Sungai Cianten

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Terdapat 2 jalur, yaitu Cianten Atas yang berawal dari PLTA Kracak sampai Basecamp kami di Cirangkong degan jarak 12KM dan Cianten Bawah yang memulai pengarungan di Jembatan Sengkol sampai dengan Jembatan Cidokom.

Jalur Cianten Atas sangat mashyur dengan Jeram Adidasnya yang indah dan sangat menantang (cukup berbahaya, seingga kerap dijadikan arena pelatihan rescue) dengan 3 buah air terjun yang menyamping, persis seperti logo sepatu adidas.

Mungkin baru mendengar mengenai lokasi rafting ini. Bagi para penggiat wisata extreem seperti rafting, Sungai Cianten yang sering digunakan sebagai rute dalam olahraga ini. Sungai Cianten dengan kriteria dan tingkat kesulitan (grade) III memiliki beberapa jeram di sepanjang penyusuran dan keunikan tersendiri yang tidak ditemui saat rafting di sungai-sungai lainnya. Salah satunya yaitui masih menyimpan keaslian alam dan memiliki kualitas air lebih jernih.

jeram welcome cianten

Sungai ini tidak dapat dibandingkan dengan sungai lainnya seperti Cisadane, Citarik, Ciberang ataupun Kalibaru, karena jeram-jeram Cianten cukup menarik, dengan lebar sungai bervariatif mulai dari titik start hingga finish antara 16-20 meter serta kedalaman air mencapai 1-10 meter. Selama pengarungan kita bisa melihat beberapa satwa dilindungi di Sungai Cianten seperti monyet abu-abu, sejenis surili (prebytuis aygula), biawak (varanus spp), burung paruh udang dan masih banyak lagi yang dapat dilihat di alam aslinya. Selama pengarungan, panorama alam sepanjang Sungai Cianten sangat indah dan alami. Tepi sungainya berbukit hijau, dan sisi sungai bertebing. Bahkan dihiasi beberapa air terjun besar dan kecil yang tak terlalu tinggi. Sebelum finish, aliran Sungai Cianten mulai pecah dan bergabung dengan Sungai Cisadane.

start point cianten

 

Selain satwa liar, kita masih bisa menyaksikan beberapa air terjun! Ya beberapa akan kita lalui sepanjang pengarungan di Sungai Cianten in. Jumlahnya tak kurang dari 12 air terjun, salah satunya adalah Air Terjun Firdaus ini.

Sungguh luar biasa indah dan alami wisata di Kabupaten Bogor yang masih belum banyak dikenal ini.

paket mahasiswa arung jeram

 

ARTIKEL LAINNYA

About TEBEJOWO

Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang travel, event organizer, wisata biasa dikenal dengan TEBEJOWO.COM, secara umum bergerak di bidang jasa dan konsultasi paket wisata, outbound, rafting. Dengan pengalaman crew dan guide kami yang lebih dari 20 tahun bergelut di lingkup ini dan melayani berbagai macam industri ini kami percaya bahwa kami mampu dan dapat memberikan pelayanan yang lebih, baik bagi individu, grup maupun korporasi.

Search