Ilustrasi Side Hustle Jobs

10 Ide Side Hustle Dan Cara Memulainya Bagi Kepentingan Anda

 

Apa saja ide side hustle yang bisa Anda lakukan dan bagaimana mulai mengawalinya untuk kepentingan Anda sendiri? Berikut kami jabarkan 10 ide diantaranya:

DAFTAR ISI

  1. 10 Ide Side Hustle
    1. 1. Membuat Channel YouTube/Vlog
    2. 2. Menjadi Fotografer
    3. 3. Membuka Kursus Online
    4. 4. Menjadi Content Writer
    5. 5. Membuka Jasa Make Up Artist
    6. 6. Menjadi Event Planner
    7. 7. Menjadi Tour Guide
    8. 8. Membuat Desain Grafis 
    9. 9. Membuat Kerajinan Tangan
    10. 10. Menawarkan Jasa Pembuatan Website
  2. Cara Memulai Side Hustle
    1. 1. Identifikasi Minat Anda
    2. 2. Buat Daftar Kebutuhan
    3. 3. Pertimbangkan Potensi Keuntungan
    4. 4. Atur Waktu Anda
    5. 5. Konsisten Jalankan Side Hustle
  3. Sudah Siap Memulai Side Hustle Anda?

10 Ide Side Hustle

ilustrasi ide

Berikut contoh side hustle yang bisa Anda kerjakan:

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website. Paket Landing Page Mulai Rp. 850rb-an/tahun. Bisa Dibarter Dengan Minigold/LM Antam Certieye. Info Lanjut Klik Disini.

1. Membuat Channel YouTube/Vlog

Membuat channel YouTube atau menjadi YouTuber dapat menjadi pilihan side hustle yang menarik. Karena, selain mudah untuk dimulai, juga berpotensi memberikan Anda penghasilan tambahan. Biasanya bisa mencapai belasan hingga ratusan juta per bulan, tergantung jumlah subscriber dan penayangan video. 

Oleh karena itu, jika Anda senang berbagi informasi dalam bentuk video, maka Anda dapat memulai channel YouTube Anda sekarang. Anda bisa membuat konten YouTube dengan tema tertentu seperti edukasi, kecantikan, hiburan, atau sekadar membagikan cerita keseharian Anda, dan sebagainya.

2. Menjadi Fotografer

Jika Anda senang memotret dan memiliki skill dalam pengambilan gambar, Anda bisa mencoba side hustle sebagai fotografer.

Apalagi, ada banyak peluang bagi fotografer untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya, Anda bisa menawarkan jasa foto untuk suatu acara, atau menjalankan proyek foto sendiri, lalu menjual foto Anda secara online maupun dalam bentuk cetak.

3. Membuka Kursus Online

Membuka kursus online juga dapat menjadi ide side hustle yang dapat Anda coba. Utamanya, jika Anda menguasai suatu bidang tertentu seperti teknologi, komunikasi, marketing, dan sebagainya.

Menariknya, Anda bisa membuat e-learning di website Anda sendiri. Dari situ, Anda bisa mengatur semua kebutuhan kursus online Anda. Mulai dari jenis materi yang ditawarkan, hingga informasi lainnya seperti biaya kursus.

4. Menjadi Content Writer

Jika Anda memiliki minat pada bidang penulisan, Anda bisa mencoba side hustle sebagai content writer

Apalagi, ada banyak media online yang bisa menerbitkan dan membayar tulisan Anda. Jadi, Anda bisa memilih untuk menerbitkan tulisan di media yang sesuai dengan bidang yang Anda minati.

5. Membuka Jasa Make Up Artist

Anda mungkin senang berdandan dan senang mendandani orang lain? Jika iya, Anda bisa mencoba side hustle dengan membuka jasa make up.

Jika menjalankan pekerjaan ini, Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pelanggan. Karena, jasa make up masih banyak dibutuhkan. Misalnya untuk kebutuhan pengantin, pengambilan gambar, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Jasa Pengelolaan Website Wordpress Hingga Joomla! Biaya Mulai Rp. 50rb Bergantung Tingkat Kesulitan. Bisa Dibarter Dengan Minigold / LM Antam Certieye. Info Lanjut Klik Disini.

6. Menjadi Event Planner

Apakah Anda memiliki kemampuan manajemen yang baik? Kalau begitu, Anda mungkin bisa mencoba side hustle sebagai event planner.

Pekerjaan ini biasanya bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengatur berjalannya suatu acara. Misalnya, acara kantor, acara pengantin, acara ulang tahun, atau bahkan yang lebih besar lagi seperti acara musik, dan sebagainya. 

7. Menjadi Tour Guide

Menjadi tour guide sebagai contoh side hustle juga bisa Anda coba. Khususnya, jika Anda mengenal suatu lokasi wisata dengan baik dan ingin mencoba memulai bisnis travel.

