Ilustrasi Curriculum Vitae

5 Tips Membuat CV Online Agar Dilirik HRD [Ala Niagahoster]

 

Setelah sebelumnya kami membagikan cara membuat cv online gratis, nah, saat mengedit contoh cv online, pastikan CV Anda eye catching dan sesuai kebutuhan.

Tak perlu bingung, berikut kami juga akan membagikan tips membuat cv online yang menarik dan gratis. Tips cv ini kami rangkum berdasar pengalaman HRD Niagahoster menyeleksi ribuan CV. Yuk simak pembahasannya berikut ini.

DAFTAR ISI

  1. 1. Buat Desain CV Sesuai Kebutuhan Lowongan 
  2. 2. Buat Desain CV Ramah ATS
    1. Gunakan template CV formal
    2. Gunakan jenis tulisan standar
    3. Optimalkan penggunaan kata kunci
  3. 3. Buat Layout CV Simpel dan Jelas
      1. 4. Urutkan Pengalaman Kerja Berdasar Tahun Terbaru
  4. 5.Tulis Detail Pencapaian di Jobdesk Sebelumnya

1. Buat Desain CV Sesuai Kebutuhan Lowongan 

Tiap perusahaan memiliki karakteristik berbeda-beda. Misalnya, perusahaan dalam industri keuangan biasanya lebih resmi. Sementara perusahaan media umumnya bersifat lebih kreatif.

Hal itu berpengaruh ke preferensi desain CV HRD, lho. Jadi, Anda perlu menyesuaikan desain CV sesuai karakteristik perusahaan sasaran.

Sebagai contoh, Anda akan mendaftar lowongan sebagai developer perusahaan IT. Lebih baik, Anda menggunakan desain CV profesional. Misalnya, CV dengan banyak teks dan desain rapi. 

Masih bingung bagaimana contoh CV profesional dan CV kreatif? CV profesional biasanya memiliki desain yang rapi, terstruktur dan punya banyak teks. Contohnya seperti di bawah ini.

ilustrasi cv online 01

Berbeda dengan contoh CV online kreatif. Biasanya desainnya lebih berwarna dan dinamis. Anda bisa mengatur tata letak elemen desain. Tapi, porsi teksnya minim.

ilustrasi cv online 02

2. Buat Desain CV Ramah ATS

Saat buat CV online gratis, baik itu profesional maupun kreatif, pertimbangkan kepadatan teks. Sebab, CV dengan porsi teks yang cukup lebih mudah lolos review ATS.

Baca Juga : Jasa Pengelolaan Website Wordpress Hingga Joomla! Biaya Mulai Rp. 50rb Bergantung Tingkat Kesulitan. Bisa Dibarter Dengan Minigold / LM Antam Certieye. Info Lanjut Klik Disini.

Hal ini akan menguntungkan Anda yang mendaftar perusahaan besar lho. Kenapa?

Berdasar riset Digital Technologies and the World of Recruiting Survey, 66 persen perusahaan besar menggunakan ATS untuk mempercepat review ribuan CV. Contohnya saja Niagahoster yang menerima 10 hingga 40 CV per harinya untuk satu posisi. 

Anda bingung bagaimana cara membuat CV yang ATS friendly? Tenang, caranya cukup mudah kok. Berikut ini adalah cara bikin cv online yang ATS friendly:

Gunakan template CV formal

Gunakan template CV formal. Artinya, Anda bisa memilih template yang minim dekorasi dan warna. Sebaiknya gunakan template dengan warna hitam dan putih atau warna yang tidak mencolok. 

Selain itu, hindari memasukkan terlalu banyak gambar, grafis, diagram, warna yang gelap dan simbol. Sebab, desain yang terlalu rumit akan mengurangi keterbacaan CV Anda. 

Gunakan jenis tulisan standar

Hindari menggunakan jenis font dengan desain yang rumit. Misalnya seperti comic sans atau font dekoratif lainnya. 

Agar lebih ramah ATS, gunakan font resmi seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Lalu gunakan ukuran font minimal 11 dan pilih spasi minimal 1. Tujuannya agar tulisan dalam CV lebih jelas dan mudah dibaca.

Optimalkan penggunaan kata kunci

ATS akan menyaring CV Anda berdasar kata kunci di dalamnya. Jadi, menggunakan kata kunci yang relevan dengan CV Anda akan lebih menarik bagi sistem ATS. CV Anda pun akan mendapat skor yang lebih tinggi.

