Ilustrasi Side Hustle Jobs

Side Hustle Adalah: Bedanya dengan Side Job dan Manfaatnya

 

Jika Anda merasa pekerjaan utama Anda tidak sesuai dengan keinginan, Anda tidak perlu berpikir untuk berhenti kerja. Mungkin, saatnya Anda memulai side hustle?

Lantas, apa itu side hustle? Tenang saja! Di artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap apa itu side hustle, perbedaannya dengan side job dan juga manfaatnya.

DAFTAR ISI

  1. Apa itu Side Hustle?
  2. Perbedaan Side Hustle dan Side Job
    1. 1. Perbedaan Motif atau Tujuan
    2. 2. Perbedaan Cara Memulai Kerja
    3. 3. Perbedaan Fleksibilitas Kerja
    4. 4. Perbedaan Beban Kerja
    5. 5. Perbedaan Keuntungan yang Didapatkan
  3. Manfaat Side Hustle
    1. 1. Memberikan Kepuasan Diri
    2. 2. Menambah Sumber Pendapatan
    3. 3. Membantu Pertumbuhan Profesional
    4. 4. Meningkatkan Skill Manajemen Waktu
    5. 5. Membantu Persiapan Career Switch
    6. 6. Membantu Persiapan Situasi Darurat

Apa itu Side Hustle?

ilustrasi apa itu side hustle

Side Hustle adalah pekerjaan tambahan di samping pekerjaan utama. Biasanya, dilakukan dengan tujuan utama untuk mengejar passion, sekaligus bisa menghasilkan pendapatan tambahan.

Contohnya, pekerjaan utama Anda sebagai karyawan. Tapi di waktu luang, Anda bisa menjalankan side hustle dengan bekerja sebagai penyanyi kafe sesuai passion Anda. Dengan begitu, selain bisa mengejar passion, sumber pendapatan Anda juga bertambah.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website. Paket Landing Page Mulai Rp. 850rb-an/tahun. Bisa Dibarter Dengan Minigold/LM Antam Certieye. Info Lanjut Klik Disini.

Jadi, dapat dipahami arti side hustle adalah mengisi waktu luang Anda dengan pekerjaan yang Anda minati. Bentuknya bisa berupa pekerjaan apa saja. Asalkan sesuai dengan passion Anda, dan  menguntungkan.

Jenisnya ada bermacam-macam. Jadi, kalau Anda tertarik, ada banyak pilihan yang bisa Anda coba.

Beberapa contoh side hustle, Misalnya:

Nah, jika dilihat sekilas, side hustle dapat saja dipahami sebagai side job. Tapi ternyata, keduanya merupakan hal yang berbeda. Lalu, apa perbedaan side hustle dan side job?

Perbedaan Side Hustle dan Side Job

ilustrasi perbedaan side hustle dan side job

Baik side hustle maupun side job, sama-sama pekerjaan sampingan. Meski begitu, memiliki beberapa perbedaan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca Juga : Jasa Pengelolaan Website Wordpress Hingga Joomla! Biaya Mulai Rp. 50rb Bergantung Tingkat Kesulitan. Bisa Dibarter Dengan Minigold / LM Antam Certieye. Info Lanjut Klik Disini.

1. Perbedaan Motif atau Tujuan

Side hustle adalah pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengejar passion atau minat. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan, pekerjaannya bisa menghasilkan pendapatan tambahan. 

Sedangkan, side job adalah pekerjaan tambahan yang dilakukan karena ingin mendapatkan sumber penghasilan di luar dari pekerjaan utama. Biasanya, pekerjaannya tidak mesti sesuatu yang diminati. Misalnya, bekerja sebagai ojek online, barista part-time, dan lain sebagainya.

2. Perbedaan Cara Memulai Kerja

Side hustle adalah pekerjaan yang dapat Anda mulai dan jalankan sendiri. Karena Anda tidak perlu mencari lowongan dan melamar kerja. Misalnya, jika Anda ingin menjalankan side hustle sebagai fotografer, Anda dapat langsung memulainya sendiri. 

Sedangkan, side job adalah pekerjaan hanya bisa Anda mulai jika direkrut atau dikontrak dari suatu pemberi kerja. Artinya, Anda menjalankan suatu pekerjaan baru di samping pekerjaan utama Anda. Entah itu sifatnya freelance ataupun part-time. Misalnya, bekerja paruh waktu sebagai barista. 

3. Perbedaan Fleksibilitas Kerja

Side hustle menawarkan cara kerja yang fleksibel. Karena, memang pada dasarnya pekerjaan ini dimulai atas inisiatif sendiri. Jadi Anda bebas untuk menentukan waktu bekerja Anda sendiri.

Sedangkan, side job cenderung lebih mengikat jika dibanding dengan side hustle. Karena, umumnya ada aturan atau target dari pemberi kerja. Misalnya, memiliki batas waktu kerja ataupun deadline.

4. Perbedaan Beban Kerja

Side hustle memberi kebebasan untuk menentukan tugas yang ingin Anda kerjakan. Jadi, Anda bisa menyesuaikan beban kerja sesuai dengan kemampuan dan target pribadi Anda saja.

Sedangkan, beban kerja side job sudah ditentukan oleh pemberi kerja. Jadi, harus bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan target yang diberikan.