Apalagi, pekerjaan ini juga cukup menarik. Karena memungkinkan Anda memperkenalkan lokasi Anda kepada orang-orang baru. Entah itu wisatawan lokal maupun luar negeri.

8. Membuat Desain Grafis 

Jika Anda jago gambar, maka Anda bisa mencoba desainer grafis sebagai side hustle Anda.

Misalnya, Anda bisa membuat desain lalu menjualnya di platform digital. Bahkan Anda juga bisa menawarkan jasa desain sebagai pekerjaan freelance kepada individu atau suatu bisnis.

9. Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan juga bisa menjadi pilihan side hustle Anda. Apalagi, jika Anda terampil mengubah suatu bahan menjadi produk yang berharga.

Misalnya, Anda dapat mengolah plastik bekas menjadi keranjang belanja, dan sebagainya. Lalu, Anda bisa menjualnya melalui media sosial, marketplace, ataupun website Anda sendiri.

10. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website adalah salah satu contoh side hustle yang menarik untuk Anda jalankan. Khususnya, jika Anda memiliki kemampuan web development yang baik.

Menariknya, selain bisa menghasilkan pendapatan melalui pembuatan website, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan dengan menjadi reseller hosting Indonesia.

Cara Memulai Side Hustle

Nah, Anda pasti sudah memiliki ide side hustle yang bisa Anda pilih. Lalu bagaimana cara untuk memulai side hustle? Berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan:

Baca Juga : Solusi Aman Nabung Emas Untuk Berbagai Rencana Jangka Panjang. Mudah Diuangkan Kembali Di Ribuan Distributor Seluruh Indonesia. Mulai Rp. 40rb-an. Info Lanjut Klik Disini.

1. Identifikasi Minat Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memulai side hustle adalah mengidentifikasi minat Anda. Caranya, Anda dapat mencari tahu hal yang Anda senangi, dan apakah Anda bisa menjadikannya sebuah pekerjaan. Misalnya, Anda dapat menggunakan analisis SWOT

2. Buat Daftar Kebutuhan

Berikutnya, tuliskan semua hal yang Anda butuhkan untuk menjalankan side hustle. Contohnya, kamera, tripod, laptop, dan sebagainya untuk kebutuhan fotografi. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan modal yang Anda miliki dengan kebutuhan Anda.

3. Pertimbangkan Potensi Keuntungan

Sekalipun dikerjakan untuk mengejar passion, tapi pastikan side hustle yang Anda jalankan setidaknya bisa memberikan keuntungan. Karena jika tidak, hanya akan menghabiskan waktu Anda saja dan hanya sekedar hobi. 

Anda dapat memperkirakan potensi keuntungan dengan membandingkan seberapa banyak keuntungan dibandingkan modal yang Anda keluarkan dan juga Return of Investment (ROI).

4. Atur Waktu Anda

Menjalankan side hustle berarti Anda harus bisa mengatur waktu Anda dengan baik. Tujuannya, agar Anda bisa tetap fokus mengerjakan side hustle, tanpa harus mengganggu pekerjaan utama dan waktu istirahat Anda.

5. Konsisten Jalankan Side Hustle

Jika Anda sudah memutuskan memulai side hustle, maka Anda perlu untuk konsisten. Karena keuntungan pastinya tidak bisa Anda dapatkan secara instan. Oleh karena itu, jalankan side hustle karena Anda senang, dan kembangkan secara konsisten agar bisa menjadi sumber pendapatan tambahan. 

Sudah Siap Memulai Side Hustle Anda?

Sekarang Anda sudah tahu apa itu side hustle. Jadi, jika saat ini pekerjaan utama Anda tidak sesuai dengan passion, menjalankan side hustle adalah pilihan yang tepat Anda lakukan. Karena, selain memberikan kepuasan pada diri Anda, juga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjalankan side hustle, ada banyak ide side hustle yang bisa Anda pilih. Meski begitu, pastikan pilih yang bisa memberikan Anda keuntungan. Misalnya, Anda dapat menjadi reseller/afiliasi/keagenan jasa pembuatan website.

Menariknya, menjalankan side hustle sebagai reseller jasa pembuatan website memiliki potensi keuntungan yang tidak sedikit. Menurut Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), ada puluhan ribu domain baru didaftarkan di Indonesia. Ini tentunya jadi peluang besar bagi Anda untuk mendulang pendapatan tambahan.

Jika tertarik, Anda bisa menjadi reseller hosting tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Menarik bukan? Tunggu apa lagi? Mulai side hustle Anda sekarang!

Baca Juga : Hosting Unlimited Dalam Negeri Yang Murah Dan Berkualitas Untuk Berbagai Kebutuhan Presentasi Online Anda. Tersedia Diskon Hingga 70% Plus Gratis SSL dan Domain. Cek Infonya Disini!

Demikianlah penjelasan singkat tentang dan manfaat dari melakukan side hustle. Mudah-mudahan bermanfaat. Punya pendapat lain? Yuk berbagi di kolom komentar.

 

side hustle

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya


Follow us