Skip to main content
Ilustrasi Pelabuhan Kapal Di Kepulauan Seribu

Tips Liburan Secara Mandiri Ke Pulau Seribu Tanpa Bantuan Agen Travel

Di Kepulauan Seribu banyak pulau-pulau cantik yang cocok untuk bermain air dan refreshing. Untuk penduduk Jakarta yang ingin ke sana, budget yang dibutuhkan pun tidak banyak. Namun, harus diakui akses mencapai Kepulauan Seribu cukuplah sulit. Jadinya lebih banyak orang yang mengandalkan agen perjalanan ataupun bergabung dengan open trip. Sebenarnya mudah-mudah saja berangkat ke Pulau Seribu secara mandiri. Pelajari tips dan rahasianya di sini:

DAFTAR ISI

Pilih Pulau Yang Akan Dituju

Iklan Afiliasi

Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau. Ada yang berpenghuni dan ada pula yang jadi pulau resort, pulau pribadi atau tidak ada penduduknya.

Iklan Afiliasi

Pilihlah pulau yang berpenghuni dan jadi perhentian kapal feri. Ini akan memudahkan untuk berwisata. Paling tidak ada enam pulau yang berpenghuni dan jadi tempat perhentian feri.

Beberapa tujuan favorit, diantaranya: Pulau Pramuka, Pulau Payung, Pulau Tidung, Pulau Lancang, Pulau Kelapa dan Pulau Untung Jawa. Jadikan pulau tersebut sebagai basecamp atau tempat untuk menginap.

Pilih Kendaraan Menyeberang

Ada dua pilihan kendaraan untuk menyeberang yaitu kapal motor dan kapal boat.

  • Kapal motor lebih murah tetapi waktu perjalanan lebih lama. Harganya antara Rp44.000 sampai Rp85.000 tergantung dari pulau yang dituju.
  • Sementara untuk kapal boat yang lebih nyaman, bisa naik dari pelabuhan Marina. Harganya antara Rp175.000 sampai Rp250.000

Iklan Afiliasi

Baik dari Muara Angke atau Marina, kapal pertama berangkat pukul 07.00 WIB. Berangkatlah sepagi mungkin agar tidak terlalu penuh penumpang. Jangan lupa cek juga jadwal pulang kapal, ya.

Iklan Afiliasi

Rata-rata kapal terakhir dari pulau seribu adalah jam 17.00 WIB, jangan sampai ketinggalan kapal.

Mencari Penginapan Yang Sesuai

Saat ini sudah banyak hotel, hostel, dan homestay tersebar di Kepulauan Seribu.

Paling banyak di Pulau Tidung, Pulau Kelapa dan Pulau Pramuka. Anda bisa memilih model cottage atau tinggal di homestay penduduk.

Untuk booking-nya bisa menggunakan platform travelling. Harga mulai dari Rp350 ribu per malam.

Buat Rencana Kegiatan

Tahap selanjutnya adalah menentukan aktivitas yang akan kamu lakukan di Kepulauan Seribu.

Bila ingin hemat dan tidak ingin lagi keluar uang, cukup berkeliling di pulau tempat menginap.

Kelebihan Kepulauan Seribu, Anda bisa bermain pasir, berenang, atau snorkeling di pinggir pantai. Jadi maksimalkan saja waktu Anda.

Iklan Afiliasi

Di Kepulauan Seribu jarang tersedia mini market, jadi bawa sendiri saja semua bekal dari rumah, yah.

Usahakan untuk tidak makan di restoran dekat pantai jika biaya yang kamu miliki terbatas, karena biasanya harganya lebih mahal.

Bila ingin mengunjungi pulau lain di sekitarnya, kamu bisa menyewa perahu milik nelayan yang berjajar di pinggir pantai.

Tarif yang berlaku biasanya untuk sewa satu kapal dan selama seharian.

 

Demikianlah 4 tips Liburan Secara Mandiri Ke Pulau Seribu Tanpa Bantuan Agen Travel. Terima kasih telah berkunjung dan semoga informasinya bermanfaat. Selamat berlibur.

 

Dikutip dari artikel berjudul, "Liburan Secara Mandiri, Ini Tips Pergi Berlibur Ke Pulau Seribu Tanpa Bantuan Travel Agent", 1 September 2023, oleh Lucy SL.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

Kepulauan Seribu, wisata air