menarik untuk pintu masuk. Melati dan Bugenvil adalah pemanjat yang populer untuk dipadukan dengan bunga semak dan menciptakan bingkai yang indah di sepanjang jalan masuk Anda. Anda bisa berkreasi dengan tiang kayu, kawat, atau potongan logam untuk mendesain pintu masuk yang mempesona untuk rumah Anda.

#5 Desain Hutan

5 Forestal Design

Lanskap ini mewujudkan desain yang terinspirasi dari hutan saat batu-batu secara alami mengarah ke jembatan kayu di tengah-tengah bunga semak, membangkitkan pemandangan yang dibuat oleh alam. Kemiripannya dengan keindahan alam meningkatkan daya tariknya yang menawan.

Iklan Afiliasi

Ide Lansekap Pencahayaan Suasana Hati

Bagi sebagian orang, halaman depan adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan malam musim panas. Untuk mengubah halaman depan Anda menjadi negeri ajaib di malam hari dengan sentuhan lampu, pertimbangkan untuk menerapkan salah satu dari lima ide lansekap berikut ini.

#1 Lampu Tangga Untuk Keamanan

1 Step Lights For Safety

Lampu tangga tidak hanya menciptakan suasana malam hari yang magis, tapi juga populer di kalangan pemilik rumah yang mencari halaman depan yang lebih aman. Memasang lampu tangga di tangga luar ruangan, di sepanjang jalan setapak, dan di jalan masuk pasti akan memudahkan hidup Anda. Saat malam tiba, sinar yang menyala akan memandu setiap langkah Anda.

#2 Lampu Lentera dan Lampu Tonggak

2 Lanterns And Bollard Lights

Lampu tonggak adalah lampu berbentuk tabung silinder yang ideal untuk jalan masuk dan jalan setapak. Tempatkan di sepanjang jalan setapak, jalan setapak, atau jalan masuk untuk menerangi dan memandu jalan. Padukan dengan lentera di depan pintu Anda, atau gantung di teras Anda untuk membuat halaman depan Anda lebih berkelas dan hangat.

#3 Lampu String Di Setiap Sudut

3 String Lights On Every Corner

Saat Anda mempertimbangkan pencahayaan suasana hati, lampu senar tahan air mungkin akan muncul di benak Anda. Tersedia dalam berbagai ukuran dan warna bohlam, setiap jenisnya akan menjadi tambahan yang tak perlu dipertanyakan lagi untuk ruang luar Anda. Baik dililitkan di sekitar teras, daun jendela, atau pintu Anda atau digantungkan di atas semak dan pepohonan, lampu-lampu ini akan menambahkan cahaya magis ke setiap sudut halaman depan Anda.

#4 Pencahayaan Mistik Di Halaman Depan Anda

4 Mystic Lighting In Your Front Yard

Pertimbangkan untuk menambahkan pencahayaan air mancur sebagai pusat perhatian. Patung taman besar yang indah dengan lampu LED akan membawa Anda lebih dekat ke suasana romantis di luar ruangan. Untuk pendekatan yang lebih berani, Anda bisa menambahkan beberapa patung taman berukuran sedang dengan lampu LED, menciptakan suasana yang aneh dan seperti negeri dongeng di halaman depan rumah Anda.

#5 Tanaman Hijau yang Menyegarkan

5 Enlightened Greenery

Pasang lampu sorot atau lampu sorot yang mengarah ke pepohonan atau diarahkan ke semak-semak. Hal ini akan menarik perhatian di lingkungan sekitar dan menekankan keindahan taman Anda. Menyembunyikan lampu-lampu ini dengan terampil akan mengubah halaman depan Anda menjadi tempat yang menawan dan romantis.

Ide Lansekap Halaman Depan Dengan Bebatuan dan Mulsa

Manfaatkan anugerah alam untuk mengubah halaman depan Anda. Lima ide berikut ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menggunakan batu, bebatuan, dan mulsa untuk menciptakan mahakarya lansekap.

