Ilustrasi Curriculum Vitae

10 Website Buat CV Online Gratis, Bikin HRD Jatuh Hati!

 

Sudah sebar Curriculum Vitae (CV) ke banyak perusahaan, tapi tak pernah lolos? Jangan minder dulu. Belum tentu karena pengalaman Anda minim lho, tapi bisa jadi karena desain CV Anda kurang menarik.

Faktanya, HRD atau recruiter hanya punya waktu 5-10 detik untuk memeriksa CV Anda. Jadi, CV dengan desain menarik dan kalimat yang meyakinkan tentu membuat CV Anda mudah dilirik HRD.

Tak perlu khawatir dan repot desain CV dari nol. Anda bisa buat cv online gratis kok. Di artikel ini kami akan membagikan rekomendasi website buat cv online gratis. 

DAFTAR ISI

  1. 1. Canva
    1. Kelebihan:
    2. Kekurangan:
  2. 2. Kickresume.com
    1. Kelebihan:
    2. Kekurangan:
  3. 3. Bikin CV
    1. Kelebihan:
    2. Kekurangan:
  4. 4. Novoresume
    1. Kelebihan: 
    2. Kekurangan:
  5. 5. CV Maker
    1. Kelebihan:
    2. Kekurangan: 
  6. 6. Visual CV
    1. Kelebihan:
    2. Kekurangan:
  7. 7. Indeed
    1. Kelebihan:
    2. Kekurangan:
  8. 8. Zety
    1. Kelebihan:
    2. Kekurangan:
  9. 9. CoolfreeCV
    1. Kelebihan:
    2. Kelemahan:
  10. 10. Venngage
    1. Kelebihan:
    2. Kelemahan:

1. Canva

Website satu ini mungkin sudah tak asing buat Anda. Tak heran, karena Canva menyediakan banyak template desain mulai dari poster hingga buat CV online gratis. 

ilustrasi canva

Desain CV yang disediakan dikelompokkan menjadi berbagai tema. Mulai dari abstract, colorful, hingga profesional. Jadi, Anda bisa buat CV online gratis bernuansa kreatif atau resmi. 

Hal itu memudahkan Anda bikin cv online gratis sesuai kepentingan perusahaan incaran. Misalnya, Anda ingin mendaftar industri kreatif, Anda bisa pilih kategori colorful.

Tak hanya itu saja, Anda bisa mengatur tata letak bagian CV dengan bebas. Misalnya, memindah posisi heading informasi, upload foto, dan copy paste teks. Semua itu juga bisa dilakukan lewat smartphone. Cukup praktis, kan?

Sayangnya desain Canva kurang ramah Applicant Track System (ATS), yaitu aplikasi penyaring CV otomatis yang peka terhadap deskripsi teks. Sebab, Canva lebih menonjolkan desain dinamis dan minim ruang teks. 

Kelebihan:

  • Pilihan template untuk membuat CV online yang menarik dan gratis sangat beragam. Mulai dari desain kreatif hingga profesional.
  • Mudah memodifikasi CV. Misalnya mengubah jenis font, warna dan upload foto.

Kekurangan:

  • Kurang ramah ATS
  • File cv online tidak bisa diedit menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jadi, pengeditan harus dengan akun Canva.

2. Kickresume.com

Kickresume adalah website yang tepat untuk membuat cv online dengan tema profesional. Sebab, semua template bertema resmi dengan menonjolkan ruang teks yang luas.

Meski temanya resmi, variasi template CV online gratis cukup beragam. Semua template dikelompokkan berdasar industri pekerjaan Anda. Mulai dari sektor manufaktur, kesehatan, IT dan lainnya.  

Jika Anda ingin menambahkan foto atau gambar, Kickresume punya fitur attachment file. Jadi, Anda bisa menambahkan lebih dari satu foto atau gambar.

ilustrasi kick resume

Tak hanya soal tampilan saja, Kickresume punya berbagai fitur yang mendukung kebutuhan CV resmi. Misalnya, fitur proofreading untuk mendeteksi kesalahan eja. Lalu, ada juga fitur penulisan resume otomatis. 

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website. Paket Landing Page Mulai Rp. 850rb-an/tahun. Bisa Dibarter Dengan Minigold/LM Antam Certieye. Info Lanjut Klik Disini.

Sayangnya, Kickresume kurang fleksibel dalam pengaturan tata letak dan kustomisasi heading. Jadi, bagi Anda yang ingin banyak mengubah desain, Kickresume tak disarankan. 

Kelebihan:

  • User friendly
  • Memiliki banyak fitur otomatis yang mendukung CV profesional

Kekurangan:

  • Kurang fleksibel untuk pengaturan tata letak dan kustomisasi heading

3. Bikin CV

Bikin CV merupakan website membuat cv dari Indonesia. Saat ini sudah ada 31.250 orang yang buat cv online gratis di website ini. Lumayan banyak, ya?

