Skip to main content
Ilustrasi Interior Rumah. Sumber: Dirumahkita.com

8 Tips Menerapkan Desain Interior Minimalis di Rumah (Bagian 2/2)

Mungkin kamu sudah lama memiliki tujuan untuk bersantai di rumah yang minimalis, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana untuk mencapai tujuan ini.

Mungkin kamu merasa sudah terlambat untuk menerapkan desain interior minimalis, karena perabotan yang sudah kamu miliki sebelumnya. Sehingga, apa yang akan kamu lakukan dengan semua barang ini?

Namun coba, pikirkan lagi. Desainer membuktikan bahwa untuk mendapatkan estetika desain yang minimalis, setiap pemilik rumah harus memulainya secara perlahan tapi pasti dalam merangkul konsep kesederhanaan dalam rumah.

Berikut 8 tips menerapkan desain interior minimalis yang dapat kamu ikuti, untuk memasukkan sedikit kesederhanaan ke dalam rumah.

DAFTAR ISI (BAGIAN 2/2)

Menambahkan dekorasi dengan hati-hati

5 desain interior minimalis untuk rumah

Kamu mungkin tertarik untuk menempelkan beberapa dekorasi dinding pada area dinding yang kosong, namun dalam menciptakan desain interior minimalis, kamu tidak perlu menampilkan potongan aksen hanya untuk mengisi area kosong.

Ide keseluruhan dari desain interior minimalis adalah memiliki lebih sedikit barang, dan hanya menyimpan barang-barang yang memiliki tujuan dalam hidup.

Tips yang berguna saat memutuskan apakah akan menyimpan atau melepaskan sesuatu, adalah dengan bertanya pada diri sendiri yaitu “Apakah barang ini memiliki tempat di masa depan saya?”

Namun bukan berarti kamu tidak bisa menyimpan atau membeli saat menerapkan desain ini. Karena ada cara lain untuk memasukkan potongan aksen ke dalam rumah, yang menyenangkan secara estetika dan fungsional.

Misalnya, menggunakan baki di atas meja kopi atau meja rias, yang menambahkan elemen dekoratif dan percikan gaya sekaligus mengatur barang-barang yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pencahayaan adalah segalanya di desain interior minimalis

6 desain interior minimalis untuk rumah

Di semua ruang, khususnya yang menggunakan desain interior minimalis, cahaya adalah segalanya. Dari cahaya alami hingga cahaya sekitar yang lebih lembut, kamu dapat menciptakan berbagai suasana dengan penggunaan pencahayaan.

Hindari untuk hanya mengandalkan lampu atas di ruangan. Pastikan kamu juga memiliki lampu lantai dan lampu meja juga.

Jaga gorden tetap bagus dan lapang, karena rumah minimalis bukanlah tempat untuk gorden yang sangat tebal, berornamen, atau berwarna mencolok.

Memilih furnitur dan perabot yang sederhana

7 desain interior minimalis untuk rumah

Mendesain rumah minimalis bukan berarti kamu harus menghindari dekorasi dan warna-warna cerah.

Aturannya adalah cukup menggunakan elemen dekoratif sebagai aksen dan tidak membebani rumah dengan banyak hal.

Demikian pula, untuk seni, pilih satu bagian fokus daripada sekelompok bagian kecil. Misalnya untuk di ruang tamu, sepasang potret di dinding kosong menjadi titik fokus dan bukan gangguan yang berantakan.

Selain itu, saat memilih furniture dan perabot untuk desain interior minimalis, prioritaskan bentuk sederhana dan warna monokromatik netral.

Keduanya menyenangkan secara visual tanpa terlalu sibuk. Meski begitu, mereka tetap menambahkan minat dan kehangatan yang besar ke dalam suatu ruang.

Sabar dan perlahan dalam menjalani prosesnya

8 desain interior minimalis untuk rumah

Last but not least, ingatlah bahwa seperti semua proyek desain, tidak ada ruang minimalis yang akan selesai dengan segera.

Menciptakan desain interior minimalis untuk rumah dengan jenis dan ukuran apa pun tidak harus dicapai dalam semalam. Sehingga pastikan kamu menganggap bahwa ini lebih sebagai sebuah proses.

Bekerja dengan kekuatan diri sendiri melalui setiap langkah di atas satu per satu pasti akan terbayar dalam jangka panjang.

 

Nah itulah 8 tips menerapkan desain interior minimalis di rumah, yang bisa kamu lakukan. Siapkah untuk menjalani setiap langkah di atas? Selamat mencoba ya! Semoga bermanfaat.

 

Dikutip dari artikel berjudul, "8 Tips Menerapkan Desain Interior Minimalis di Rumah", 2 Januari 2023, oleh Jemima.

 

Tebejowo.com didukung oleh pembaca. Kami dapat memperoleh komisi afiliasi ketika Anda membeli melalui tautan di situs web kami. Terima kasih banyak, orang baik. Lebih lanjut >

 

Desain Rumah, Desain Interior, Desain Minimalis

  • Hits: 235