#1 Hanya di Tangan Alam

1 Just In Natures Hands

Gambar di atas menunjukkan bagaimana elemen organik membuat lanskap yang sederhana namun indah secara alami. Untuk sentuhan Zen, susunlah bebatuan besar di halaman yang rimbun dengan diselingi oleh hamparan mulsa untuk memperkenalkan warna tanah yang kontras. Untuk ledakan warna, tanamlah bunga-bunga cerah di dalam hamparan mulsa yang dibatasi oleh bebatuan yang menawan, menciptakan halaman depan yang hidup dan mengundang.

#2 Desain "Sedikit Dari Apa Saja"

2 A Little Bit Of Anything Kind Of Design

Gambar ini menunjukkan bagaimana semak, bunga, batu, bebatuan, dan mulsa bisa terlihat bagus tanpa terlalu memikirkan struktur yang mendetail. Sepetak mulsa yang terpisah, di samping sepetak kerikil, akan berpasangan dengan baik dengan dinding bata.

#3 Kerikil dan Mulsa

3 Gravel And Mulch

Kejutkan diri Anda dengan menggabungkan petak-petak kerikil dengan bagian yang berlapis-lapis untuk perpaduan yang eklektik. Pertimbangkan untuk menggunakan batu-batu besar untuk menciptakan perbatasan yang terinspirasi dari alam. Mulsa berfungsi sebagai pelindung bunga yang ditanam selama musim dingin, menjadikannya tambahan yang berharga untuk halaman depan Anda dengan tetap mempertahankan desain yang bergaya.

#4 Mulsa Merah Dengan Batuan Sebagai Pembatas

4 Red Mulch With Rocks As Borders

Terkadang, pilihan mulsa atau bebatuan saja dapat menciptakan area yang menarik secara visual dan fungsional untuk tanaman Anda. Misalnya, ketika diwarnai merah, mulsa kulit kayu pinus yang diparut dapat disebarkan di bagian yang berbatasan dengan bebatuan untuk meningkatkan daya tarik estetika area tersebut.

#5 Tiang Lampu Taman Dengan Penanam

5 Garden Lamp Post With Planter

Tiang lampu taman dengan penanam bisa menjadi tambahan ikonik untuk halaman depan Anda. Gunakan mulsa dan bebatuan untuk membuat bagian berlapis di sekitar tiang lampu. Untuk memastikan desain tiang lampu Anda bertahan lebih dari satu musim, pertimbangkan untuk menanam tanaman keras yang hidup dan kuat, seperti Coneflowers, Daylili, Coreopsis, dan Lavender.

Iklan Afiliasi

Ide Lansekap Lakukan Sendiri

Ide-ide lansekap lakukan sendiri yang mudah dan berangin ini akan menginspirasi Anda untuk mengenakan sarung tangan dan mengubah halaman Anda menjadi surga pribadi. Rasanya akan berbeda saat Anda menyesuaikan lanskap halaman depan rumah Anda sendiri. Mari kita mulai!

#1 Jalan Masuk Dan Setapak Paralel

1 Parallel Walkway And Driveway

Dua jalur beton paralel dapat meningkatkan permainan lanskap halaman depan Anda. Jika pintu masuk dan garasi rumah Anda memiliki orientasi yang sama seperti pada gambar di atas, Anda dapat dengan mudah membuat desain yang menarik dan berorientasi dengan jalur ganda. Pertimbangkan untuk menambahkan rumput hijau atau taburan bunga di antara jalan setapak dan jalan masuk.

#2 Kayu, Batu dan Batu

2 Wood Rocks And Stones

Apakah Anda ingin membuat pagar, bangku, kursi luar ruangan, atau ayunan, proyek kayu dapat sangat mempercantik lanskap. Ketika dikombinasikan dengan bebatuan dan batu, lanskap kayu menciptakan halaman depan yang menakjubkan dengan biaya minimal, sambil menambahkan sentuhan buatan tangan.

#3 Pavers Beton Persegi Sebagai Anak Tangga

3 Concrete Square Pavers As Steps

Ciptakan lanskap minimalis dengan menggunakan paving persegi beton untuk memandu tamu ke suatu tempat di halaman tanpa menginjak rumput. Kami sarankan untuk menambahkan lampu tonggak untuk visibilitas di malam hari.

