Print
PDF

LOKASI  DAN MEETING POINT RAFTING CITARIK

 

Liputan Tebejowo Rafting ARUS LIAR di Sungai Citarik

 

 

Umumnya perahu yang banyak digunakan di Indonesia adalah perahu dengan kapasitas enam orang, dari keenam orang terebut salah satunya menjabat sebagai kapten. Perahu akan mengandalkan arus dan tenaga awak untuk melaju pada jalur yang dinginkan. Mekanisme-mekanisme seperti berbelok, mundur, maupun mengurangi laju perahu akan sangat mengandalkan tenaga awak serta koordinasinya. Disitulah letak salah satu pembelajaran yang dapat dipelajari awak dari olah raga ini, yaitu kerja sama.

Seluruh awak harus saling mengenal satu sama lain, berkomunikasi dengan baik dan saling mempercayai, bahwa kekuatan individu mungkin tidaklah berarti tanpa diimbangi dengan awak-awak yang lain. Jika seorang awak mendayung dengan seluruh tenaganya, dan dayungan tersebut melebihi kekuatan dayungan awak disebelahnya maka perahu tidak akan melaju dengan lurus. Alhasil seluruh perencanaan pengeksekusian sebuah jeram akan berantakan, dan dapat membahayakan keselamatan tim. Pemberdayaan penduduk sekitar juga dapat bermanfaat bagi kemajuan ekonomi daerah sekitar sungai, sehingga tidak hanya operator dan klien saja yang dapat merasakan manfaat kegiatan tersebut, tetapi juga penduduk sekitar. 

Di bantaran sungai, para pengarung jeram dapat ditawarkan pembelajaran tentang kehidupan sosial masyarakat sekitar. Tentang sebagian orang yang menggantungkan hidupnya dari aliran sungai tersebut. Yang antara lain dimanfaatkan untuk mandi, sumber air minum, maupun untuk sekedar mencari ikan.

alt

MAP LOKASI

Dari Jakarta melalui Jalan Tol JAGORAWI dan keluar di gerbang CIAWI lalu ambil arah menuju SUKABUMI. Sepanjang perjalanan, anda akan melewati beberapa kawasan perkotaan seperti Lido, Cicurug dan Parungkuda. Biasanya akan ada kemacetan di Pasar Cicurug. Anda sebaiknya berangkat dari Jakarta pagi-pagi sekali untuk menghindari kemacetan tersebut. Selain itu ada jalan alternatif untuk menghindari kemacetan tersebut, yaitu setelah Lido, anda akan menjumpai Taman Angsa di sebelah kanan jalan. Beberapa meter dari taman angsa ada pertigaan jalan disebelah kiri, disitu terdapat petunjuk jalan bertuliskan jalan alternatif ke Sukabumi. Jalan alternatif tersebut menyeberangi perlintasan kereta api. Ambil jalan tersebut dan ikuti jalan tersebut hingga bertemu jalan utama kembali setelah kota CICURUG. Bagi anda yang belum pernah lewat sini jangan ragu-ragu untuk bertanya di setiap persimpangan jalan agar anda tidak tersesat. Setelah pasar tradisional Parung Kuda anda akan menemui Rumah Makan Nuansa Kuring. Kurang lebih 100 m kemudian anda akan menjumpai bilboard penunjuk jalan tentang rafting dan arah CIKIDANG. Belok kanan pada pertigaan tersebut, anda akan melewati perkebunan kelapa sawit dan perkebunan teh hingga sampai di Basecamp ARUSLIAR Jembatan Citarik Jalan Cikidang-Sukabumi.

Setelah Cikidang anda akan menjumpai jembatan besar sungai CITARIK. Sampai dan siap beraksi, RAFTING bersama tebejowo Island Adventure lengkap dengan dokumentasi, FREE!

 

 

MEETING POINT

Untuk berkegiatan di Sungai Citarik untuk memudahkan ke lokasi kita menentukan Meeting Point di Jembatan Citarik - Cikidang, Sukabumi.

 

Liputan Kegiatan Rafting di Sungai Citarik

 

alt PRELATED ARTICLE alt

Ask A Question