Print
PDF

 

Latin                         : Siganus (Lo) vulpinus

English                     : Foxface Rabbitfish

Indonesia                :

alt

Sifat

Non-Agresif

Panjang Maksimal

25 cm

Diet

Herbivora

Keberadaan

IndoPacific

 

Ikan ini mengkonsumsi alga halus (hair algae) bukan hanya penampilannya yang menakjubkan, ikan ini sangat berfungsi dalam menjaga kebersihan lingkungannya (akuarium, misalnya). Apablia masih muda sering ditemukan bergerombol (schooling) dan semakin dewasa akan lebih menetap dengan menjaga daerah kekuasaannya (territorial). Tidak seperti keluarga Rabbitfish lainnya seperti ikan Baronang atau lainnya, ikan ini mempunyai duri yang beracun, sehingga diharapkan berhati-hati dalam merawatnya.

 

Latin                         : Chromis viridis

English                     : Green Chromis

Indonesia                : Jae-jae

alt

Sifat

Non-Agresif

Panjang Maksimal

7 cm

Diet

Omnivora

Keberadaan

Indo-Pacific, Coral Sea, Tahiti

 

Msuk kedalam golongan damselfish atau jenis betok-betokan degan warna hijau kebiruan yang indah. Sering ditemukan dalam jumlah melimpah tapi tidak melakukan schooling dan lebih mudah dipelihara dalam jumlah ganjil.  Bersembunyi didalam dekoasi alam bawah laut ikan ini adalah kegemaran ikan ini yang termasuk ikan  pemalu.

Latin                         : Amphiprion ocellaris

English                     : Clownfish

Indonesia                : Ikan badut, Nemo

alt alt

Sifat

Non-Agresif

Panjang Maksimal

11 cm

Diet

Omnivora

Keberadaan

Indo-Pacific, Pacific Ocean

 

Ikan yang menjadi pujaan banyak orang karena filmnya yang bertajuk “Finding Nemo” sehingga sering disebut NEMO. Ikan ini masuk kedalam kelompok Ocellaris/Clownfish yang saat mudah ditemui apabila jumlah Anemon berlimpah. Karena anemone sering bersembunyi didalam karang-karang maka menemukan ikan ini juga membutuhkan kejelian saat bersnorkeling. Disekitaran Pulau Payung yang masih alami masih sering ditemui ikan ini karena sudah banyak dikomersilkan sehingga menjadi sasaran oleh para nelayan ikan hias. Dengan corak yang atraktif dan gerakn badan yang lemah gemulai, ikan ini mejadi salah satu favorit untuk disimpan di akuarium dalam rumah (tentunya akuarium air laut/saltwater aquarium).

 

alt

Ask A Question