#4 Halaman Mini Berkerikil di Dalam Halaman Depan

4 Graveled Mini Yard Within A Front Yard

Kerikil adalah tambahan yang menarik untuk halaman depan yang kreatif yang tidak boleh dilewatkan. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, Anda bisa menutupi area halaman depan yang cukup luas dengan kerikil. Tempatkan pavers untuk memudahkan pejalan kaki tanpa mengganggu tekstur tanah yang tertutup kerikil.

#5 Gunakan Kembali Material di Halaman Depan Anda

5 Repurpose Materials In Your Front Yard

Menggunakan kembali adalah ide lansekap DIY yang paling terjangkau karena Anda tidak perlu membeli elemen baru. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan batu bata atau batu yang sudah tidak terpakai untuk membuat dinding penahan atau jalan setapak di halaman depan. Ide lainnya adalah mengubah palet menjadi taman vertikal atau menggunakannya sebagai alas untuk furnitur luar ruangan seperti bangku atau meja.

Ide Lansekap Halaman Depan Sempit

Anda juga bisa mendekorasi halaman depan yang kecil. Mengubah halaman depan yang kecil menjadi tempat yang penuh pesona sangat bisa dilakukan. Pilihlah hamparan bunga yang semarak, tanaman dalam pot, dan furnitur luar ruangan yang bergaya. Jangan lupakan kekuatan pencahayaan yang cerdas untuk menerangi fantasi taman Anda di malam hari.

#1 Fokus Pada Pagar Dan Pintu Masuk

1 Focus On The Fence And Doorsteps

Gambar di atas menunjukkan bagaimana pagar dan ambang pintu yang dirancang dengan baik dapat dengan mudah mengubah ruang kecil menjadi tempat yang ramah dan indah. Tanamlah bunga-bunga cerah dan pertimbangkan untuk mengecat pagar dan ambang pintu Anda dengan warna yang kontras untuk tampilan yang rapi.

#2 Tanaman Pot di Jalan Setapak

2 Potted Plants In The Walkway

Jika yang Anda miliki di halaman depan rumah Anda hanyalah jalan masuk yang pendek, pilihlah tanaman dalam pot untuk melapisinya, menciptakan perbatasan warna-warni yang mudah dirawat. Hal ini sangat cocok untuk lahan yang terbatas. Kami sarankan untuk menggunakan tanaman sukulen yang tidak membutuhkan banyak perawatan.

#3 Beberapa Tanaman Semak Hijau

3 Multiple Evergreen Shrubs

Jika Anda menginginkan tampilan yang mewah tetapi memiliki ruang yang terbatas di luar ruangan, Anda harus menanam berbagai jenis semak cemara. Tanaman-tanaman yang tidak membutuhkan perawatan ini akan tetap hidup sepanjang tahun dan memberikan tekstur dan warna pada ruang luar Anda.

#4 Halaman Depan Mungil dan Rapi

4 Tiny And Tidy Front Yard

Halaman depan yang mungil sebenarnya bisa menjadi tantangan yang menyenangkan dan menarik untuk ditata. Ini seperti bekerja di atas kanvas kecil di mana setiap elemen sangat berarti. Semak-semak berbentuk bulat yang dipangkas rapi, pohon berbunga, jalan setapak beton yang ramping, dan halaman hijau yang rimbun, semuanya bisa hidup berdampingan di ruang yang kecil.

#5 Padang Rumput Mikro

5 Micro Prairies

Padang rumput mikro dapat membuat perbedaan makro! Tanaman asli dengan perawatan rendah ini dengan cepat mendapatkan popularitas di ruang terbuka yang kecil. Hamparan padang rumput mikro dapat menambahkan sentuhan warna-warni pada halaman depan rumah Anda yang kecil dan menarik berbagai penyerbuk seperti lebah, kupu-kupu, dan burung.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami mungkin memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami.

Ikuti juga kami di Google News untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari gawai Anda.

 

SumberFranka Dervishi and Eligijus Sinkunas.

 

Desain Rumah, Halaman Depan