Blog

Sungai Ciberang

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Sungai Ciberang di Lebak, Banten terkenal akan wisata arung jeramnya. Selain menikmati wahana arung jeram, Anda dapat melihat anak-anak menghabiskan waktunya dengan bermain di sungai, melihat petani menggarap sawah di sepanjang pengarungan, atau melihat warga melakukan rutinitasnya keseharian seperti mandi, mencuci atau mengambil air.

Dapat dicapai melalui 2 akses yaitu jalan dari Kota Rangkasbitung menuju daerah Lebak Gedong, Cipanas sekitar 1,5 jam atau akses lain dari Kota Serang. Letaknya pun tidak jauh dari Pondok pesantren Latansa yang mungkin sekolahnya sudah terkenal bagi teman-teman semua. Dari Ponpes Latansa itu sekitar 15 menit perjalanan menuju tempat arung jeramnya.

Ditengah pengarungan akan ditemui jembatan bambu untuk warga menyebrang dimana kadang ditemui hal menarik lain yaitu keceriaan anak-anak kecil yang sedang berenang di sungai dan bermain air di bawah jembatan. Dengan santainya mereka meloncat dari atas jembatan ke sungai, sungguh pemandangan yang mungkin saya jarang lihat di kota. Senyum dan tawa mereka membuat rileks, seakan mampu melepas penat kehidupan rutinitas kerja di ibukota.

sungai ciberang banten

Sungai Ciberang sendiri mengalir dari hulu sungai melintasi sebagian wilayah Kecamatan Lebakgedong, Kecamatan Sajira dan Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak hingga bermuara dan bersatu dengan sungai Ciujung dan Cisimeut di daerah Rangkasbitung.

Potensi alam yang terkandung pada sungai Ciberang dan sekitar aliran sungainya sangatlah ragam dan berpotensi jika dikelola dengan baik, karena di sepanjang aliran Sungai Ciberang diprediksikan telah terjadi sebuah geologi yang terjadi pada lebih dari 5 juta tahun yang lalu, dimana hutan belantara yang diisi pohon-pohon raksasa tiba-tiba terkubur oleh material jatuhan dari letusan gunung api hingga kemudian sebagian besar menjadi fosil kayu terkersikkan. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengarung jeram mengetahui sejarah terjadinya sungai ini. 

sungai ciberang

Nah, bagaimana sudah siap untuk bertualang dengan keganasan arus dan keindahan alur Sungai Ciberang? Selamat mencobanya.

ARTIKEL LAINNYA

 

About TEBEJOWO

Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang travel, event organizer, wisata biasa dikenal dengan TEBEJOWO.COM, secara umum bergerak di bidang jasa dan konsultasi paket wisata, outbound, rafting. Dengan pengalaman crew dan guide kami yang lebih dari 20 tahun bergelut di lingkup ini dan melayani berbagai macam industri ini kami percaya bahwa kami mampu dan dapat memberikan pelayanan yang lebih, baik bagi individu, grup maupun korporasi.

Latest News

Search