Baca Juga : Jasa Pengelolaan Website Wordpress Hingga Joomla! Biaya Mulai Rp. 50rb Bergantung Tingkat Kesulitan. Bisa Dibarter Dengan Minigold / LM Antam Certieye. Info Lanjut Klik Disini.

Contohnya, Anda mendaftar lowongan sebagai desainer grafis. Lebih baik Anda memasukkan kata kunci “kreatif”, “portofolio desain” dan “adobe”. Mesin ATS akan mengenali kata kunci ini untuk memberi skor tinggi pada kelolosan informasi CV Anda. 

3. Buat Layout CV Simpel dan Jelas

Layout yang simpel dan jelas akan memudahkan HRD mereview informasi dalam CV. Nah, perhatikan hal berikut ini untuk menata layout CV:

Heading informasi yang jelas dan konsisten: gunakan jenis font, ukuran, dan warna yang konsisten untuk tiap heading informasi. Tujuannya agar HRD mudah mencari informasi spesifik di CV Anda. 

Perbanyak white space: beri jarak spasi antar baris kalimat dalam CV Anda. Tujuannya agar informasi dalam CV tidak bikin lelah mata para HRD. 

Bagian deskripsi yang jelas: pada bagian deskripsi seperti jobdesk dan pencapaian, jangan gunakan ukuran font terlalu kecil. Anda bisa gunakan size 11-12. 

Saat menata layout dengan tips itu, usahakan informasi muat satu halaman saja. Sebab, jika lebih dari satu halaman, ada kemungkinan HRD tidak membaca utuh informasi CV Anda. 

Faktanya, menurut survei Career Builder, 39 persen karyawan yang lolos review CV adalah pemilik CV satu halaman. 

4. Urutkan Pengalaman Kerja Berdasar Tahun Terbaru

Mungkin sebelum mendaftar di suatu lowongan, Anda sudah pernah bekerja di banyak perusahaan. Nah, urutkan pengalaman kerja berdasar tahun terbaru. Tujuannya, agar HRD lebih mudah melihat track record perkembangan karir.

Baca Juga : Solusi Aman Nabung Emas Untuk Berbagai Rencana Jangka Panjang. Mudah Diuangkan Kembali Di Ribuan Distributor Seluruh Indonesia. Mulai Rp. 40rb-an. Info Lanjut Klik Disini.

Sebagai contoh, pengalaman terbaru Anda adalah Manajer Proyek IT pada tahun 2017 Jobdesknya adalah melakukan koordinasi, perencanaan dan implementasi proyek harian dengan tim. Tulis di bagian paling atas pengalaman kerja. 

Lalu setelah itu baru tulis pengalaman terdahulu Anda. Misalnya, Anda pernah jadi desainer UX Senior pada tahun 2014. Agar lebih jelas, lihat contoh cv online di bawah ini:

ilustrasi cv online 03

Saat menulis informasi pengalaman kerja, pastikan ada informasi sebagai berikut:

  • Nama pekerjaan atau posisi
  • Nama perusahaan
  • Jobdesk
  • Pencapaian
  • Lama kerja

5.Tulis Detail Pencapaian di Jobdesk Sebelumnya

Jangan terlalu banyak menjelaskan jobdesk di perusahaan sebelumnya. Lebih baik, fokus tulis pencapaian Anda di jobdesk terdahulu. Tujuannya, agar HRD bisa melihat nilai jual dan skill yang relevan dengan lowongan. 

Sebagai contoh, Anda pernah menjadi staf digital marketing. Anda bisa tulis keberhasilan Anda meningkatkan pendapatan. Misalnya, “Berhasil meningkatkan pendapatan sebesar 10% dalam 3 kuartal berturut-turut melalui konten marketing Instagram.” 

Sekarang Anda sudah mengetahui rekomendasi website membuat CV online yang menarik dan gratis. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan. 

Anda mungkin sudah menentukan pilihan website mana yang akan Anda gunakan untuk bikin CV online. Setelah CV Anda jadi, saatnya menjemput pekerjaan impian!

Baca Juga : Hosting Unlimited Dalam Negeri Yang Murah Dan Berkualitas Untuk Berbagai Kebutuhan Presentasi Online Anda. Tersedia Diskon Hingga 70% Plus Gratis SSL dan Domain. Cek Infonya Disini!

Demikianlah 5 Tips Membuat CV Online Agar Dilirik HRD, Ala Niagahoster. Punya tips lain yang menurut Anda berguna? Yuk berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

 

lamaran kerja

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya


Follow us