Tak heran, interfacenya user friendly. Selain itu, alur buat cv online gratis milik Bikin CV juga simpel. Pengguna tinggal mengisi tabel informasi, memilih desain, dan mengunduh file CV.

ilustrasi bikin cv

Tapi, website membuat cv online gratis satu ini kurang variasi desain. Jadi, Bikin CV bukan pilihan tepat bagi Anda yang ingin membuat cv online dengan desain yang unik.

Kelebihan:

  • Interface dan alur buat cv online gratis yang user friendly
  • File CV yang ringan
  • Ramah ATS

Kekurangan:

  • Desain kurang variatif
  • Kurang fleksibel untuk kustomisasi heading, jenis font, dan warna font

4. Novoresume

Jika Anda mencari website membuat cv, jangan lewatkan Novoresume. Anda bisa memilih berbagai template desain berdasar kebutuhan Anda. 

Template desain yang beragam dikelompokkan dalam berbagai kategori. Mulai dari basic, college, executive, hingga creative. Jadi, Anda bisa memilih desain CV resmi hingga kreatif.

ilustrasi novo resume

Jika Anda ingin mengoptimalkan CV, Novoresume menyediakan fitur Live Content Feedback. CV Anda akan dikomentari langsung dari pakarnya. Tujuannya agar CV Anda lebih menarik dan sesuai dengan preferensi HRD perusahaan sasaran Anda. 

Nah, Anda bisa mengganti tekstur dan background warna sesuai keinginan atau saran pakar. Setelah itu, Anda bisa mengupload foto diri. 

Sayangnya, tidak banyak editing tools untuk mengatur tata letak informasi.

Kelebihan: 

  • Variasi desain mulai dari profesional hingga kreatif
  • Ramah ATS
  • Tips dan saran langsung dari pakar HRD

Kekurangan:

  • Editing tools minim sehingga kurang fleksibel untuk mengatur tata letak informasi

5. CV Maker

Anda ingin bikin cv online gratis dengan desain simpel? Coba buka website membuat cv bernama CV Maker.

ilustrasi cv maker

CV Maker punya banyak template desain dengan nuansa bersih dan simpel. Tak hanya itu, alur pembuatan cv pun user friendly. Anda cukup mengisi form informasi, memilih desain, dan mengunduh CV. 

CV dapat diunduh dalam berbagai format juga lho. Mulai dari format PDF, HTML, hingga TXT. Jadi, Anda bisa menjadikan CV lebih ramah ATS.

Baca Juga : Jasa Pengelolaan Website Wordpress Hingga Joomla! Biaya Mulai Rp. 50rb Bergantung Tingkat Kesulitan. Bisa Dibarter Dengan Minigold / LM Antam Certieye. Info Lanjut Klik Disini.

Tertarik menggunakan CV Maker? Anda harus sabar memilah pilihan desain. Sebab, website membuat cv ini tidak mengelompokkan desain dalam kategori tertentu.

Kelebihan:

  • Interface dan alur membuat cv online gratis yang user friendly
  • Desain cv simpel dan bersih
  • Bisa diunduh dalam berbagai format

Kekurangan: 

  • Tidak ada kategori template. Perlu waktu membandingkan desain untuk pilihan Anda. 
  • Tidak fleksibel mengatur tata letak

6. Visual CV

Anda merasa repot mengisi data diri dan pengalaman kerja? Kalau begitu, Anda perlu membuat cv online gratis di Visual CV

Website untuk membuat cv satu ini memudahkan Anda mengisi data lho. Caranya dengan mengimpor data dari LinkedIn. Tapi pertama-tama Anda perlu log in dengan LinkedIn Anda. 

Setelah CV jadi, Anda bisa melacak viewers CV Anda lho. Caranya dengan membagikan link CV ke berbagai media sosial. Lalu Anda bisa memantau grafik viewers di dashboard. 

Lalu, jika Anda membuat CV untuk industri berbeda-beda, Anda bisa mengelompokkannya di dashboard Anda. Misalnya, CV untuk industri kesehatan, kreatif, dan keuangan.

ilustrasi visual cv

Desain yang disediakan pun cukup beragam. Mulai dari tema simpel, profesional, hingga kreatif. Tapi, mayoritas templatenya memiliki tata letak serupa. 

Tenang saja, meskipun desainnya terkesan mononton, Anda masih bisa mengatur tata letak heading kok. Selain itu, Anda bisa mengganti background warna.

