Skip to main content
Ilustrasi Kegiatan Outbond

5 Tema Menarik Kegiatan Outbound Perusahaan

Acara Outbound memang wajib aturannya didesain sebaik mungkin agar para pesertanya mendapatkan banyak manfaat dari sebuah kegiatan outbound, sekaligus dapat bersenang senang dan membuat pikiran menjadi lebih fresh atau segar. Hal ini akan membuat karyawan menjadi lebih siap untuk bekerja lagi di hari hari selanjutnya dan diharapkan mampu memberikan manfaat baik untuk perusahaan.

Mengingat pentingnya Kegiatan Outbound, maka acara outbound yang menarik harus benar benar dilaksanakan. Namun, mungkin ada beberapa perusahaan yang masih bingung untuk menggelar outbound seperti apakah agar dapat menarik dan berkesan

Berikut beberapa ide aktivitas outbound tim yang bisa Anda adopsi untuk diaplikasikan pada kegiatan outbound yang Anda rencanakan:

DAFTAR ISI

Iklan Afiliasi

Acara Outbound dengan Tema Team Building

teambuilding games

Yang pertama adalah acara outbound dengan tema team building dimana peserta akan menjalankan outbound di sebuah lapangan yang luas dan teduh.

Kemudian, peserta outbound akan dipandu oleh seorang game master dan fasilitator untuk memberikan materi serta game game menyenangkan.

Tak hanya untuk bersenang senang, konsep ini juga didesain untuk memberikan banyak manfaat positif untuk peserta.

Misalnya saja untuk membangun kerjasama tim yang lebih baik, membuat mereka lebih kreatif dan memupuk jiwa kepemimpinan menjadi lebih baik lagi.

Acara outbound yang menarik ini biasanya dapat dilaksanakan di waktu yang singkat seperti hanya setengah hari saja.

Acara Outbound dengan Tema Treasure Hunt

amazing race

Treasure Hunt jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti perburuan harta karun.

Namun, acara ini tak berarti para peserta harus mencari harta karun karena yang diambil hanya konsep nya saja.

Secara lebih detail, di dalam outbound tersebut peserta akan dibagi menjadi beberapa tim. Dari starting point mereka akan diberikan petunjuk untuk menuju ke pos 1.

Nah, di pos tersebut dan di pos lainnya mereka diharuskan menjalankan beberapa permainan untuk memperoleh clue atau petunjuk menuju ke pos pos selanjutnya.

Untuk menuju ke pos pos tersebut, peserta biasanya akan berjalan kaki secara bersama sama.

Karena sangat seru, acara outbound yang menarik ini rasanya wajib untuk dicoba.

Acara Outbound Amazing Race

outbond sepeda

Nah, acara outbound yang satu ini tak kalah menariknya dari dua konsep outbound di atas.

Amazing Race yang berarti perjalanan mengagumkan, memiliki konsep yang sama dengan treasure hunt di atas yang mana para peserta harus menjalankan atau melakukan permainan untuk menemukan petunjuk menuju ke pos demi pos yang tersedia.

Namun, acara outbound yang menarik ini menggunakan beberapa model transportasi yang bisa digunakan oleh para peserta guna mencari pos demi pos yang sudah disiapkan sebelumnya.

Beberapa kendaraan yang bisa digunakan untuk outbound amazing race ini antara lain adalah sepeda gunung, sepeda ontel kuno antik, Volkswagen Safari yang berkarakteristik kuno hingga mobil Land Rover dengan ciri khas off-roadnya.

Dengan menggunakan konsep outbound seperti ini, para peserta bukan hanya akan bersenang-senang dengan kegiatan dan game outbound, namun mereka juga bisa sekaligus menikmati indahnya alam pedesaan yang ditawarkan dengan lebih nyaman.

Sama seperti beberapa acara outbound di atas, Amazing Race ini juga biasanya dilaksanakan selama setengah hari atau dikenal dengan istilah half day.

Acara Outbound Team Building Plus Beberapa Aktivitas Menarik

teambuilding bali

Acara atau kegiatan outbound dengan tema Team Building dapat dipadukan dengan beragam aktivitas seru dan menarik juga.

Misalnya dengan aktivitas bersepeda menggunakan sepeda gunung atau sepeda ontel; kemudian dapat pula digabungkan dengan kegiatan Rafting atau arung jeram.

Biasanya, para peserta akan diajak untuk melakukan kegiatan team building terlebih dahulu yang kemudian akan dilanjutkan dengan menjalankan aktivitas seperti bersepeda atau rafting di siang harinya.

Karena itulah, acara outbound yang menarik tersebut dilaksanakan selama satu hari atau full day, mulai dari pagi hari hingga sore hari.

Acara Outbound Team Building Plus Berkemah

Jika perusahaan memiliki waktu yang lebih panjang untuk outbound, maka tak ada salahnya untuk mengikuti acara outbound dengan konsep team building yang dikombinasikan dengan kegiatan camping atau berkemah.

Kegiatan ini biasanya dilakukan selama dua hari satu malam di sebuah camping ground yang luas dan juga teduh. Beragam fasilitas atau kebutuhan untuk berkemah pun sudah disiapkan oleh penyedia jasa outbound, seperti misalnya kebutuhan tenda, kasur, selimut, bantal, kuliner barbeque hingga api unggun.

Fasilitas pendukung lainnya juga sudah tersedia tak jauh dari lokasi camping yakni beragam fasilitas seperti shower room dan toilet.

Para peserta akan melaksanakan kegiatan team building terlebih dahulu dari pagi hingga siang hari atau sesuai dengan kebutuhan, kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan camping.

Kegiatan berkemah tersebut pun dapat diisi dengan beragam acara tentunya.

 

Demikianlah 5 Tema Menarik Kegiatan Outbound Perusahaan yang dapat Anda adopsi dan aplikasikan. Banyak acara outbound yang menarik diatas tentu sangat melegakan karena perusahaan atau instansi dapat menjalankan acara outbound yang bukan hanya bermanfaat, tapi juga seru dan dapat disesuaikan dengan kondisi waktu yang dibutuhkan.

cisadane, cianten, bogor outbound, citarik, lokasi outbound, outbound bogor, cicatih, amazing race, camping, tema outbond

  • Hits: 2806