No current events.

KERANGKA TEAMBUILDING.

Di dalam kegiatan pelatihan Outbound, permainan Outbound yang disusun dihindari agar tidak justru membuat orang menjadi fanatik pada kelompoknya sendiri, dan melihat kelompok lain sebagai lawan. Biasanya hal ini dilakukan oleh mereka yang tidak memahami konsep manajemen modern dengan membangun tim yang fanatismenya tinggi melalui kegiatan kompetisi antar kelompok, mulai kegiatan awal pelatihan sampai selesai pelatihan.

alt 

Sering orang lupa untuk membangun sebuah teambuilding adalah kegiatan teamwork untuk saling berkomukasi agar mengetahui dan mengerti sifat, karakter dan saling mempercayai masing-masing anggota team. Jadi tidaklah mungkin apabila salah faktor itu hilang sebuah teamwork atau team building akan tercipta. Setiap anggota team akan terasa nyaman apabila semua anggota team bisa saling memberikan informasi dan bertukar pikiran untuk mencegah terjadi problem serta perpecahan di dalam sebuah team, yang pada akhirnya adalah peran seorang pemimpin dalam sebuah teamwork atau team building harus siap dan mampu menjaga anggota teamnya dengan mengetahui kondisi di dalam teamnya. Seorang pemimpin selalu bisa menghargai masukkan dan saran dari para anggota teamnya. Pemimpin yang baik dan bijak bila bisa sejalan dengan anggota team untuk mencapai tujuan dan sasarannya.

Untuk menciptakan sebuah team work atau team building adalah salah satunya Outbound dengan program ini. Kegiatan Outbound yang di lakukan di alam terbuka dengan panorama yang indah akan memberikan kesan tersendiri dan berbeda. Alam adalah guru yang terbaik buat acara Outbound perusahaan, alam akan membuat sifat dan karakter manusia akan terbuka.

Outbound Teambulding dalam melakukan kegiatannya mempergunakan apa yang disediakan oleh alam yang bermanfaat dan akan berhasil maksimal dan berarti untuk membuat karakter team yang kuat dan solid, dengan kemasan game permainan yang bernilai edukasi dan pelatihan yang di terapkan sehingga hasilnya benar-benar maksimal.

Outbound Teambuilding sangat penting untuk membentuk sebuah team yang solid, belum terlalu solid atau untuk team yang telah solid yang akan semakin memperkuat soliditasnya, hal ini memberikan keuntungan untuk kelompok-kelompok antara lain :

  • Outbound Perusahaan
  • Outbound Kelompok Usaha
  • Outbound Sekolah (Baik TK, SD, SMP, SMU maupun Universitas)
  • Outbound Gereja
  • Outbound Bank, Rumah Sakit
  • Outbound Member Perusahaan (Vendor, Supply Chain, Membership Business)
  • Outbound Organisasi Kepemudaan/Keagamaan dan lain-lain

Penyusunan aktivitas yang berupa permainan Outbound yang akan dilakukan harus melihat pada kebutuhan pelatihan ini. Jenis permainan Outbound yang dipilih harus sesuai dengan tujuan pelatihan Outbound. Oleh karena itu Provider Outbound training seperti TEBEJOWO dalam menyusun program harus memahami prinsip dinamika kelompok, dan perilaku manajemen yang harus dimunculkan dalam aktivitas pelatihan Outbound. Tanpa memahami prinsip dinamika kelompok, prinsip perilaku manajemen maka kegiatan Outbound training yang disusun akan tidak jeas kaitannya dengan kebutuhan pelatihan.

Sangat sering terjadi kegiatan pelatihan Outbound training (pelatihan di alam terbuka) dilakukan oleh pecinta alam yang mengetahui tentang jenis aktivitas pelatihan , tetapi mereka tidak memahami dinamika psikologis pelatihan/permainan, dan tujuan permainan untuk membentuk perilaku seperti apa. Keadaan akan jadi sangat mengganggu  dan merugikan perusahaan apabila kegiatan yang disusun justru bertentangan dengan kebutuhan organisasi/perusahaan.

Ilustrasi berikut ini akan memberikan contoh bagaimana kegiatan dalam pelatihan Outbound akan merugikan perusahaan. Misalnya, prinsip manajemen modern menyarankan orang untuk mampu bekerja dengan siapapun atau dengan tim manapun.alt

Desain program disusun secara bertahap meliputi:

a. Kerangka Dasar Pelatihan

Pengarahan (Briefing), Pemahaman akan misi (Mission Assesment), Perencanaan (Planning)., Pelaksanaan Aktifitas (Action), Refleksi (Reflection), Evaluasi (Evaluation)
 dan Penyimpulan (Debriefing).

b. Aktifitas

Alam Bebas (outdoor) dengan dasar:  Permainan berstruktur, Skenario yang beralur, Aturan main yang jelas dan adil, Sangsi dan Penghargaan (Reward and Punishment).

c. Konsep Kegiatan Outbound

Gabungan dari Outbound Team Building, Psikologi dan Leadership.

Artinya kami selalu menyertakan nilai-nilai psikologis, kebersamaan dan kepemimpinan di setiap game/permainan. Kami mengamati perilaku personal dan kelompok pada saat kegiatan Outbound berlangsung. Kumpulan orang-orang yang saling bekerja sama buat mencapai sasaran dan tujuan adalah sebuah team. Jadi kumpulan sekelompok orang yang berusaha untuk mencapai sasaran dan tujuan yang sama..... dalam permainan ini akan direfleksiakn dalam kehidupan sehari-hari terutama didunia kerja yang kompleks maupun di kehiduan pribadi peserta tersebut.

Istilah katanya .....Ringan sama Dijinjing, Berat sama Dipikul.

 

TEBEJOWO telah menangani ratusan klien dan telah di ikuti >15.000 orang peserta, dengan pengalaman tersebut, kami selalu senantiasa memberikan yang terbaik untuk klien. Untuk keterangan lebih lanjut mengikuti pelatihan ini, hubungi kami disini

 

 

alt  alt  alt   

 

Facebook Fan Page

Your Adventure

Find adventure that suit your personality, lifestyle and soul! Plan your next vacation here and make the big move!
   

Follow Us

Follow us on Social Media! Get the latest news, photos and videos of your vacation destination, outdoor adventures or corporate events!
 
facebook-on instagram-on youtube-on twitter-on blogger-on

Latest Promo

Scan barcode with your phone to find our Monthly Promo Package!
   
Ask A Question