Kelebihan:

  • Bisa impor data dari LinkedIn
  • Desain variatif
  • Bisa melacak viewers CV

Kekurangan:

  • Tata letak heading informasi dan desain monoton

7. Indeed

Butuh bikin cv online secara cepat dengan desain simpel? Sebaiknya Anda coba website bikin cv online gratis bernama Indeed

Anda tidak perlu log in atau registrasi untuk membuat cv online. Anda bisa langsung mengisi form informasi yang tersedia. Tabel informasi tambahannya pun cukup lengkap mulai dari penghargaan, sertifikasi, link, hingga grup. 

Setelah isi data, Anda bisa memilih template desain dari 10 kategori. Mulai dari simple, minimalist, hingga kreatif. Tapi, apapun kategorinya, nuansa desain Indeed memang bersih dan simpel.

ilustrasi indeed

Mungkin desainnya terkesan monoton. Tapi, Anda bisa mengatur tata letak informasi sesuka Anda kok. 

Kelebihan:

  • Bisa impor data dari LinkedIn
  • Fleksibel mengatur tata letak informasi

Kekurangan:

  • Template desain terkesan monoton karena semuanya berwarna dasar putih
  • Harus menekan button save setiap mengisi satu tabel informasi

8. Zety

Ingin membuat CV tapi bingung bagaimana memulai kalimatnya? Mungkin website membuat CV bernama Zety bisa membantu.

ilustrasi zety

Zety menyediakan berbagai contoh CV online yang bisa dimodifikasi. Baik dari segi desain, background warna, hingga template kalimat deskripsi diri.

Baca Juga : Solusi Aman Nabung Emas Untuk Berbagai Rencana Jangka Panjang. Mudah Diuangkan Kembali Di Ribuan Distributor Seluruh Indonesia. Mulai Rp. 40rb-an. Info Lanjut Klik Disini.

Pengalaman saat membuat cv online yang menarik dan gratis di Zety pun sedikit berbeda. Anda akan menjawab pertanyaan terkait daftar riwayat hidup. Lalu di bagian samping Anda bisa langsung melihat preview desain. 

Desain yang tersedia mayoritas bertema profesional. Jadi, sudah pasti contoh CV onlinenya ramah ATS. 

Ketika Anda sudah cocok dengan desainnya, Anda tinggal klik unduh. Format CV yang tersedia cukup beragam. Mulai dari PDF, Word, hingga TXT. 

Kelebihan:

  • Tersedia contoh cv online yang bisa dimodifikasi template kalimatnya
  • Dapat sekalian membuat surat lamaran kerja

Kekurangan:

  • Tidak ada desain tema kreatif
  • Desain contoh cv online terkesan monoton dan terlalu banyak teks

9. CoolfreeCV

Kalau Anda ingin CV berformat doc tapi punya desain keren, cobalah bikin cv online gratis di CoolfreeCV.

ilustrasi cool free cv

Berbeda dengan website untuk membuat cv lain, CoolfreeCV punya enam contoh cv online dalam format doc. Anda bisa langsung mengunduh dan memodifikasinya di Microsoft Word. 

Kalau Anda ingin format PDF, tak usah khawatir. CoolfreeCV juga menyediakannya kok. Hanya saja, CV berformat PDF ini tidak bisa Anda modifikasi tata letak dan heading informasinya. 

Kelebihan:

  • Ada pilihan contoh cv online berformat docs yang bisa Anda download dan edit di Microsoft Word dengan leluasa
  • Tidak perlu buat akun atau registrasi

Kelemahan:

  • Pilihan desain terbatas dan monoton
  • CV berformat PDF tidak bisa dimodifikasi

10. Venngage

Ingin punya CV kreatif penuh warna, tapi di satu sisi juga tetap terlihat profesional? Kalau begitu, Anda perlu mencoba website membuat cv bernama Venngage.

ilustrasi vengage

Venngage merupakan website membuat CV dengan banyak tools editing. Jadi, Anda bisa leluasa memodifikasi elemen desain dalam CV Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan grafik, pie chart, dan ikon ke CV Anda.

Anda bisa mendownload CV dengan format PDF atau PNG. Sayangnya, Anda perlu membuat akun dulu untuk membuat cv online di Venngage.

Kelebihan:

  • Desain terlihat profesional sekaligus kreatif
  • Sangat fleksibel untuk diedit dan diatur tata letaknya

Kelemahan:

  • Harus meluangkan waktu membuat akun dan log in

Baca Juga : Hosting Unlimited Dalam Negeri Yang Murah Dan Berkualitas Untuk Berbagai Kebutuhan Presentasi Online Anda. Tersedia Diskon Hingga 70% Plus Gratis SSL dan Domain. Cek Infonya Disini!

Demikianlah 10 website buat CV online gratis, yang bisa membikin HRD jatuh hati! Anda punya rekomendasi website lainnya? Yuk berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

 

 

lamaran kerja

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya


Follow us