Print
PDF

altDANAU KAOLIN - BELITUNG

Tentu anda memperhatikan, beberapa saat sebelum pesawat mendarat di Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan (TJQ) Belitung dari atas pesawat terdapat banyak lubang-lubang mengangga. Itu adalah bekas galian tambang kaolin (berwarna Biru Tosca yang cantik) maupun timah. Beberapa sudah tidak berproduksi dan tinggalkan begitu saja tanpa adanya proses reklamasi atau pengembalihan lahan seperti sedia kala.

alt

Namanya Danau Kaolin, yang dimana dilokasi danau ini digunakan sebagai tempat penambangan kaolin atau tanah liat yang menjadi mata pencaharian utama masyarakat Belitung bahkan hingga kini. Akibat dari adanya aktivitas penambangan ini, kini yang tersisa adalah lubang-lubang besar yang berisikan air berwarna Biru Toska, yang cantik dan tiada duanya.

Kaolin banyak digunakan sebagai bahan industri seperti kertas, kosmetik, pasta gigi, makanan, cat dll. Kaolin di sukai karena sifat nya yang halus, bersih, putih, kuat serta daya hantar listrik dan daya hantar panas yang rendah.

Jika Anda berkunjung ke Danau Kaolin yang lokasinya tidak jauh dari Bandara/ dipinggiran kota Tanjung Pandan ini waktu cuaca cerah, pakailah baju lengan panjang atau lotion anti-UV. Bila perlu, Anda juga bisa membawa payung untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Tertarik untuk mengunjungi lokasi ini dengan harga yang hemat dan jaminan tidak ada biaya tambahan? Segera hubungi kami, TEBEJOWO Island Adventure disini.

 

alt RELATED ARTICLE alt

 

Ask A Question