5. Perbedaan Keuntungan yang Didapatkan

Side hustle tidak hanya memberikan Anda penghasilan tambahan. Tetapi, Anda juga bisa memperdalam skill yang Anda inginkan. Tak menutup kemungkinan juga, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karir sesuai dengan passion Anda. 

Sedangkan, side job hanya memberikan Anda penghasilan tambahan saja. Biasanya pekerjaan side job tidak memiliki jenjang karir khusus. Bahkan, pekerjaan yang dilakukan juga biasanya hanya yang bersifat sementara saja atau per proyek. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa itu side hustle dan apa itu side job. Mulai dari cara kerja hingga keuntungan yang bisa didapatkan.

Berikutnya, yuk simak apa saja sih manfaat side hustle?

Manfaat Side Hustle

ilustrasi manfaat side hustle

Selain bisa menghasilkan pendapatan tambahan, side hustle masih memiliki manfaat lainnya. Adapun beberapa manfaat side hustle adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Solusi Aman Nabung Emas Untuk Berbagai Rencana Jangka Panjang. Mudah Diuangkan Kembali Di Ribuan Distributor Seluruh Indonesia. Mulai Rp. 40rb-an. Info Lanjut Klik Disini.

1. Memberikan Kepuasan Diri

Manfaat side hustle yang pertama adalah dapat memberikan kepuasan pada diri. Sebab, menjalankan side hustle berarti Anda melakukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan minat Anda. Jadi, Anda bisa merasa lebih puas ketika melakukan hal yang Anda senangi.

Misalnya, Anda menjalankan side hustle sebagai penyanyi kafe. Meskipun tidak mendapatkan penghasilan tetap seperti pekerjaan utama, tapi Anda senang karena bisa mengerjakan hal yang Anda minati. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda bisa berkarir sebagai penyanyi profesional.

2. Menambah Sumber Pendapatan

Side hustle juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan. Bahkan, dapat dikatakan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Karena, Anda bisa menambah sumber pendapatan tanpa harus kehilangan pekerjaan utama. 

Contohnya, Anda bisa menjadikan minat Anda pada web developer sebagai sumber pendapatan tambahan. Caranya, misalnya dengan mengikuti program keagenan/afiliasi di Rizal IT Consulting.

3. Membantu Pertumbuhan Profesional

Menjalankan side hustle adalah salah satu cara yang bisa Anda pilih jika ingin menumbuhkan diri secara profesional. Karena, segala prosesnya mengharuskan Anda untuk mempelajari dasar dan teknis pekerjaan Anda. Jadi, Anda memiliki kesempatan untuk memperdalam skill dan memperkaya portofolio Anda. 

Misalnya, jika Anda menjalankan side hustle sebagai fotografer, Anda tidak hanya mengerjakan pemotretan saja. Tetapi, Anda juga akan belajar dan melakukan teknik fotografi, memasarkan hasil foto Anda, dan banyak lagi. Dengan konsisten pada pekerjaan Anda, maka Anda juga akan terus bertumbuh secara profesional.

4. Meningkatkan Skill Manajemen Waktu

Sekalipun side hustle terlihat menarik, tapi sebetulnya tidak mudah untuk melakukannya. Karena menjalankan side hustle berarti mengambil waktu luang Anda di luar pekerjaan. Dengan begitu, Anda mungkin hanya akan memiliki sedikit waktu istirahat.

Tapi, jika Anda sudah terbiasa menjalankan side hustle, maka kemampuan manajemen waktu Anda juga akan meningkat. Karena, Anda mampu untuk membagi waktu dengan baik antara pekerjaan utama, pekerjaan tambahan, hingga waktu istirahat, dan bersenang-senang.

5. Membantu Persiapan Career Switch

Jika Anda berpikir untuk berganti karir, maka side hustle adalah langkah yang tepat untuk Anda lakukan. Karena, side hustle dapat memberikan Anda kesempatan untuk belajar secara praktik dan mempersiapkan diri sebelum mencoba pekerjaan baru.

Misalnya, jika ingin berganti karir dari pegawai bank menjadi pemilik agensi penulis profesional. Anda bisa memanfaatkan side hustle Anda sebagai kesempatan untuk melakukan uji coba. Dengan begitu, jika Anda sudah siap maka Anda sudah bisa melakukan career switch.

6. Membantu Persiapan Situasi Darurat

Manfaat side hustle yang tidak kalah penting yaitu dapat memberikan Anda persiapan menghadapi situasi darurat.

Misalnya, Anda mungkin saja tiba-tiba kehilangan pekerjaan utama karena PHK dan sebagainya. Nah, jika Anda menjalankan side hustle, Anda masih dapat sedikit lebih tenang. Karena, Anda masih tetap memiliki pekerjaan dan sumber pemasukan.

Baca Juga : Hosting Unlimited Dalam Negeri Yang Murah Dan Berkualitas Untuk Berbagai Kebutuhan Presentasi Online Anda. Tersedia Diskon Hingga 70% Plus Gratis SSL dan Domain. Cek Infonya Disini!

Demikianlah penjelasan singkat tentang dan manfaat dari melakukan side hustle. Mudah-mudahan bermanfaat. Punya pendapat lain? Yuk berbagi di kolom komentar.

 

side hustle

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya


Follow us